Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi dan Tujuan Pendidikan

Authors

  • Denden Setiaji Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3146

Keywords:

Pembelajaran Seni, Esensi Pendidikan, Tujuan Pendidikan

Abstract

Pendidikan seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara membantu
pengembangan mental, emosional, kreativitas, estetika, sosial, dan fisik. Aspek kreativiitas mempunyai
peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apalagi di masa pembangunan ini, orang yang
berdaya kreatif sangat dibutuhkan guna mengembangkan ide-ide yang konstruktif yang akan membantu
pemerintah dan masyarakat dalam memajukan kehidupan dan berkebudayaan. Pendekatan pendidikan
melalui media seni memang bisa dikatakan sangat penting, untuk dampak yang dihasilkannyapun dapat
kita amati dari berbagai penyelenggara pendidikan baik dari tingkat pendidikan dasar, sekolah menengah
dan universitas. Tujuannya memang bukan menjadikan peserta didik sebagai seorang seniman atau
pelaku seni akan tetapi, pengaplikasian pendidikan dan seni ini lebih bertujuan untuk mengajak peserta
didik bagaimana memaknai sebuah proses yang dilakukan sebelum hasil dari sebuah proses tersebut.
Potensi unik pendidikan seni dalam pengembangan karakter adalah pada pengembangan karakter
kreatif. Tetapi karakter kreatif yang dikembangkan dalam pendidikan seni bersifat khas karena berfokus
pada kekreatifan estetik yang memang menjadi keunikan pendidikan seni. Karena karakter kreatif
berkaitan erat dengan kerja keras, mandiri, dan keingintahuan yang tinggi, maka dalam pengembangan
karakter kreatif dalam pendidikan seni secara otomatis karakter kerja keras, mandiri, dan keingintahuan
yang tinggi, turut serta terkembangkan. Seni mempunyai pengaruh kuat dalam dunia pendidikan untuk
dapat menghasilkan ide-ide kreatif dari seorang pendidik dan mengembangkan pengetahuan budaya
peserta didik. Pembelajaran seni pada hakikatnya adalah pembelajaran rasa indah, indah pada waktu
mengobjektivikasi, indah dalam berimajinasi, dan indah dalam mengungkapkannya. Keberagaman
pengertian pendidikan seni menunjukkan bahwa seni memiliki pengaruh kuat terhadap dunia
pendidikan secara umum. Sedikit lembaga pendidikan yang memahami pentingnya pendidikan seni
untuk menciptakan dunia pendidikan yang kreatif, inovatif, dan apresiatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmoko, Puji Dwi. (2012) "Peran

Pendidikan Seni dalam

Membentuk Karakter Bangsa."

DAFTAR ISI 22. Jurnal Madaniyah

volume 1 Edisi III Januari 2012

Kusnanto, R. Angga Bagus.(2019)

"Paradigma Pendidikan Seni; Belajar

Melalui Seni Dalam PendidikanAnak

Usia Dini." Tumbuh Kembang:

Kajian Teori dan Pembelajaran

PAUD 6.2 (2019): 155-162.

Kristanto, Alfa. (2017 )"Memahami

paradigma pendidikan seni." Jurnal

Abdiel: Khazanah PemikiranTeologi,

Pendidikan Agama Kristen dan

Musik Gereja 1.01 (2017): 119-126.

Salam, Sofyan. (2018) "Potensi Unik

Pendidikan Seni dalam

Pengembangan Karakter." Prosiding

Seminar Nasional Dies Natalis UNM

Ke 57,. Badan Penerbit UNM, 2018.

Salu, Vega Ricky, and Triyanto Triyanto.

(2017) "Filsafat Pendidikan

Progresivisme dan Implikasinya

dalam Pendidikan Seni di

Indonesia." Imajinasi: Jurnal Seni 11.1

(2017): 29-42.

Triyanto, Triyanto. (2016) "Paradigma

Humanistik dalam Pendidikan

Seni." Imajinasi: Jurnal Seni 10.1

(2016): 1-10.

Rondhi, Mohammad. (2017) "Apresiasi seni

dalam konteks pendidikan seni."

Imajinasi: Jurnal Seni 11.1(2017): 9-18.

Suhaya, Suhaya. (2016) "Pendidikan Seni

Sebagai Penunjang Kreatifitas." JPKS

(Jurnal Pendidikan danKajian Seni)

1 (2016).

Rokana, Siti, Annastasya Azzahra

Hadiarti, and Aat Anisah. (2021)

"Peran Pendidikan Seni Dalam

Melestarikan Kekayaan Budaya Di

Era

0." Prosiding FKIP UMC 3.1 (2021): 511-515.

Tochrahman .M(2010) Pendidikan seni

dalam dunia pendidikan. Dalam

jurnal

http://file.upi.edu/Direktori/FPSD/

JUR._PEND._SENI_RUPA/194811251

-MAMAN_TOCHARMAN.

Universitas Pendidikan Indonesia

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Setiaji, D. (2023). Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi dan Tujuan Pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1685–1693. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3146