Kajian Pedagogik Tentang Pendidikan Multikultural Pada Materi PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2993Keywords:
Pendidikan Multikultural, Nasionalisme, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi pendidikan multikultural di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, nilai pedagogic, perencanaan, proses, evaluasi, serta dampak pendidikan multikultural di Sekolah Dasar pada materi PPKn untuk meningkatkan nasionalisme siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah sekolah yang termasuk di dalamnya antara lain yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD di Kecamatan Cileunyi telah mengimplementasikan pendidikan multikultural dengan cukup baik di antaranya adalah melalui kebijakan untuk saling menghargai dan toleransi dalam tata tertib dan pembiasaan kultur sekolah. Sementara itu dalam proses pembelajaran integrasi konten multikultural dilakukan terutama dalam mata pelajaran PPKn, hal ini dilakukan dengan cara seperti menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan bermain peran. Secara keseluruhan partisipan penelitian telah cukup baik dalam tahap perencanan, proses, evaluasi, tujuan, dan penanaman nilai pedagogic pada materi PPKn untuk meningkatkan nasionalisme siswa.
Downloads
References
Budiono, B. (2021). Urgensi Pendidikan
Multikultural Dalam Pengembangan
Nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic
Hukum, 6(1).
Bungin, B. (2012). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo
Persada.
Dewantara, K. (2011). Karya Ki Hadjar
Dewantara: Kebudayaan. Yogyakarta:
Majelis Luhur Taman Siswa.
Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y.
(2018). Pengembangan modul
pendidikan multikultural berbasis
karakter cinta tanah air dan nasionalis
pada pembelajaran tematik. Scholaria:
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,
(1), 80-92.
Hartanajaya, T.Y. & Hoon, C.Y. (2018). Politics of
Multicultural Education in PostSuharto Indonesia: A Study of The
Chinese Minority. Compare: A Journal
of Comparatve and International
Education. 50 (1). 18-35. DOI:
1080/03057925.2018.1493573.
Herlambang, Y.T. (2018). Pedagogik: Telaah
Kritis Ilmu Pendidikan dari
Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila.
Yogyakarta: Paradigma.
Mahfud. C. (2016). Pendidikan Multikultural.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L.J. (2015). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Retnasari, L & Hidayat, M. (2018). Pendidikan
Multikultural dengan Pendekatan Aditif
di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan
Ilmu Sosial. 28 (1). 16-21.
Saleh, M. (2012). Peace Education: Kajian
Sejarah, Konsep, dan Relevansinya
dengan Pendidikan Islam. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media.
Sawaludin, S. (2016). Pendidikan
Kewarganegaraan Sebagai Sarana
Pembinaan Nasionalisme Pada
Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah
Mandala Education, 2(1), 68-74.
Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme.
Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. (2015). Pedagogik Teoretis Untuk
Indonesia. Jakarta: Kompas.
Wahab, A. & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan
Pendidikan. Kewarganegaraan.
Bandung: CV.Alfabeta.
Yin, R.K. (2012). Studi Kasus: Desain dan
Metode. Jakarta: Rajawali Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.