Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse :Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3371Keywords:
Metaverse, Pedagogik, TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara kritis masalah fundamental tentang dilema & problematika realitas kehidupan dalam dimensi metaverse dan peran pendidikan menyongsong kehadiran dunia metaverse. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metaverse merupakan inovasi baru dari internet dan pola interaksi sosial yang memadukan berbagai teknologi canggih yang akan menggeser aktivitas kehidupan manusia secara alamiah. Dengan kata lain, hal ini akan menjadi awal sebuah revolusi kehidupan yang menghendaki adanya alternatif segala aktivitas manusia dalam ruang virtual. Kondisi ini perlu mendapat perhatian secara kritis-reflektif, khususnya terhadap kecenderungan nilai-nilai kehidupan yang akan tereduksi dan terdekonstruksi. Kehadiran metaverse akan menjadi peluang sekaligus tantangan dalam kehidupan manusia dalam segala aspek dan dimensi di dalamnya. Oleh sebab itu, perlu adanya langkah preventif dalam menghadapi berbagai kemungkinan dan kecenderungan yang terjadi dalam kehidupan secara faktual di masa depan. Pendidikan memiliki peran strategis dalam melakukan upaya antisipatif dalam menyongsong kehadiran dunia metaverse, melalui reorientasi fungsi pendidikan yang harus mampu menjadi ruang dalam merekonstruksi kehidupan sejalan dengan tantangan zaman. Oleh sebab itu, pedagogik futuristik sebagai sebuah paradigma baru pendidikan menjadi alternatif dan solusi dalam mengantisipasi kondisi masa depan (metaverse), yang didasarkan pada unsur imajinasi, spiritual, holistik dan teknologi dalam pengembangannya. Berdasarkan unsur-unsur yang membangunnya, pedagogik futuristik menjadi pendekatan pendidikan yang mampu melahirkan generasi masa depan yang siap menghadapi tantangan zaman, yang berjiwa progresif, transformatif dan futuristic dengan kualitas mumpuni dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi, kualitas spiritualitas dan karakter untuk membangun peradaban kehidupan manusia yang didambakan.
Downloads
References
Afif, A. (2015). Mengendalikan Masa Depan.
Yogyakarta: IRCISod.
Bolger, R. K. (2021). Finding Wholes in the
Metaverse: Posthuman Mystics as
Agents of Evolutionary
Contextualization. Religions, 12(9),
Buchori, M. (1994). Pendidikan dalam
pembangunan. IKIP Muhammadiyah Jakarta.
Damar, M. (2021). Metaverse Shape of Your
Life for Future: A bibliometric
snapshot. Journal of Metaverse, 1(1), 1-
Duan, H., Li, J., Fan, S., Lin, Z., Wu, X., & Cai,
W. (2021). Metaverse for social good:
A university campus prototype.
In Proceedings of the 29th ACM
International Conference on
Multimedia (pp. 153-161).
Han, J., Heo, J., & You, E. (2021) Analysis of
Metaverse Platform as a New Play
Culture: Focusing on Roblox and
ZEPETO. In Proceedings of the 2nd
International Conference on Humancentered Artificial Intelligence
(Computing4Human 2021). CEUR
Workshop Proceedings, Da Nang,
Vietnam.
Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah
Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif.
Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hermann, J., & Browning, K. (2021). Are We in
the Metaverse yet. New York Times. Available
online: https://www. nytimes.
com/2021/07/10/style/metaverse-virtualworlds. Html (accessed on 8
December 2020).
Jeon, J. H. (2021). A Study on Education
Utilizing Metaverse for Effective
Communication in a Convergence
Subject. International Journal of
Internet, Broadcasting and
Communication, 13(4), 129-134.
Kim, J. (2021). Advertising in the Metaverse:
Research Agenda. Journal of
Interactive Advertising, 1-4.
Kye, B., Han, N., Kim, E., Park, Y., & Jo, S.
(2021). Educational applications of
metaverse: possibilities and
limitations. Journal of Educational
Evaluation for Health Professions, 18,
-32.
Lee, J. Y. (2021). A Study on Metaverse Hype
for Sustainable Growth. International
journal of advanced smart
convergence, 10(3), 72-80.
Lee, L. H., Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu,
D., Lin, Z., ... & Hui, P. (2021). All one
needs to know about Metaverse: A
complete survey on technological
singularity, virtual ecosystem, and
research agenda. arXiv preprint
arXiv:2110.05352.
Merwe, D. (2021). The Metaverse as Virtual
Heterotopia. In 3rd world conference
on research in social sciences.
Nalbant, K.G. & Uyanik, S. (2021). Computer
Vision in the Metaverse. Journal of
Metaverse, 1(1), 9-12.
Nevelsteen, K. J. (2018). Virtual world, defined
from a technological perspective and
applied to video games, mixed reality,
and the Metaverse. Computer
Animation and Virtual Worlds, 29(1),
e1752.
Ning, H., Wang, H., Lin, Y., Wang, W.,
Dhelim, S., Farha, F., ... &
Daneshmand, M. (2021). A Survey on
Metaverse: the State-of-the-art,
Technologies, Applications, and
Challenges. arXiv preprint
arXiv:2111.09673.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.