Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif SiCeRia Berbantuan Augmented Reality Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDN Leuwikidang
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4937Keywords:
Interactive Learning Media, Augmented Reality, Human Digestive SystemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk membantu mengatasi masalah peserta didik dalam mempelajari pelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan manusia yang membutuhkan media yang mengandung viasualisasi lebih dan interaktif untuk memahaminya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Peneliti melakukan tahap implementation pada peserta didik kelas V di SDN Leuwikidang. Instrument yang digunakan peneliti adalah angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli bahasa, dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran interaktif SiCeRia berbantuan Augmented Reality menggunakan aplikasi Assemblr Edu yang bisa di jalankan melalui smartphone peserta didik. Dari hasil penelitian didapatkan penilaian ahli materi memberikan skor akhir 1 dengan kriteria kelayakan 100% atau bisa dibilang “Sangat Layak”, ahli media memberikan skor akhir 0,95 dengan kriteria kelayakan 95% atau bisa dibilang “Sangat Layak”, ahli bahasa memberikan skor akhir 0,94 dengan kriteria kelayakan 94% atau bisa dibilang “Sangat Layak”. Adapun hasil uji coba satu-satu memperoleh skor rata-rata 84,6% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”, dan hasil uji coba satu-satu memperoleh skor rata-rata 84,6% sedangkan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata 86,6% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Hal ini menujukkan bahwa media Interaktif SiCeRia sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Pada tahap penelitian lapangan media Interaktif SiCeRia memperoleh rata-rata skor N-Gain 0,795 kategori “Tinggi” dengan kategori tafsiran “Efektif”. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka media Interaktif SiCeRia dinyatakan layak dan efektif digunakan di Sekolah Dasar.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality, Sistem Pencernaan Manusia
This study aims to produce Augmented Reality-based interactive learning media to help overcome the problems of students in learning science lessons, especially the material of the human digestive system that requires media that contains more viasualization and interactive to understand it. This research uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Researchers conducted the implementation stage on grade 5 students at SDN Leuwikidang. The instruments used by researchers are questionnaires for media experts, questionnaires for material experts, questionnaires for linguists, and student response questionnaires. The results of this study successfully developed interactive learning media SiCeRia assisted by Augmented Reality using the Assemblr Edu application that can be run through students' smartphones. From the results of the study, the material expert assessment gave a final score of 1 with 100% eligibility criteria or arguably "Very Feasible", the media expert gave a final score of 0.95 with 95% eligibility criteria or arguably "Very Feasible", the linguist gave a final score of 0.94 with 94% eligibility criteria or arguably "Very Feasible". The results of the one-on-one trial obtained an average score of 84.6% with the eligibility criteria "Very Feasible", and the results of the one-on-one trial obtained an average score of 84.6% while the small group obtained an average score of 86.6% with the eligibility criteria "Very Feasible". This shows that SiCeRia Interactive media is very feasible to be used as a learning media for Natural Sciences, especially on Human Digestive System material. At the field research stage, SiCeRia Interactive media obtained an average N-Gain score of 0.795 in the "High" category with the interpretation category "Effective". Based on the results obtained, the SiCeRia Interactive media is declared feasible and effective for use in elementary schools.
Keywords: Interactive Learning Media, Augmented Reality, Human Digestive System
Downloads
References
Novita Barla, Adelina Hasyim, M. Mona Adha. 2013. “Pengaruh Tingkat Intensitas Pemberian Latihan Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Kelas Vii Smp Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2012/2013.” 66(1997):37–39.
Abdullah, Ahmad Anis, R. Richardo, T. Rochmadi, A. Wijaya, and Nurkhamid Nurkhamid. 2022. “The Use of Ethnomathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Madrasah Students.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14(1):877–86. doi: 10.35445/alishlah.v14i1.1140.
Akhsani, Rafika, and M. Mujiono. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Lembar Kerja Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah.” RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management 4(1):75. doi: 10.25273/research.v4i1.7383.
Amir, Isnawati. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Dan Augmented Reality (AR) Pada Konsep Sistem Pencernaan Di Sekolah Menengah Atas.”
Ashari, Sri Ayu, Hermila A, and Abdul Muis Mappalotteng. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality.” Jambura Journal of Informatics 4(2):82–93. doi: 10.37905/jji.v4i2.16448.
Batubara, Hamdan Husein. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatwa Publishing.
Batubara, Hamdan Husein. 2021. Media Pembelajaran MI / SD CV Graha Edu.
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer Science.
Dewi Rahmawati Noer Jannah, Idam Ragil Widianto Atmojo. 2005. “Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” International Journal of Information and Communication Technology Education 1(3):36–46. doi: 10.4018/jicte.2005070103.
