Pengaruh Penerapan Pengelolaan Pendidikan Terhadap Perkembangan Model Pembelajaran dan Pola Mengajar Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1703Keywords:
Pendidikan, Manajemen, Sumber Daya, Fisik Dan Mental.Abstract
Sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan utama bagi anak anak dan menjadi komponen penting dalam sistem pendidikan nasional. Pendidikan merupakan sebuah usaha dan upaya untuk membantu seluruh masyarakat terutama anak – anak agar mampu menempuh pendidikan secara sempurna baik lahir maupun batinya, meunuju kearah yang lebih baik dari sebelummnya. Pengelolaan pendidikan menurut Made P dalam Lisa (2020) merupakan aktivitas yang terintegrasi memalui sumber – sumber pendidikan agar terpusat dalam suatu usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah diinginkan. Model penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan dengan mengkaji dari berbagai jurnal dan buku yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas dalam penelitian ini Pengaruh dari Penerapan Pengelolaan Pendidikan Terhadap Perkembangan Model Pembelajaran dan Pola Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan berbagai dampak di setiap sektor, salah satu yang terdampak besar dari pandemi ini adalah sektor pendidikan. Dampak dari pandemi ini menjadikan sebuah tantangan baru bagi dunia pendidikan yang tentunya sangat berpengaruh pada keberlangsungan proses pembelajaran.
Downloads
References
Abdul Rahmat . 2010. Pengantar Pendidikan : Teori, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Ideas.
Akhmad Yazidi. 2014. “Memahami Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.” hal 89-94.
Anwar H. 2017. “Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaan MA Swasta.” Tabdir : Manajajemen Pendidikan vol 5. no 1.
Harris, A dan Spillane . 2008. “Distributed Leadership Throught the Looking Glass.” Management in Education vol. 22 no. 1 hlm 31-34.
Hidayat, A, Imam, M. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Kaukaba.
I Wayan S. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya : Pendidikan Dasar vol 4. no 1.
Mugi Rahayu. 2015. “Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan di Sekolah Dasar Kabupaten Sleman.” Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 8 No 1. hlm 63 - 79.
Muh Afandi. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang : Sultan Agung Press.
Munir Y. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : LPKIAIN.
Nunung J. dkk. 2015. “Pola Pikir Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Yag Ditinjau Dari Gender.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Vol 3. No 4. hlm 418-427.
Sopian, Ahmad. 2016. “Tugas, Peran dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan.” RAUDHAH vol 1. no 1. hal 88-99.
Trianto . 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Bumi Aksara.
RA Wattimena, YT Helambang. 2021. “Mendidik Manusia: Revolusi Pendidikan Indonesia Abad Ke-21”, https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UXwh9 oAAAAJ&citation_for_view=UXwh97oAAAAJ:mVmsd5A6BfQC, diakses pada 25 September 2021.
H Yunansah, YT Herlambang. 2017. “Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UXwh97o AAAJ&citation_for_view=UXwh97oAAAAJ:9yKSN-GCB0IC, diakses pada 27 September 2021.
Hasfira Hasfira, Meisy Marelda. 2021. “Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi” https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/1430 diakses pada 20 November 2021
A Wijayanti, Sriyanto. 2021. “Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Sumbang” https://conferenceproceedings.ump.ac.id/index.php/pssh/article/view/67 diakses pada 18 November 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.