Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Musikalitas Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2375Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Kemampuan Musikalitas, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap musikalitas peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Postes Design, dengan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes (pre-test dan post-test) yang mengacu pada rubrik penilaian. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu dengan variabel bebas atau variabel independen penggunaan model pembelajaran SAVI dan variabel terikat atau variabel dependen berupa peningkatan kemampuan musikalitas peserta didik sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini SDN 1 Sukahurip kecamatan Pamarican kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Data dari hasil pre-test dan post-test diolah dengan menggunakan SPSS. Sehingga dapat diketahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap musikalitas peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat untuk membantu dalam pembelajaran musik khususnya dalam meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan musikalitas peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran SAVI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai data dari SPSS melalui uji paired sample t test diketahui Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh dan lebih efektif digunakan dalam meningkatkan musikalitas peserta didik sekolah dasar.
Downloads
References
Soehardjo, A, J. (2012). Pendidikan Seni dari Konsep Samai Program. Malang: Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pitriani, S. (2020). Analisis Materi Pokok Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas III MI/SD Analysis of The Subject Matter of Art and Culture at The Third Grade of Elementary School. 7(1), 60-73.
Amstrong, T. (2002). Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumaryanto, T. (2000). Kemampuan Musikalitas (Musical Ability) dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar. http://jurnal.unnes.ac.id/index.php/harmonia/article/view/8391772
Gardner, H. (1993). Multile Intelligences: From Theory to Practice. New York: Basic Books.
Karsono, (2016). Penerapan Model Quantum Learning dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 3(2). 215. Doi: http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4286
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Mudjilah, H,S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.