Pembelajaran Berbasis Video sebagai Inovasi Pendidikan di Era Revolusi 4.0

Authors

  • Ega Regiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fitria Nur Auliah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Natasya Febriyanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2211

Keywords:

Revolusi 4.0, Inovasi, Video

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai suatu inovasi pendidikan yaitu pembelajaran berbasis video di era revolusi 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau bisa disebut juga dengan studi kepustakaan, dimana metode dilakukan dengan cara mengkaji serta menelaah konsep serta teori-teori dari berbagai sumber pustaka seperti artikel dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan masalah penelitian. Kita sendiri kini memasuki era revolusi 4.0, dimana teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan, dan ini membuat dunia pendidikan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada dengan melakukan inovasi. Salah satu inovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dilakukan yaitu dengan diberlakukannya pembelajaran berbasis video. Dengan penggunaan pembelajaran berbasis video diharapkan nantinya memudahkan pendidik dalam memberikan materi pelajaran dan siswa dapat dengan mudah memahami konteks dari mata pelajaran yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(7).

Cecep, K., & Sutjipto, B. (2012). Media Pembelajaran Manual Dan Digital . Ghalia Indonesia.

Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117.

Hazna, M. (2020). Hambatan Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Di MTs Yapi Pakem.

Jesika Dwi Putriani dan Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3), 831 -838.

Kasali, R. (2018). Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia.

Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. pp. 40 - 46.

Muhamad Haris Basyaev, d. (2021). Implementasi Pembelajaran dengan Teknologi Video Based Learning. Jurnal Inovasi Kurikulum, 18 (1), 82 - 94.

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat : Jurnal Ilmu - ilmu Al - Quran Hadist Syariah dan Tarbiyah, 3 (1), 171 - 187.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Putry, H. M. E., Adila, V., N., Sholeha, R., Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1). 1-24

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (n.d.).

Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal Time. Vol 2 (2). 2013

Suranto, A. (2019). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di SDN Mukiran 03.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). 103-114

Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Regiani, E., Auliah, F. N., & Febriyanti, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Video sebagai Inovasi Pendidikan di Era Revolusi 4.0. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 90–96. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2211