Paradigma Pembelajaran Musik
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.909Keywords:
Musik, Paradigma, Pendidikan MusikAbstract
Pembelajaran musik memang suatu hal yang sangat unik dibandingkan dengan pembelajaran-pembelajaran lainya yang kita ketahui selama ini, fenomena ini cukup menarik dikarenakan dalam pengaplikasiannya masih banyak hal – hal yang menjadi permasalahan dalam pengaplikasiannya, baik itu pembelajaran music yang berbasis hafalan, terlalu banyak teori dan lain sebagainya, sehingga tentulah hal tersebut menjadi tantangan dimana pembelajaran musik harus memiliki inovasi yamg dapat mempermudah dalam aplikasi pembelajarannya, mengingat basis dari pembelajaran music itu sendiri merupakan perolehan dan penyimpanan pengalaman musical setiap individu yang mempelajarinya. Pembelajaran music harauslah bersifat musical, tidak selalu ditekankan pada tori dan hapalan. Pembelajaran music yang musical akan lebih mudah dimengerti karena berangkat dari pengalaman musical perserta didik itu sendiri.
Downloads
References
Djohan. (2001). Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher
Goble, F.G. 1987. Mazhab ketiga: Psikologi humanistic Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit kanisius
Gruhn, wilfried. (2000). Music In Our Heads- How The Brain Learns Music. Makalah dalam Seminar Seni Pertunjukan Indonesia 1998-2001, STSI Surakarta, Solo.
Hernawan, Dedy. (2007). Pendidikan Musik yang Musikal. Makalah dalam Jurnal Pendidikan Seni Kagunan tahun 11 No. 01, agustus 2007.
Mack, Dieter. (1995). Pendidikan Musik Antara Harapan Dan Realitas. Bandung: University Press IKIP Bandung.
Merritt, Stephanie. Pengantar M.S. Addie. (2003). Simfoni Otak. Bandung: Penerbit kaifa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.