Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Authors

  • Teni Marliyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Margo Irianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927

Keywords:

Kepemimpinan, Transformasional, Kurikulum, Merdeka

Abstract

Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami, mendeskripsikan, serta mengkaji peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka. Metode studi ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan melakukan penelaahan secara kritis beberapa sumber relevan dengan topik pembahasan, baik jurnal, buku, artikel, dan dokumen lain. Proses pengkajian data dilakukan melalui beberapa tahapan secara sistematis meliputi: pertama pengelompokan bahan kajian dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, kedua analisis bahan kajian; ketiga simpulan berdasarkan hasil kajian dan interpretasi data. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan disimpulkan bahwa: Pertama, kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran strategis dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kedua, faktor keberhasilan kepemimpinan transformasoional kepala sekolah dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar ditentukan oleh (1) motivasi kerja guru dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar; (2) peran kepala sekolah dalam membuat strategi dan inovasi dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2013). Efektifitas kepemimpinan transformasi pesantren bagi peningkatan mutu lembaga pendidikan islam. Jurnal Kependidikan, 101.

Afsar, B. and Masood, M. (2017) Transformational leadership, creative self-efficacy, trust in supervisor, uncertainty avoidance, and innovative work behavior of nurses. The Journal of Applied Behavioral Science. Vol. 54(1) 36-61.

Asbari, M., Santoso, P., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Oerilaku Kerja Inovatif Pada Industri 4.0. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), Vol. 8 (1), 7-15.

Bednall, T.C. et al. (2018). Innovative Behaviour: How Much Transformational Leadership Do You Need?. British Journal of Management. Vol. 29 (4): 796-816.

Dekawati, I. (2020). The Principa’s Leadership as The Effort To Build Students’ Character. International Journal on Education, Management and Innovation (IJEMI), Vol. 1(2), 2716–2338

Farahnak, L.R. et al. (2019) The Influence of Transformational Leadership and Leader Attitudes on Subordinate Attitudes and Implementation Success. Journal of Leadership & Organizational Studies. Vol.1-14.

Khasanah, I.F.N. & Himam, F. (2018) Kepemimpinan Transformasional, Kepribadian Proaktif, dan Desain Kerja sebagai Prediktor Perilaku Kerja Inovatif. Gadjah Mada Journal of Psychology (Gamajop). Vol. 4 (2): 143-157.

Komariah, A. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Iklim Sekolah, Kinerja Mengajar Guru Terhadap Produktivitas SEkolah. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, Vol. 30 (1), 118.

Pestalozi, D., Erwandi, R. & Putra, M.R.E. (2019) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Keinovatifan Guru SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Journal of Administration and Educational Management. Vol. 2(1): 30-38.

Pestalozi, D., Erwandi, R. & Putra, M.R.E. (2019) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Keinovatifan Guru SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Journal of Administration and Educational Management. Vol 2 (1): 30-38.

Prihatin, R. P., & Khoiroh, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMAN 1 Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 1(1), 1–14.

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, P.(2019).Influence of Transformational and Transactional Leadership Style toward Food Safety Management System ISO 22000:2018 Performance of Food Industry in Pati Central Java. Jurnal Inovasi Bisnis, Vol. 6 (2), 180-18.

Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, P.(2019).Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen dan Budaya Kerja Sistem Manajemen Integrasi ISO 9001, ISO 14000 dan ISO 45001 Pada Industri Otomotif. Jurnal Produktivitas Universitas Muhammadiyah Pontianak, Vol. 6 (2),158-166.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Organizational Behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Rofiq, C. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Lembaga Pendidikan Madrasah. Jurnal Penelitian Agama, Vol. 20 (2), 203–226.

Rosadi, H. Y. (2020). Tantangan Menjadi Guru Bk Dengan Kurikulum Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira., 6(April), 5–24.

Rusmiati, M, N, Ashifa, R & Herlambang, Y, T (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (2). 1490-1499

Sethibe, T. and Steyn, R. (2018) The Mediating Effect of Organizational Climate on the Relationship between Leadership Styles and Their Components on Innovative Behaviour. Journal of Entrepreneurship and Innovation in Emerging Economies. Vol. 4 (1): 22–32.

Sethibe, T.G. (2018) Towards a Comprehensive Model on the Relationship between Leadership Styles, Organisational Climate, Innovation and Organisational Performance. International Journal of Innovation Management. Vol. 22 (02) 1- 19.

Shalahuddin. (2015). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin. Vol 6 (1).

Siagan, S. P. (2004). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT Rineka Cipta.

Suarga, S. (2017). Efektivitas Penerapan PrinsipPrinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Administrasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1(1), 23–33

Suifan, T.S., Abdallah, A.B. and Al Janini, M. (2018) The Impact of Transformational Leadership on Employees’ Creativity: The Mediating Role of Perceived Organizational Support. Management Research Review. Vol. 41(1): 113-132.

Sunardi, S., Sunaryo, W. & Laihad, G.H. (2019). Peningkatan Keinovatifan Melalui Pengembangan Kepemimpinan Transformasional dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 7(1): 740-747

Trihantoyo, S. (2015). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter. Seminar Nasional Pendidikan, 25– 35.

Tse, H.H., To, M.L. and Chiu, W.C. (2017) When and Why Does Transformational Leadership Influence Employee Creativity? The Roles of Personal Control and Creative Personality. Human Resource Management. Vol.1-13.

Wijayanti, I.A.D. & Suparta, I.W.G. (2019) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kreativitas Karyawan Dimediasi Efikasi Diri Kreatif pada PT. Aura Bali Craft. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 8(3): 1230-1254.

Zuraik, A and Kelly, L. The Role of CEO Transformational Leadership and Innovation Climate in Exploration and Exploitation. European Journal of Innovation Management. 2019; 22(1): 84-104.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Marliyani, T., Margo Irianto, D., & Prihantini, P. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 154–160. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927