Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan Sekolah Dasar di Desa dan di Kota

Authors

  • Moch Lucky Winandar Lucky Universitas Pendidikan Indonesia
  • Serlina Agustin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yhesa Rooselia Listiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Husen Windayana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1684

Keywords:

Pendidikan; Pengelolaan Pendidikan; Sarana dan Prasarana

Abstract

Saat ini, pendidikan di Indonesia sedang dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk mewujudkan keunggulan dalam berbagai aspek di kancah global. Berbagai upaya telah dilakukan  dalam  meningkatkan  kualitas  pendidikannya,  salah  satunya  adalah  dengan melakukan pengelolaan pendidikan dalam berbagai aspek contohnya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana. Pengelolaan pendidikan atau yang biasa dikenal dengan manajemen pendidikan,   diartikan   sebagai   sebuah   alat   untuk   menjembatani   tercapainya   tujuan pendidikan. Dalam  proses penyusunan  manjemen pendidikan, terdapat beberapa aspek yang terlibat seperti; perencanaan; pengorganisasian; penggerakan; dan pengawasan yang terkait dalam bidang pendidikan. Fokus utama kami dalam penelitian kali ini adalah terkait dengan kualitas sarana prasarana yang masih kurang memadai dalam menunjang kegiatan belajar  mengajar  di  sekolah.  Penelitian  kali  ini menggunakan sebuah pendekatan kualitatif dimana metode yang digunakan adalah metode studi literature. Proses pengumpulkan   data   dalam   penelitian   ini   dilakukan secara asynchronus dengan memanfaatkan media yang ada yaitu google form (gooogle formulir). Dari data yang didapat, diperoleh hasil berupa kesenjangan atau ketidaksetaraan antara kualitas sarana dan prasarana di sekolah dasar di desa dan di kota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan, D., ...&Hendrawan, B. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform: Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1-8.

Herlambang, Y. T., Nuryani, P., & Abidin, Y. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117-26.

Herlambang, Y.T. & Juliya, M. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia Issn: 2301-6671 Volume Xii No. 1, Januari 2021 Page : 281-294

Herlambang, Y.T., Yunansah, H. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah.

Mushodiq, M. A. (2021). Pendidikan Kritis Revolusioner Peter Mclaren Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Tadrib, 7(1), 44-60. Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prihantini., Rustini, T. (2020). Pengelolaan pendidikan (Dasar Teori Penerapannya Pada Satuan Pendidikan Jenjang Dikdasmen). Bogor: Pustaka Amma Alamia

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal UIN Antasari.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-17.

Syabnidawati. (2020). Penelitian Kualitatif. Tangerang: Universitas Raharja.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Lucky, M. L. W., Agustin, S., Listiana, Y. R. ., & Windayana, H. . (2022). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan Sekolah Dasar di Desa dan di Kota . NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1200–1210. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1684