Faiza, Maya Nurani, Muhammad Turhan Yani, and Agus Suprijono. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa.” Jurnal Basicedu 6(5):8686–94. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3901.
Fariz, R., and N. R. Dewi. 2022. “Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Model Preprospec Berbantuan TIK Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Prisma 5:304–10.
Hafizah, Syarifah. 2020. “Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika 8(2):225. doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.
Handika, Yogi. 2022. “Pengembangan Modul Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia.” 1–258.
Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):1104–13. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.505.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.
I Gede Astawan, I. Gusti Ayu Tri Agustina. 2020. Pendidikan IPA Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: NILACAKRA.
Indrajatun, Dhevi Anastia Richakza, and Anatri Desstya. 2022. “Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Certainty of Response Index Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6345–53. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3244.
Ira Mahartika., Dkk. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Vol. 4. edited by A. Karim. Yayasan Kita Menulis.
Junaidi, Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3(1):45–56. doi: 10.35446/diklatreview.v3i1.349.
Lino Padang, Fitha Armeinty, Ramlawati Ramlawati, and Sitti Rahma Yunus. 2022. “Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 6(1):38–46. doi: 10.33369/diklabio.6.1.38-46.
Lusidawaty, Vivi, Yanti Fitria, Yalvema Miaz, and Ahmad Zikri. 2020. “Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(1):168–74. doi: 10.31004/basicedu.v4i1.333.
Maharani, Yunida. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.
Maksum, Ali. 2012. “Metodologi Penelitian Dalam Olahraga.”
Mukarromah, Aenullael, and Meyyana Andriana. 2022. “Peranan Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran.” JSER: Journal of Science and Education Research 1(1):43–50.
Muthiah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Rok Suai Kelas Xi Tata Busana Di Smk Negeri 1 Ngawen. Vol. 53.
Nadialista Kurniawan, Risyad Arhamullah. 2021. “Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.” M Makbul 3(1):1689–99.
Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, and Sayidiman. 2022. Media Pembelajaran.
Pratiwi, S. N., C. Cari, and N. S. Aminah. 2019. “Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa.” Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika 9(1):34–42.
Pugi Febriningrum, Dwi, and Sri Mastuti Purwaningsih. 2022. “Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya.” Journal Pendidikan Sejarah 13(1):1–10.
Puspitarini, Yanuari Dwi, and Muhammad Hanif. 2019. “Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School.” Anatolian Journal of Education 4(2):53–60. doi: 10.29333/aje.2019.426a.
Putri, Dinar Darul Liana. 2023. “Pengembangan Media Interaktif Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) Dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Tata Surya Kelas 6.”
Riyanti, Tri. 2016. “Penggunaan Media Pembelajaran Lectora Dan Verbal Pada Mata Kuliah Praktik Batu.” Media Pembelajaran (8.5.2017):2003–5.
Rohmatulloh, Ghina, Najihah Fakhirah Siregar, Ari Widodo, and Informasi Artikel. 2022. “BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran Biologi (Technology-Based 3 Dimensional Learning Media Innovation in Biology Learning).” Biodik 08:139–46.
Saas Asela, Unik Hanifah Salsabila, Nurul Hidayah Puji Lestari, Alfi Sihati, Amalia Ririh Pertiwi. 2020. “Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):1297–1303.
Septy Nurfadhillah, 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. Media Pembelajaran. edited by R. Awahita. CV Jejak.
Setiawan, Ahmad Hasni, and Hasan Dani. 2021. “Studi Terhadap Media Augmented Reality ( AR ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada KD Memahami Jenis-Jenis Alat Berat.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 7(1):1–5.
Sitepu, Mimma Elau BR. 2016. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SD Negeri 106167 Lantasan Baru.” 1–23.
Sugianti, Yudi Hari Rayanto &. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2 : Teori Dan Praktek. edited by T. Rokhmawan. Lembaga Academic & Research Institite.
Sugiarto, Akhmad. 2022. “Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah.” 1–13.
Sundari, Sundari, and Endang Fauziati. 2021. “Implikasi Teori Belajar Bruner Dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3(2):128–36. doi:10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206.
Tuti Mariati, K.Y. Margiati, Kartono. 2017. “Penggunaan Media Audio Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V SD.”
Ujang Jamaludin, Reksa Adya Pribadi, Fania Mulyawati. 2023. “Karakteristik Belajar Dan Pembelajara Anak Usia Sekolah Dasar (SD).” 09:31–41.
Wahyuni, Selvi Sinta, and Efrida Pima Sari Tambunan. 2022. “Efektivitas Pemberian Kuis Menggunakan Aplikasi Google Form Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 6(5):8033–39. doi:10.31004/basicedu.v6i5.359.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2):3928–36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
Yeni, Hilda Oktri, and Fitria Meilina , Cilvia Anggraini. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sdn 002 Tebing Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan MINDA 167(1):10–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.