Menyelisik Urgensi Dan Dampak Merger SDN Sukamakmur Bagi Siswa, PTK dan Masyarakat Sekitar

Authors

  • Muhammad Irfan Adriansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Naura Lathifah Jayadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifaun Nafisah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prihantini Prihantini Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Merger sekolah, Implikasi, sekolah bermutu

Abstract

Banyaknya sekolah dasar yang kita jumpai di perkotaan tidak serta merta membuat mudahnya anak menimba ilmu. Jaraknya yang berdekatan atau bahkan jumlah minimal siswa yang tidak terpenuhi menjadi beberapa pertimbangan dilakukannya merger khususnya pada sekolah dasar. Namun daerah pegunungan, pesisir, dan masih banyak wilayah lain yang terhalang aksesabilitasnya mengakibatkan keberadaan sekolah terbatas. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang urgensi dan dampak merger pada SDN Sukamakmur yang meliputi siswa, PTK, dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu studi literatur dengan menggunakan pendekatan secara deskriptif analitis. Teori yang menjadi dasar atau acuan pada penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan merger sekolah. Dalam pengimplementasianya di SDN Sukamakmur kurang menekankan efektivitas dalam pembelajaran yaitu dilihat dari jarak antara sekolah. Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu di dalam kasus SDN Sukamakmur dapat dilakukan kerjasama melalui pihak orang tua, siswa, masyarakat, maupun pemerintah untuk menunjang pembelajaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aka, Kukuh Andri. "Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn." Jurnal Pedagogia 5, no. 1 (2016): 35

Erowati , M., Slameto, & Wasitohadi. "Evaluasi Program Regrouping Sekolah Dasar Negeri." Jurnal Manajement Pendidikan 5, no.2 (2018): 152.

Habiby, Wahdan Najib., dkk. "Dinamika Merger Sekolah: Antara Pengembangan dan Problem Sekolah." Jurnal Profesi Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2018).

Kementerian Pendidikan dan Budaya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana, 2007. http://repositori.kemdikbud.go.id/18715/1/Permendiknas-No.-24-tahun-2007.pdf

Muhdi., dkk. "Penggabungan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Kendal Menuju Pengelolaan Pendidikan yang Efisien." Jurnal Warta LPM 23, no. 2 (2020): 129-140.

Octavia, Lilis Suryani., dkk. "Proses Transisi Budaya Organisasi pada Sekolah Regrouping." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3, no. 11 (2018): 1405-1410.

Pemerintah Daerah. Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Pendidikan No. 4 Tahun 2018 tentang jumlah siswa dalam satu kelas, 2018. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/107457/perda-kab-kendal-no-4-tahun-2018

Santoso. Program Penggabungan Sekolah Dasar (regrouping SD) Kota Sukabumi. 2009 http://bestpractice.yipd.or.id/best/getfilespracticedetail/487. Diakses pada tanggan 1 November 2021

Setiawati, T. "Program Penggabungan Sekolah Dasar (SD) Dalam Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pendidikan." MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran 4, no. 1 (2018): 55-62.

Sudiyono, Sutapa , M., & Purwanto, N. "Dampak Regrouping Sekolah Dasar: Kasus Sd Pakem 1 Di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman." Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2009. Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/132296019/Penelitian/Dampak+Regrouping+Sekolah+Dasar.Pdf, Hal-3.

Suharjo. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta : Depdiknas, 2006

Syaputra, M. Rialdi., Robin Pratama. "Studi Kelayakan Kebijakan Penggabungan Sekolah Dasar di Kabupaten Kerinci. Feasibility study of primary school merging policy In kerinci district”. Khazanah Intelektual 4, no. 1 (2020).

Taufiqurokhman. "Implementasi Kebijakan Penggabungan sekolah Dasar Negeri dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kota Tanggerang Selatan." Spektrum: Jurnal Ilmu Sosial dan ilmu Politik 14, no. 2 (2017).

Widodo, Setyo Teguh. "Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Regrouping di SDN Petompon 02)." Educational Management 3, no. 2 (2014).

Yunansah, Hana., Yusuf Tri Herlambang. "Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis." Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2017): 27-34.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Adriansyah, M. I. ., Jayadi, N. L., Nafisah, S. ., & Prihantini, P. (2022). Menyelisik Urgensi Dan Dampak Merger SDN Sukamakmur Bagi Siswa, PTK dan Masyarakat Sekitar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1262–1272. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/1638