This is an outdated version published on 2020-04-30. Read the most recent version.

PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG MELALUI METODE HAND SIGN KODALY PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CIAMIS

Authors

  • Ade Ani Sunartin Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Denden Setiaji Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.813

Keywords:

Pembelajaran Musik Angklung, Hand Sign Kodaly, Siswa Tunarungu

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran musik angklung melalui metode hand Sign kodaly pada siswa tunarungu di sekolah luar biasa negeri Ciamis”. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu belum pernah ada yang meneliti tentang metode hand sign Kodaly di sekolah luar biasa ciamis, dilakukan di SLB Ciamis karena sekolah tersebut yang mampu mendukung dalalam penelitian ini, SLB Ciamis sudah mempunyai sarana alat musik yang lengkap untuk mendukung dalam proses pembelajaran. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, pengolahan datanya dilakukan dengan cara menyusun perencanaan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran, serta hasil perubahan dari metode yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pembelajaran musik angklung ini merupakan kegiatan dalam pembelajaran yang mengandung unsur pengembangan kemapuan dasar siswa dibidang musik meliputi kemamampuan intektual, emosional, sosial, perseptual, fisik, kreatifitas serta memiliki nilai nilai kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Versions

How to Cite

Sunartin, A. A., & Setiaji, D. (2020). PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG MELALUI METODE HAND SIGN KODALY PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CIAMIS. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), 569–574. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.813