Proses-Proses Fonologis pada Anak Usia Dini di PAUD Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.5182Keywords:
Kemampuan Fonologis, Proses Fonologis, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses-proses fonologis yang terjadi pada anak usia dini di PAUD Kota Tasikmalaya. Kemampuan fonologis mengacu pada proses anak memperoleh dan menggunakan pola bunyi bahasa dalam komunikasi. Kemampuan fonologis memperhitungkan mekanisme pemprosesan informasi yang diperlukan bagi seorang anak untuk belajar berbicara yang melibatkan proses untuk persepsi dan proses kognitif, serta yang diperlukan untuk produksi ucapan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini, yaitu anak usia 4 s.d. 6 tahun di PAUD Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu dilakukan dengan metode observasi dan wawancara dengan berbantuan alat perekam. Observasi dilakukan di dalam kelas untuk melihat kemampuan fonologis anak yang didukung hasil wawancara. Teknik sampling yang digunakan, yaitu teknik Purposive Sampling dengan mengambil sampling berdasarkan jenis dan karakteristik PAUD yang ada di Kota Tasikmalaya, sehingga menghasilkan sampel penelitian yaitu PAUD Negeri, PAUD Swasta, PAUD IT, dan PAUD Kristen. Adapun yang menjadi sampel penelitian, yaitu anak usia 4 s.d. 6 tahun di TK Negeri Pembina, RA Baiturrahman, TK Cangkurileung, TK IT Ihya As-sunah, dan TK Joykids. Data penelitian yang diperoleh berupa bunyi ujar yang terdapat dalam kata, frase, kalimat dalam ujaran bahasa Indonesia, baik yang direkam secara lepas (isolated) atau dalam percakapan (dis·course). Validitas dan reliabilitas data menggunakan expert judgment. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada anak usia dini di PAUD Kota Tasikmalaya terjadi proses-proses fonologis, berupa 1) proses substitusi, penggantian satu segmen oleh segmen lain, 2) proses asimilasi, kecenderungan untuk mengasimilasikan satu segmen kepada segmen lain dalam suku kata, 3) proses struktur suku kata, anak cenderung menyederhanakan struktur suku kata.
Downloads
References
Bryant, P.E., MacLean, M., Bradley, L.L. and Crossland, J. (1990). Rhyme and alliteration, phoneme detection, and learning to read. Developmental Psychology, 26, 429-438
Ellis, Rod. (1990). Instructed Second Language Acquisition. Cambridge: Basil Blackwell, Inc
Dardjowidjojo, Soenjono. (2018). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Dardjowidjojo, Soenjono. (2018). Echa Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo
Gathercole, S.E., Willis, C. & Baddeley, A. D. (1991). Differentiating Phonological and Awareness of Rhyme: Reading and vocabulary Development in Children. British Journal of Psychology, 82, 387 – 406
Haryanti, Erna, Ari DL., Teti S. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2–3 Tahun Ditinjau dari Aspek Fonologi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1. No. 4
Jakobson, Roman. Child Language Aphasia and Phonological Universals. New Yor: Mouton Publishers.
Johnston, Rhona S. (1995). The Functions of Phonology in The Acquisition of Reading: Lexical and Sentence Processing. Memory & Cognition. 23 (6), 749-766
Lonigan, C. J, et.al. (2009). The nature of preschool phonological processing abilities and their relations to vocabulary, general cognitive abilities, and print knowledge. Journal of Educational Psychology. P. 345-358
Kapoh, R. J. (2010). Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perolehan Bahasa. Jurnal Interlingua, 4, 87-95
Maharany, Andi Firdha. (2016). Gejala Fonologis Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra. Vol. 1. No. 2.
Rhyner, P.M. (2009). Emergent Literacy and Language Development: Promoting Learning in Early Childhood. New York: The Guilford Press
Snowling, Margaret dan Charles Hulme. (2014). The Development of Phonological Skills. Philosophical Transactions: Biological Sciences, Vol. 346, No. 1315
Simanjuntak, Mangantar. (1990). Teori-Teori Perolehan Fonologi. Jakarta: Gaya Media Pratama
Sumargi, A.G. (2002). The Cognitive Model and Intervention for Specific Reading Disorder. Anima, Indonesian Psychological Journal, 17 (4), 311 – 317
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.