Tahap Perencanaan Media Pembelajaran Komik Strip Abah Umis Pada Materi Kausa Materialis Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.975Keywords:
Media pembelajaran, Komik Strip, kausa materialis PancasilaAbstract
Tulisan ini merupakan langkah kedua setelah melakukan tahap design (Perancangan), yaitu tahap perancangan (design) dari media pembelajaran komik strip yang dibuat, pembahasan dalam tahap perencanaan ini terdapat beberapa tahap diantaranya penyusunan Tes (criterion-test construction) kemudian bagaimana pemilihan Media (media selection) lalu pemilihan Format (format selection) dan desain Awal (initial design). Tujuan dari penelitian “Pengembangan Komik Strip Abah Umis Sebagai Media Pembelajaran Materi Kausa Materilialis Pancasila” ini adalah untuk Mengembangkan komik Strip Abah Umis sebagai media pembelajaran pada materi Kausa Materilialis Pancasila.
Komik strip Abah Umis ini dirancang sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa terhadap pancasila, dengan mengenal bagaimana asal usul Pancasila khusnya maetialis kausa Pancasila maka diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan dalam media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D), artikel ini di fokuskan pada tahapan awal yaitu tahap perencanaan untuk model pengembangan media pembelajaran, Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengontrak mata kuliah PKN di UMTAS (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya).
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Jazuli, Prof. Dr. M,Hum. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni, Penerbit Unesa University Press, Semarang.
Kustandi, Cecep. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
McCloud, Scott. (1993). Understanding Comics. the Invisible Art.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. ( 2007). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima
Ratnawuri, Triani. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Um Metro, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.4. No.2 8-12
Septiawan, Stefanus,( 2019). Perancangan Komik Strip Bagi Anak-Anak Usia 7-12 Tahun Untuk Menumbuhkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika, Artika Volume.4, Nomor.1, Juli 2019. ISSN 2355-8121, EISSN 2549-7251
Suryani, Nunuk, Prof. Dr. (2018). Media Pembelajaran inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Widayanti, Maria J. A. (2012). Komik Sebagai Media Pengajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Narasi Cerita, Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 41. Nomor 2. September
Yusuf, Raka. (2016). Aplikasi Berbasis Web Dengan Menggunakan Pustaka Javascript Fabricjs Untuk Pembuatan Komik Strip Punakawan, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-7 Februari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.