Rancang Bangun Media Pembelajaran Pkn Berbasis Multimedia Interaktif Mobile Learning Dalam Mengembangkan Literasi Kewarganegaraan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3363Keywords:
Media PPKn, Literasi Kewarganegaraan, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital PPKn untuk mengembangkan literasi kewarganegeraan siswa. Media ini dikembangkan sebagai bentuk penyesuaian terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat berkembang dan berdampak pada aspek pendidikan. Penelitian ini menggunakan model D&D dengan desain penelitian pengembangan 4-D ini meliputi 4 tahap yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Dissemination (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan rerata penilaian 86,6%. Adapun rinciannya adalah penilaian dari ahli materi sebesar 87,5%, ahli bahasa 85%, dan ahli media 87,5%. Kemudian respon dari pengguna yaitu mahasiswa terhadap media yang dikembangkan juga memperoleh skor yang memuaskan dengan rerata yaitu 85%.
Downloads
References
Al Munawaroh, S. Z., & Dewi, D. A. (2021).
Peran Pendidikan Kewarganegaraan
di Era Revolusi Industri 4.0. Journal
on Education, 3(4), 291-298.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.