Pengelolaan Layanan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1736Keywords:
pengelolaan pendidikan, pengelolaan perpustakaan, minat bacaAbstract
Pengelolaan dalam perpustakaan yang baik akan meningkatkan minat baca pada siswa, karena dijaman sekarang ini minat baca khususnya di kalangan pelajar sangat rendah karena terkalahkan oleh berkembangnya teknologi. Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui bagaimana pengelolaan layanan perpustakaan pada minat baca siswa dan dilihat dari segi kelolaannya terhadap perpustakaan, minat baca siswanya serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan perpustakaan. Dalam penelitian ini berdasarkan metode studi pustaka yang mengumpulkan data lalu diarahkan pada pencarian data serta informasi dari beberapa referensi seperti buku elektronik, jurnal ilmiah, dan artikel ilmiah. Salah satu sumber belajar yang ada di sekolah adalah perpustakaan dan keberadaannya sangat penting bagi siswa. Melalui adanya bantuan perpustakaan, semakin mudah bagi siswa untuk dapat memperluas pengetahuan terkait materi kelas nya serta pengetahuan yang lain. Tetapi masih banyak sekolah dasar yang membutuhkan perhatian khusus. Dikarenakan beberapa sekolah dasar tidak memiliki perpustakaan, buku-buku tidak disusun dalam suatu lembaga yang disebut perpustakaan meskipun memiliki beberapa koleksi.
Kata Kunci: pengelolaan pendidikan, pengelolaan perpustakaan, minat baca
Downloads
References
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 12(1).
Farhan rizki. 2019. “Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Smpn 2 Kuta Baro Aceh Besar.” Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Rokan, M. R. 2017. “Manajemen Perpustakaan Sekolah.” Jurnal Iqra 11(01).
Suryani, I. 2017. “Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2(2):292-309.
Basri, B., Eko Supriyanto, S. H., & Fathoni, M. 2013. “Pengelolaan Layanan Perpustakaan Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di SD Negeri I Ngombol Purworejo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).”
FITRIANA, L. 2016. “PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG MINAT BACA SISWA DI SD N 2 KEDUNGMENJANGAN.” Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Herlambang, Y. T. 2021. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Widiasa, I. K. 2007. “Manajemen Perpustakaan Sekolah.” Jurnal Perpustakaan Sekolah Tahun, 1,(1):14.
Patimah, S. H. 2012. “PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO.”
Sunaengsih, C. 2017. “Pengelolaan Pendidikan.” UPI Sumedang Press.
Apriyani, D., Harapan, E., & Houtman, H. 2020. “Manajemen Perpustakaan Sekolah Dasar.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 6(1):132–39.
Tusadikyah, N. 2017. “Pengelolaan Perpustakaan Dalam Upaya Peningkatan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang.”
PIKRI, M., Raudhoh, R., & Jalaludin, J. 2019. “). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALFALAH DESA MALAPARI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI.”
MAHENDRA, F. n.d. “PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR.”
Cucu Sunaengsih. 2017. Pengelolaan Pendidikan. UPI Sumedang Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.