Kompetensi Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar

Authors

  • Yayu Umul Umroh Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia
  • Akhmad Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Indonesia
  • Deni Hadiana Pusat Riset Pendidikan, Badan Riset dan Inovasi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2364

Keywords:

Literasi dan numerasi, ESD, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi dan numerasi berbaisis Education For Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas 4 di salah satu SD di Kabupaten Tasikmalaya. Pengambilan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan test. Soal tes yang saat ini dibuat dan dikembangkan oleh guru masih belum mengukur kompetensi literasi dan numerasi, tingkat kemampuan berfikirnya masih rendah, dan masih belum berbasis Education For Sustainable Development (ESD). Berdasarkan tes yang dilakukan melalui soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD yang kemudian dianalisis melalui pemodelan Rasch melalui person measure berdasarkan perbandingan nilai standar deviasi dan nilai logit menunjukan bahwa abilitas peserta didik dalam kompetensi literasi dan numerasi berbasis ESD masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Didham, R. J., & Ofei-Manu, P. (2020). Adaptive capacity as an educational goal to advance policy for integrating DRR into quality education for sustainable development. International Journal of Disaster Risk Reduction, 47. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101631.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013.

Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).

Hassan, S. R., Rosli, R., & Zakaria, E. (2016). The Use of i-Think Map and Questioning to Promote Higher-Order Thinking Skills in Mathematics. Creative Education, 07(07), 1069–1078. https://doi.org/10.4236/ce.2016.77111.

Ibrahim, I., Kuswidi, I., & Arfinanti, N. (2020). Development of a Guide to Preparation of Mathematics Questions Based on Higher Order Thinking Skills and Strengthening Character Education for Middle School Teachers. Jurnal Fourier, 9(1). https://doi.org/10.14421/fourier.2020.91.35-42.

Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: DIREKTORAT Sekolah Dasar

Majir, A. (2019). Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 15(28), 103-117.

OECD (2019), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b2Sefab8-en

PISA. (2018). Programmer for Internasional Student Assesment (PISA) Result From PISA. [Online]. Diakses dari https://www.oecd..org/pisa/

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri: Jurnal

Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 27(1), 1-13.

Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 4(3). https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022.

Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada

Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

UNESCO. (2017). Education For Sustainable Development Goals: Learning Objectivies.

UNESCO Publishing

Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743923.

Widhiyani, I. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 161-170.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Umroh, Y. U., Hamdu, G., Nugraha, A., & Hadiana, D. (2023). Kompetensi Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 42–47. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2364