Aplikasi VFT Hidroponik Berbasis Education for Sustainable Development Sebagai Media Pembelajaran Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2349Keywords:
ESD; Karyawisata Virtual; Aplikasi; Perangkat Pembelajaran; Sekolah Dasar, virtual field trip, aplikasiAbstract
ESD-based self-learning tools are currently not widely available in elementary schools. The purpose of this study is to find out the existence of ESD-based virtual field trip learning media that can be used independently by students in elementary school. This study uses a descriptive qualitative approach. The data collection technique was through a preliminary study with interviews with several elementary school teachers, observations, questionnaires, and literature studies. Based on the data obtained most of the implementation of ESD learning in elementary schools has not been carried out optimally and not many teachers in elementary schools use applications that contain virtual field trip videos in the learning process, especially on natural resource conservation materials. Based on observations on the Google Play Store, there are not many Android applications as independent learning media for students in ESD-based elementary schools, especially on the topic of natural resource conservation (hydroponics). This research implies that it can be a source of data from the availability of independent learning media for elementary school students today.
Abstrak
Perangkat pembelajaran mandiri berbasis ESD belum banyak tersedia di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui keberadaan media pembelajaran virtual field trip berbasis ESD yang dapat digunakan secara mandiri bagi peserta didik di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi pendahuluan dengan wawancara kepada beberapa guru sekolah dasar, observasi, angket, dan studi literatur. Berdasarkan data yang didapatkan bahwa sebagian besar pelaksanaan pembelajaran ESD di SD belum terlaksana secara optimal serta belum banyak guru di SD yang menggunakan aplikasi yang terdapat video virtual field trip dalam proses pembelajaran khususnya pada materi pelestarian sumber daya alam. Berdasarkan observasi pada google play store belum banyak tersedianya aplikasi android sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik di SD berbasis ESD khususnya pada topik pelestarian sumber daya alam (hidroponik). Implikasi dari penelitian ini, yaitu dapat menjadi sumber data untuk para guru atau calon guru terhadap ketersediaannya media pembelajaran mandiri bagi peserta didik sekolah dasar saat ini.
Downloads
References
Amala, H., Amprasto, Solihat, R. 2019. Virtual Field Trip dan Penggunaannya sebagai Fasilitator dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Abad ke-21 Siswa. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education. 2(1), 29-34.
Anggraeni, R., Kustijono, R. 2013. Pengembangan Media Animasi pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya. 3(1), 11-18.
Arumsarie, R., Kusumaningsih, W., Sutrisno. 2018. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Trigonometri. Media Penelitian Pendidikan. 12(1), 65-75.
Bastiana, dkk. 2021. Pembuatan Hidroponik untuk Meningkatkan Karakter Peduli Kelestarian Lingkungan pada Siswa di Sekolah Berbasis Adiwiyata SD Inpres Mangasa I Kota Makassar. Jurnal Lepa-Lepa Open. 1 (3), 557-564.
Damayanti, F., Supriyatin, T. 2020. Bercocok Tanam dengan Sistem Hidropinik Berbasis Ramah Lingkungan melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyatakat (Pamas). 4(1), 9-19. doi: 10.52643/pamas.v4il.724
Fitria, A., Hamdu, G. 2021. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Perangkat Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 8(2), 134-145. doi: 10.17977/um031v8i22021p134
Fitriani, Hamdu, G., Respati, R. 2021. Media Smart Box untuk Pembelajaran Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5), 2311-2318. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.683
Fitrianur, S., Hamdu, G. 2021. Modul Berbasis ESD Topik Pentingnya Air Bersih bagi Kehidupanku di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (JKPD). 6(2), 174-190.
Hasan, S., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kodular. io. 2020. Overview of Blocks. [Online]. Diakses dari https://docs.kodular.io/blocks/
Listiawati, N. 2011. Relevansi Nilai-Nilai ESD dan Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikannya di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(2), 135-152.
Mahat & Idrus. (2017). Education for Sustainable Development in Malaysia: Study of Teacher and Student Awereness. Geografia: Malaysian Journal of Sociaty and Space, 12(6), 77-88.
Marwa, N., Hamdu, G. 2021. Analisis Soal Tes Berpikir Krtitis Tipe HOTS Berbasis Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar. Primari: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 20(20), 1-11. doi: http://dx.doi.org/10.33578.jpfkip.v0i0.000
Melinda, V., Degeng, I., Kuswandi, D. Pengembangan Media Video Pembelajara IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. 3(2), 158-164.
Miles, M., B., Huberman, A., M. 1994. Qualitative Data Analysis. Sage: An Expanded Sourcebook.
Mulasari. 2018. Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan. 2(3), 425-430.
Nurjanah, S., Hamdu, G., Respati, R. 2021. Lembar Kerja Siswa berbasis Education for Sustainable Development pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 20(20), 1-4.
Prabowo, R., Bambang, A., Sudarno. 2020. Pertumbuhan Penduduk dan Alih Fungsi Lahan Pertanian. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 16(2), 26-36.
Rahman, A., Heryanti, L. M., Ekanara, B. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273
Rohmah, L. 2014. Implementasi Kurikulum Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta. Al-Bidayah. 6(2), 217-234.
Reeves, T. 2006. Design Research from A Technology Perspective. In J. Van Den Akker, K. Gravemeijer, S., McKenney & N. Nieveen (Eds.), Educational Design Research. 52-66. London: Routledge.
Samsinar, S. 2020. Mobile Learning: Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Gurfah: Journal of Primary Education. 1(1), 41-57.
Siswandi. 2018. Hidroponik Solusi Cerdas Bertanam di Lahan Sempit Perkotaan. Adiwidya, 2(1), 156-159.
Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., Dachakupt, P. 2015. Virtual Field Trips with Inquiry Learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhancee Students Science Learning Outcomes. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 197, 1721-1726. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.226
Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
UNESCO. 2012. Education for Sustainable Development Sourcebook. UNESCO Publishing.
UNESCO. 2015. Rethinking Education Towards a Goals Common Good. UNESCO Publishing.
UNESCO. 2017. Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO Publishing.
Warista, B. 2010. Mobile Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif dan Inovatif. Jurnal Teknodik. 14(1), 62-73.
Wibowo, E., Arifudin, R. 2016. Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android. UNNES Journal of Mathematics. 5(2), 108-117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.