Tahap Perencanaan Media Pembelajaran Komik Strip Abah Umis Pada Materi Kausa Materialis Pancasila

Authors

  • Wan Ridwan Husen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Arni Apriani
  • Fajar Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.975

Keywords:

Media pembelajaran, Komik Strip, kausa materialis Pancasila

Abstract

Tulisan ini merupakan langkah kedua setelah melakukan tahap design (Perancangan), yaitu tahap perancangan (design) dari media pembelajaran komik strip yang dibuat, pembahasan dalam tahap perencanaan ini terdapat beberapa tahap diantaranya penyusunan Tes (criterion-test construction) kemudian bagaimana pemilihan Media (media selection) lalu pemilihan Format (format selection) dan desain Awal (initial design). Tujuan dari penelitian “Pengembangan Komik Strip Abah Umis Sebagai Media Pembelajaran Materi Kausa Materilialis Pancasila” ini adalah untuk Mengembangkan komik Strip Abah Umis sebagai media pembelajaran pada materi Kausa Materilialis Pancasila.

Komik strip Abah Umis ini dirancang sebagai media pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa terhadap pancasila, dengan mengenal bagaimana asal usul Pancasila khusnya maetialis kausa Pancasila maka diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan dalam media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D), artikel ini di fokuskan pada tahapan awal yaitu tahap perencanaan untuk model pengembangan media pembelajaran, Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengontrak mata kuliah PKN di UMTAS (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Jazuli, Prof. Dr. M,Hum. (2008). Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni, Penerbit Unesa University Press, Semarang.

Kustandi, Cecep. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

McCloud, Scott. (1993). Understanding Comics. the Invisible Art.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. ( 2007). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Ratnawuri, Triani. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Um Metro, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.4. No.2 8-12

Septiawan, Stefanus,( 2019). Perancangan Komik Strip Bagi Anak-Anak Usia 7-12 Tahun Untuk Menumbuhkan Rasa Persatuan Dan Kesatuan Berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika, Artika Volume.4, Nomor.1, Juli 2019. ISSN 2355-8121, EISSN 2549-7251

Suryani, Nunuk, Prof. Dr. (2018). Media Pembelajaran inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Widayanti, Maria J. A. (2012). Komik Sebagai Media Pengajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Narasi Cerita, Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 41. Nomor 2. September

Yusuf, Raka. (2016). Aplikasi Berbasis Web Dengan Menggunakan Pustaka Javascript Fabricjs Untuk Pembuatan Komik Strip Punakawan, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016 STMIK AMIKOM Yogyakarta, 6-7 Februari

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Husen, W. R., Apriani, A. ., & Nugraha, F. (2020). Tahap Perencanaan Media Pembelajaran Komik Strip Abah Umis Pada Materi Kausa Materialis Pancasila. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 698–704. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.975