Kompetensi Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2364Keywords:
Literasi dan numerasi, ESD, HOTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi dan numerasi berbaisis Education For Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas 4 di salah satu SD di Kabupaten Tasikmalaya. Pengambilan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan test. Soal tes yang saat ini dibuat dan dikembangkan oleh guru masih belum mengukur kompetensi literasi dan numerasi, tingkat kemampuan berfikirnya masih rendah, dan masih belum berbasis Education For Sustainable Development (ESD). Berdasarkan tes yang dilakukan melalui soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD yang kemudian dianalisis melalui pemodelan Rasch melalui person measure berdasarkan perbandingan nilai standar deviasi dan nilai logit menunjukan bahwa abilitas peserta didik dalam kompetensi literasi dan numerasi berbasis ESD masih rendah.
Downloads
References
Didham, R. J., & Ofei-Manu, P. (2020). Adaptive capacity as an educational goal to advance policy for integrating DRR into quality education for sustainable development. International Journal of Disaster Risk Reduction, 47. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101631.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013.
Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).
Hassan, S. R., Rosli, R., & Zakaria, E. (2016). The Use of i-Think Map and Questioning to Promote Higher-Order Thinking Skills in Mathematics. Creative Education, 07(07), 1069–1078. https://doi.org/10.4236/ce.2016.77111.
Ibrahim, I., Kuswidi, I., & Arfinanti, N. (2020). Development of a Guide to Preparation of Mathematics Questions Based on Higher Order Thinking Skills and Strengthening Character Education for Middle School Teachers. Jurnal Fourier, 9(1). https://doi.org/10.14421/fourier.2020.91.35-42.
Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: DIREKTORAT Sekolah Dasar
Majir, A. (2019). Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke-21. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 15(28), 103-117.
OECD (2019), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b2Sefab8-en
PISA. (2018). Programmer for Internasional Student Assesment (PISA) Result From PISA. [Online]. Diakses dari https://www.oecd..org/pisa/
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri: Jurnal
Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 27(1), 1-13.
Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 4(3). https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022.
Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada
Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.
UNESCO. (2017). Education For Sustainable Development Goals: Learning Objectivies.
UNESCO Publishing
Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.5281/zenodo.3743923.
Widhiyani, I. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 161-170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.