Pengaruh Pengelolaan Peserta Didik Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1718Keywords:
Pengelolaan peserta didik, covid-19, motivasi belajarAbstract
Pandemi covid-19 menyebabkan sistem pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh, hal ini menyebabkan semangat belajar peserta didik menurun. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian mengenai pengaruh pengelolaan peserta didik dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan peserta didik khususnya pengelolaan kelas dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi. pada masa pandemi ini berbagai aspek kehidupan manusia banyak mengalami perubahan, khususnya pada aspek pendidikan. penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka atau studi. Dalam pengumpulan data dengan teknik ini, data-data yang digunakan berasal dari berbagai sumber hasil pengamatan studi kepustakaan, seperti artikel, jurnal, ataupun buku yang berkaitan dengan pengaruh pengelolaan peserta didik dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 ini menggunakan sistem daring yang menimbulkan beberapa masalah salah satunya yaitu menurunnya motivasi belajar peserta didik. Masalah mengenai penurunan motivasi belajar tersebut memerlukan sebuah solusi yang salah satunya yakni dengan pengelolaan peserta didik yang baik. Pengelolaan peserta didik memiliki pengaruh besar dalam motivasi belajar siswa di masa pandemi ini, seperti dengan kegiatan pengelolaan kelas. Dengan mengelola kelas dengan baik akan memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik saat pandemi covid-19, kegiatan yang dapat dilakukan seperti mengadakan Program Belajar Jarak jauh (PJJ) yang terintegrasi dan lain-lain.
Downloads
References
Ardianti, Bakti, F., Hambali, & Sopiar. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 2 Kampar. Riau Education Journal (REJ). 1(1), 1-8
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. 3(1), 123-140.
Diri Peserta Didik Di Era Pandemi Covid-19 Pada YPMS Darussalam Kedaung Pamulang.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2), 93-196.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. JURNAL JPSD. 4(2), 48-53.
Hamidah, D. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 6(2), 1-10.
Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 281 – 294.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Itaria, M. (2020). Pengelolaan Peserta Didik. Jurnal Manajer Pendidikan. 14(1), 12-15 Apgrasadya, dkk. (2021). Bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar Pada
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Islamic Education Manajemen. 3(2), 170-180.
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).
Jurnal ABDIMAS. 2(3), 40-45.
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Taushiah FAI-UISU. 9(2), 20-27.
Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal al–Hikmah. 6(2), 62-76.
Mubarok, H. (2021). Implementasi Manajemen Kelas Pada Sekolah Dasar Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Inovasi. 1(3), 36-44
Nur, S. (2016). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 8(1), 62-81.
Prihatini, & Rustini, T. (2020). Pengelolaan Pendidikan Dasar Teori dan Penerapannya Pada satuan Pendidikan Jenjang Dikdasmen. Bogor: Pustaka Amma Alamia.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4), 861-872.
Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 06(2), 214 – 224.
Suryana, E. (2017). Manajemen Kelas Berkarakteristik Siswa. Jurnal Pendidikan Islam. 1(2), 1-16.
Umam, M, K. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID- 19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.