Pembelajaran Berbasis Video sebagai Inovasi Pendidikan di Era Revolusi 4.0
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2211Keywords:
Revolusi 4.0, Inovasi, VideoAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai suatu inovasi pendidikan yaitu pembelajaran berbasis video di era revolusi 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka atau bisa disebut juga dengan studi kepustakaan, dimana metode dilakukan dengan cara mengkaji serta menelaah konsep serta teori-teori dari berbagai sumber pustaka seperti artikel dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan masalah penelitian. Kita sendiri kini memasuki era revolusi 4.0, dimana teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan, dan ini membuat dunia pendidikan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada dengan melakukan inovasi. Salah satu inovasi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dilakukan yaitu dengan diberlakukannya pembelajaran berbasis video. Dengan penggunaan pembelajaran berbasis video diharapkan nantinya memudahkan pendidik dalam memberikan materi pelajaran dan siswa dapat dengan mudah memahami konteks dari mata pelajaran yang diajarkan.
Downloads
References
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 3(7).
Cecep, K., & Sutjipto, B. (2012). Media Pembelajaran Manual Dan Digital . Ghalia Indonesia.
Falahudin, Iwan. (2014). “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117.
Hazna, M. (2020). Hambatan Guru Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Di MTs Yapi Pakem.
Jesika Dwi Putriani dan Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3), 831 -838.
Kasali, R. (2018). Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia.
Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. pp. 40 - 46.
Muhamad Haris Basyaev, d. (2021). Implementasi Pembelajaran dengan Teknologi Video Based Learning. Jurnal Inovasi Kurikulum, 18 (1), 82 - 94.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat : Jurnal Ilmu - ilmu Al - Quran Hadist Syariah dan Tarbiyah, 3 (1), 171 - 187.
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”
Putry, H. M. E., Adila, V., N., Sholeha, R., Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1). 1-24
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. (n.d.).
Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal Time. Vol 2 (2). 2013
Suranto, A. (2019). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di SDN Mukiran 03.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). 103-114
Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.