Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse :Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik

Authors

  • Yusuf Tri Herlambang Herlambang
  • Yunus Abidin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3371

Keywords:

Metaverse, Pedagogik, Teknologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara kritis masalah fundamental tentang dilema & problematika realitas kehidupan dalam dimensi metaverse dan peran pendidikan menyongsong kehadiran dunia metaverse. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metaverse merupakan inovasi baru dari internet dan pola interaksi sosial yang memadukan berbagai teknologi canggih yang akan menggeser aktivitas kehidupan manusia secara alamiah. Dengan kata lain, hal ini akan menjadi awal sebuah revolusi kehidupan yang menghendaki adanya alternatif segala aktivitas manusia dalam ruang virtual. Kondisi ini perlu mendapat perhatian secara kritis-reflektif, khususnya terhadap kecenderungan nilai-nilai kehidupan yang akan tereduksi dan terdekonstruksi. Kehadiran metaverse akan menjadi peluang sekaligus tantangan dalam kehidupan manusia dalam segala aspek dan dimensi di dalamnya. Oleh sebab itu, perlu adanya langkah preventif dalam menghadapi berbagai kemungkinan dan kecenderungan yang terjadi dalam kehidupan secara faktual di masa depan. Pendidikan memiliki peran strategis dalam melakukan upaya antisipatif dalam menyongsong kehadiran dunia metaverse, melalui reorientasi fungsi pendidikan yang harus mampu menjadi ruang dalam merekonstruksi kehidupan sejalan dengan tantangan zaman. Oleh sebab itu, pedagogik futuristik sebagai sebuah paradigma baru pendidikan menjadi alternatif dan solusi dalam mengantisipasi kondisi masa depan (metaverse), yang didasarkan pada unsur imajinasi, spiritual, holistik dan teknologi dalam pengembangannya. Berdasarkan unsur-unsur yang membangunnya, pedagogik futuristik menjadi pendekatan pendidikan yang mampu melahirkan generasi masa depan yang siap menghadapi tantangan zaman, yang berjiwa progresif, transformatif dan futuristic dengan kualitas mumpuni dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi, kualitas spiritualitas dan karakter untuk membangun peradaban kehidupan manusia yang didambakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, A. (2015). Mengendalikan Masa Depan.

Yogyakarta: IRCISod.

Bolger, R. K. (2021). Finding Wholes in the

Metaverse: Posthuman Mystics as

Agents of Evolutionary

Contextualization. Religions, 12(9),

Buchori, M. (1994). Pendidikan dalam

pembangunan. IKIP Muhammadiyah Jakarta.

Damar, M. (2021). Metaverse Shape of Your

Life for Future: A bibliometric

snapshot. Journal of Metaverse, 1(1), 1-

Duan, H., Li, J., Fan, S., Lin, Z., Wu, X., & Cai,

W. (2021). Metaverse for social good:

A university campus prototype.

In Proceedings of the 29th ACM

International Conference on

Multimedia (pp. 153-161).

Han, J., Heo, J., & You, E. (2021) Analysis of

Metaverse Platform as a New Play

Culture: Focusing on Roblox and

ZEPETO. In Proceedings of the 2nd

International Conference on Humancentered Artificial Intelligence

(Computing4Human 2021). CEUR

Workshop Proceedings, Da Nang,

Vietnam.

Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah

Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif.

Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hermann, J., & Browning, K. (2021). Are We in

the Metaverse yet. New York Times. Available

online: https://www. nytimes.

com/2021/07/10/style/metaverse-virtualworlds. Html (accessed on 8

December 2020).

Jeon, J. H. (2021). A Study on Education

Utilizing Metaverse for Effective

Communication in a Convergence

Subject. International Journal of

Internet, Broadcasting and

Communication, 13(4), 129-134.

Kim, J. (2021). Advertising in the Metaverse:

Research Agenda. Journal of

Interactive Advertising, 1-4.

Kye, B., Han, N., Kim, E., Park, Y., & Jo, S.

(2021). Educational applications of

metaverse: possibilities and

limitations. Journal of Educational

Evaluation for Health Professions, 18,

-32.

Lee, J. Y. (2021). A Study on Metaverse Hype

for Sustainable Growth. International

journal of advanced smart

convergence, 10(3), 72-80.

Lee, L. H., Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xu,

D., Lin, Z., ... & Hui, P. (2021). All one

needs to know about Metaverse: A

complete survey on technological

singularity, virtual ecosystem, and

research agenda. arXiv preprint

arXiv:2110.05352.

Merwe, D. (2021). The Metaverse as Virtual

Heterotopia. In 3rd world conference

on research in social sciences.

Nalbant, K.G. & Uyanik, S. (2021). Computer

Vision in the Metaverse. Journal of

Metaverse, 1(1), 9-12.

Nevelsteen, K. J. (2018). Virtual world, defined

from a technological perspective and

applied to video games, mixed reality,

and the Metaverse. Computer

Animation and Virtual Worlds, 29(1),

e1752.

Ning, H., Wang, H., Lin, Y., Wang, W.,

Dhelim, S., Farha, F., ... &

Daneshmand, M. (2021). A Survey on

Metaverse: the State-of-the-art,

Technologies, Applications, and

Challenges. arXiv preprint

arXiv:2111.09673.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Tri Herlambang, Y., & Abidin, Y. (2023). Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse :Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3371

Most read articles by the same author(s)