Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara

Authors

  • Ade Sumardi Sumardi
  • Babang Robandi
  • Pupun Nuryani

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3831

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana implementasi proses pembelajaran di sekolah dasar dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara. Berkaitan dengan itu, Ki Hadjar Dewantara merupakan seorang bapak pendidikan nasional yang memiliki pandangan luas dan visioner mengenai pendidikan nasional. Sejalan dengan itu, pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara penting untuk diterapkan mengingat konsepnya yang fundamental dan positif bagi praktik pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di SDN Cimacan 1 Cianjur. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi proses pembelajaran di SDN Cimacan 1 Cianjur telah mulai menerapkan konsep pembelajaran ala Ki Hadjar Dewantara seperti dengan gaya pembelajaran yang lebih fleksibel dan menghargai setiap potensi anak dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SDN Cimacan 1 Cianjur sudah mulai menerapkan konsep pendidikan ala Ki Hadjar Dewantara dalam beberapa aspek baik dalam kegiatan secara langsung di kelas maupun di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianzi, Dodiek, Ikhwan Syahtaria, Udisubakti Cipto Mulyono, dan I. Made Jiwa Astika. 2021. “ANALYSIS OF SAFETY SYSTEM RELIABILITY KI HADJAR DEWANTARA MAKO KODICLATAL BUILDING TOWARDS FIRE HAZARDS PREVENTION.” JOURNAL ASRO 12(2):10.

Alghifari, Gilang Arya, Fahmi Ibrahim, dan Muhamad Parhan. 2023. “IMPLEMENTATION OF PEDAGOGIC COMPETENCE THROUGH HUMANIST LEARNING PERSPECTIVE OF KI HADJAR DEWANTARA.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 12(3):680.

Apriliyanti, Fressi, Fattah Hanurawan, dan Ahmad Yusuf Sobri. 2021. “Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):1–8.

Astutiningsih, Lucya Friska, dan Prayekti Prayekti. 2019. “ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KI HADJAR DEWANTARA, KOMPENSASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA.” upajiwa dewantara 3(1):30–42.

Bustomi, Ahmad, Zuhairi Zuhairi, dan Syaripudin Basyar. 2022. “Ki Hadjar Dewantara Thought on Character Education in The Perspective of Islamic Education.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(1):75.

Herlambang, Y. T., R. Wahid, dan M. N. Solahudin. 2021. Landasan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Multiperspektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia. Bandung: Yayasan Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan Multiliterasi.

L., Idrus. 2019. “ANALISIS PSIKOLOGIS KOMPARATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN KI HADJAR DEWANTARA DAN BENJAMIN S. BLOOM.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 13(1):17–30.

Lion, Mateus Frederikus Solo. 2022. “Implementasi Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Bagi Kinerja Tenaga Pendidik SMA Katolik di Kabupaten Bantul.” Media Manajemen Pendidikan 4(2):279–89.

Mulyana, Dadang, Cahyono Cahyono, dan Sri Wahyuni Rahayu. 2022. “ANALISIS LUNTURNYA MORAL BANGSA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDI PEKERTI KI HADJAR DEWANTARA.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(1):41–54.

Musanna, Al. 2017. “INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2(1):117–33.

Mustaqim, Azmi. 2021. “INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA PADA PEMBELAJARAN SAINS.” Islamic Elementary School (IES) 1(1):1–14.

Setiyadi, Bradley, dan Rahmalia Rahmalia. 2022. “Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Mengelola Lembaga Pendidikan.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 6(3).

Suryana, Cucu, dan Tatang Muhtar. 2022. “Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital.” Jurnal Basicedu 6(4):6117–31.

Wahid, R., dan Y. T. Herlambang. 2022. “Pelatihan Literasi Digital Melalui Kegiatan Workshop Membuat Inforgrafis Sederhana Kepada Siswa SDN Cijawura.” Jurnal Ksatria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):23–30.

Wahid, R., E. Hikamudin, dan A. Hendriani. 2023. “Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pedagogik Indonesia: Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Ksatria Siliwangi 1(2):112–17.

Wahid, R., J. Nurihsan, dan P. Nuryani. 2023. Kajian Pedagogik Tentang Pendidikan Multikultural Pada Materi PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. Vol. 7. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Sumardi, A., Robandi, B., & Nuryani, P. (2024). Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 281–288. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3831