Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasana Pendidikan Sekolah Dasar di Desa dan di Kota
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1684Keywords:
Pendidikan; Pengelolaan Pendidikan; Sarana dan PrasaranaAbstract
Saat ini, pendidikan di Indonesia sedang dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk mewujudkan keunggulan dalam berbagai aspek di kancah global. Berbagai upaya telah dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikannya, salah satunya adalah dengan melakukan pengelolaan pendidikan dalam berbagai aspek contohnya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana. Pengelolaan pendidikan atau yang biasa dikenal dengan manajemen pendidikan, diartikan sebagai sebuah alat untuk menjembatani tercapainya tujuan pendidikan. Dalam proses penyusunan manjemen pendidikan, terdapat beberapa aspek yang terlibat seperti; perencanaan; pengorganisasian; penggerakan; dan pengawasan yang terkait dalam bidang pendidikan. Fokus utama kami dalam penelitian kali ini adalah terkait dengan kualitas sarana prasarana yang masih kurang memadai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian kali ini menggunakan sebuah pendekatan kualitatif dimana metode yang digunakan adalah metode studi literature. Proses pengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan secara asynchronus dengan memanfaatkan media yang ada yaitu google form (gooogle formulir). Dari data yang didapat, diperoleh hasil berupa kesenjangan atau ketidaksetaraan antara kualitas sarana dan prasarana di sekolah dasar di desa dan di kota.
Downloads
References
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan, D., ...&Hendrawan, B. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform: Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1-8.
Herlambang, Y. T., Nuryani, P., & Abidin, Y. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117-26.
Herlambang, Y.T. & Juliya, M. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia Issn: 2301-6671 Volume Xii No. 1, Januari 2021 Page : 281-294
Herlambang, Y.T., Yunansah, H. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah.
Mushodiq, M. A. (2021). Pendidikan Kritis Revolusioner Peter Mclaren Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Tadrib, 7(1), 44-60. Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prihantini., Rustini, T. (2020). Pengelolaan pendidikan (Dasar Teori Penerapannya Pada Satuan Pendidikan Jenjang Dikdasmen). Bogor: Pustaka Amma Alamia
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal UIN Antasari.
Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 1-17.
Syabnidawati. (2020). Penelitian Kualitatif. Tangerang: Universitas Raharja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.