Paradigma Pembelajaran Musik

Authors

  • Denden Setiaji Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.909

Keywords:

Musik, Paradigma, Pendidikan Musik

Abstract

Pembelajaran musik memang suatu hal yang sangat unik dibandingkan dengan pembelajaran-pembelajaran lainya yang kita ketahui selama ini, fenomena ini cukup menarik dikarenakan dalam pengaplikasiannya masih banyak hal – hal yang menjadi permasalahan dalam pengaplikasiannya, baik itu pembelajaran music yang berbasis hafalan, terlalu banyak teori dan lain sebagainya, sehingga tentulah hal tersebut menjadi tantangan dimana pembelajaran musik harus memiliki inovasi yamg dapat mempermudah dalam aplikasi pembelajarannya, mengingat basis dari pembelajaran music itu sendiri merupakan perolehan dan penyimpanan pengalaman musical setiap individu yang mempelajarinya. Pembelajaran music harauslah bersifat musical, tidak selalu ditekankan pada tori dan hapalan. Pembelajaran music yang musical akan lebih mudah dimengerti karena berangkat dari pengalaman musical perserta didik itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djohan. (2001). Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher

Goble, F.G. 1987. Mazhab ketiga: Psikologi humanistic Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit kanisius

Gruhn, wilfried. (2000). Music In Our Heads- How The Brain Learns Music. Makalah dalam Seminar Seni Pertunjukan Indonesia 1998-2001, STSI Surakarta, Solo.

Hernawan, Dedy. (2007). Pendidikan Musik yang Musikal. Makalah dalam Jurnal Pendidikan Seni Kagunan tahun 11 No. 01, agustus 2007.

Mack, Dieter. (1995). Pendidikan Musik Antara Harapan Dan Realitas. Bandung: University Press IKIP Bandung.

Merritt, Stephanie. Pengantar M.S. Addie. (2003). Simfoni Otak. Bandung: Penerbit kaifa.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Setiaji, D. (2020). Paradigma Pembelajaran Musik. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 692–697. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.909