Kajian Pedagogik Tentang Pendidikan Multikultural Pada Materi PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa

Authors

  • Rahman Wahid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Juntika Nurihsan
  • Pupun Nuryani

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2993

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Nasionalisme, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi pendidikan multikultural di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, nilai pedagogic, perencanaan, proses, evaluasi, serta dampak pendidikan multikultural di Sekolah Dasar pada materi PPKn untuk meningkatkan nasionalisme siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah sekolah yang termasuk di dalamnya antara lain yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD di Kecamatan Cileunyi telah mengimplementasikan pendidikan multikultural dengan cukup baik di antaranya adalah melalui kebijakan untuk saling menghargai dan toleransi dalam tata tertib dan pembiasaan kultur sekolah. Sementara itu dalam proses pembelajaran integrasi konten multikultural dilakukan terutama dalam mata pelajaran PPKn, hal ini dilakukan dengan cara seperti menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan bermain peran. Secara keseluruhan partisipan penelitian telah cukup baik dalam tahap perencanan, proses, evaluasi, tujuan, dan penanaman nilai pedagogic pada materi PPKn untuk meningkatkan nasionalisme siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiono, B. (2021). Urgensi Pendidikan

Multikultural Dalam Pengembangan

Nasionalisme Indonesia. Jurnal Civic

Hukum, 6(1).

Bungin, B. (2012). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo

Persada.

Dewantara, K. (2011). Karya Ki Hadjar

Dewantara: Kebudayaan. Yogyakarta:

Majelis Luhur Taman Siswa.

Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y.

(2018). Pengembangan modul

pendidikan multikultural berbasis

karakter cinta tanah air dan nasionalis

pada pembelajaran tematik. Scholaria:

Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,

(1), 80-92.

Hartanajaya, T.Y. & Hoon, C.Y. (2018). Politics of

Multicultural Education in PostSuharto Indonesia: A Study of The

Chinese Minority. Compare: A Journal

of Comparatve and International

Education. 50 (1). 18-35. DOI:

1080/03057925.2018.1493573.

Herlambang, Y.T. (2018). Pedagogik: Telaah

Kritis Ilmu Pendidikan dari

Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila.

Yogyakarta: Paradigma.

Mahfud. C. (2016). Pendidikan Multikultural.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L.J. (2015). Metodologi Penelitian

Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Retnasari, L & Hidayat, M. (2018). Pendidikan

Multikultural dengan Pendekatan Aditif

di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan

Ilmu Sosial. 28 (1). 16-21.

Saleh, M. (2012). Peace Education: Kajian

Sejarah, Konsep, dan Relevansinya

dengan Pendidikan Islam. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

Sawaludin, S. (2016). Pendidikan

Kewarganegaraan Sebagai Sarana

Pembinaan Nasionalisme Pada

Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah

Mandala Education, 2(1), 68-74.

Tilaar, H.A.R. (2004). Multikulturalisme.

Jakarta: Grasindo.

Tilaar, H.A.R. (2015). Pedagogik Teoretis Untuk

Indonesia. Jakarta: Kompas.

Wahab, A. & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan

Pendidikan. Kewarganegaraan.

Bandung: CV.Alfabeta.

Yin, R.K. (2012). Studi Kasus: Desain dan

Metode. Jakarta: Rajawali Press

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Wahid, R., Nurihsan, J., & Nuryani, P. (2023). Kajian Pedagogik Tentang Pendidikan Multikultural Pada Materi PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1519–1525. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2993

Most read articles by the same author(s)