Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kekurangan Sikap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa SD

Authors

  • Indah Cahaya Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shela Andri Mauliddina
  • Syifaun Nafisah
  • Prihantini

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2207

Keywords:

Inquiry Learning Strategy, Critical thinking, Creative Thinking

Abstract

This study aims to analyze the effect of applying inquiry learning strategies to the lack of critical thinking and
creativity in elementary school students. The method used is a qualitative method based on the results of
literatureresearch, namely collecting data from books, journals, theses, and others related to the relationship
in the discussion. Elementary Student Creativity. In its implementation, this inquiry approach trains students
on problems that have intellectual challenges and is planned in activities whose purpose is to guide children to
be able to find something for themselves.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).

Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013).

Pengaruh model pembelajaran

inkuiri terbimbing terhadap sikap

ilmiah dan hasil belajar IPA

(Doctoral dissertation, Ganesha

University of Education).

Gustikasari. 2012. Skripsi. Peningkatan

Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS

Pokok Bahasan Perkembangan

Teknologi melalui Penerapan Model

Kooperative Tipe CIRC di SDN

Kebonsari 03 Jember. Skipsi UNEJ.

Hadinata, Benyamin, dkk. 2008. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. PT Gelora

Aksara Pratama.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N.

K. (2020). Pengaruh Model

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah

KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020).

Hasil belajar IPA Siswa SD di

Daerah Tertinggal dengan

penerapan model pembelajaran

inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2),

-111.

Kristianto, Y. (2019). Penerapan model

pembelajaran inkuiri untuk

meningkatkan berpikir kritis dan

hasil belajar siswa dalam

pembelajaran IPA kelas IV SD. eJurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1428-

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil

belajar IPA melalui pendekatan

pembelajaran inkuiri pada siswa SD.

Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir

edukatif, (1).

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana

Perdana Media.

Sarwono, Jonathan. 2009. Statistik Itu

Mudah: Panduan Lengkap Untuk

Belajar Komputasi Statistik

Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta:

C.V Andi Offiser.

Slavin R.E. 2005. Cooperative Learning Teori,

Riset dan Praktik. Bandung: Nusa

Media. Soesilo, Tritjahjo Danny.

Penelitian Eksperimen.

Salatiga: Griya Media.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017).

Penerapan model pembelajaran

inkuiri untuk meningkatkan hasil

belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah

Dasar, 1(1), 20-29.

Aiman, U. (2020). Keterampilan Proses Sains

Siswa SD Dalam Pembelajaran

Inkuiri Terbimbing Berorientasi

Proses Menggunakan Suplemen

LKS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra

Bakti, 7(1), 75-83.

Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2018).

Desain Inkuiri Moral dalam

Pembentukan Karakter Nasionalis

Siswa SD. Dwija Cendekia: Jurnal

Riset Pedagogik, 2(2), 10-16.

Rustini, T., & Tjandra, F. (2016). Penggunaan

Model Inkuiri Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Dalam Pembelajaran IPS Di SD.

EduHumaniora| Jurnal Pendidikan

Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Asriningsih, K. K. A., Supardi, K. I., &

Wardani, S. (2015). Pengaruh model

pembelajaran inkuiri terbimbing

berbasis lingkungan terhadap

kemampuan pemahaman konsep

dan karakter pada siswa kelas v sd.

Journal of Primary Education, 4(2),

-138

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Putri, I. C., Mauliddina, S. A., Nafisah, S., & Prihantini, P. (2023). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kekurangan Sikap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1500–1507. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2207