Analisis Pembelajaran Seni Terhadap Esensi dan Tujuan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3146Keywords:
Pembelajaran Seni, Esensi Pendidikan, Tujuan PendidikanAbstract
Pendidikan seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara membantu
pengembangan mental, emosional, kreativitas, estetika, sosial, dan fisik. Aspek kreativiitas mempunyai
peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apalagi di masa pembangunan ini, orang yang
berdaya kreatif sangat dibutuhkan guna mengembangkan ide-ide yang konstruktif yang akan membantu
pemerintah dan masyarakat dalam memajukan kehidupan dan berkebudayaan. Pendekatan pendidikan
melalui media seni memang bisa dikatakan sangat penting, untuk dampak yang dihasilkannyapun dapat
kita amati dari berbagai penyelenggara pendidikan baik dari tingkat pendidikan dasar, sekolah menengah
dan universitas. Tujuannya memang bukan menjadikan peserta didik sebagai seorang seniman atau
pelaku seni akan tetapi, pengaplikasian pendidikan dan seni ini lebih bertujuan untuk mengajak peserta
didik bagaimana memaknai sebuah proses yang dilakukan sebelum hasil dari sebuah proses tersebut.
Potensi unik pendidikan seni dalam pengembangan karakter adalah pada pengembangan karakter
kreatif. Tetapi karakter kreatif yang dikembangkan dalam pendidikan seni bersifat khas karena berfokus
pada kekreatifan estetik yang memang menjadi keunikan pendidikan seni. Karena karakter kreatif
berkaitan erat dengan kerja keras, mandiri, dan keingintahuan yang tinggi, maka dalam pengembangan
karakter kreatif dalam pendidikan seni secara otomatis karakter kerja keras, mandiri, dan keingintahuan
yang tinggi, turut serta terkembangkan. Seni mempunyai pengaruh kuat dalam dunia pendidikan untuk
dapat menghasilkan ide-ide kreatif dari seorang pendidik dan mengembangkan pengetahuan budaya
peserta didik. Pembelajaran seni pada hakikatnya adalah pembelajaran rasa indah, indah pada waktu
mengobjektivikasi, indah dalam berimajinasi, dan indah dalam mengungkapkannya. Keberagaman
pengertian pendidikan seni menunjukkan bahwa seni memiliki pengaruh kuat terhadap dunia
pendidikan secara umum. Sedikit lembaga pendidikan yang memahami pentingnya pendidikan seni
untuk menciptakan dunia pendidikan yang kreatif, inovatif, dan apresiatif
Downloads
References
Darmoko, Puji Dwi. (2012) "Peran
Pendidikan Seni dalam
Membentuk Karakter Bangsa."
DAFTAR ISI 22. Jurnal Madaniyah
volume 1 Edisi III Januari 2012
Kusnanto, R. Angga Bagus.(2019)
"Paradigma Pendidikan Seni; Belajar
Melalui Seni Dalam PendidikanAnak
Usia Dini." Tumbuh Kembang:
Kajian Teori dan Pembelajaran
PAUD 6.2 (2019): 155-162.
Kristanto, Alfa. (2017 )"Memahami
paradigma pendidikan seni." Jurnal
Abdiel: Khazanah PemikiranTeologi,
Pendidikan Agama Kristen dan
Musik Gereja 1.01 (2017): 119-126.
Salam, Sofyan. (2018) "Potensi Unik
Pendidikan Seni dalam
Pengembangan Karakter." Prosiding
Seminar Nasional Dies Natalis UNM
Ke 57,. Badan Penerbit UNM, 2018.
Salu, Vega Ricky, and Triyanto Triyanto.
(2017) "Filsafat Pendidikan
Progresivisme dan Implikasinya
dalam Pendidikan Seni di
Indonesia." Imajinasi: Jurnal Seni 11.1
(2017): 29-42.
Triyanto, Triyanto. (2016) "Paradigma
Humanistik dalam Pendidikan
Seni." Imajinasi: Jurnal Seni 10.1
(2016): 1-10.
Rondhi, Mohammad. (2017) "Apresiasi seni
dalam konteks pendidikan seni."
Imajinasi: Jurnal Seni 11.1(2017): 9-18.
Suhaya, Suhaya. (2016) "Pendidikan Seni
Sebagai Penunjang Kreatifitas." JPKS
(Jurnal Pendidikan danKajian Seni)
1 (2016).
Rokana, Siti, Annastasya Azzahra
Hadiarti, and Aat Anisah. (2021)
"Peran Pendidikan Seni Dalam
Melestarikan Kekayaan Budaya Di
Era
0." Prosiding FKIP UMC 3.1 (2021): 511-515.
Tochrahman .M(2010) Pendidikan seni
dalam dunia pendidikan. Dalam
jurnal
http://file.upi.edu/Direktori/FPSD/
JUR._PEND._SENI_RUPA/194811251
-MAMAN_TOCHARMAN.
Universitas Pendidikan Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.