Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789Keywords:
strategi, media pembelajaran, aplikasi, dan EducandyAbstract
Perkembangan teknologi pada masa sekarang turut berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran. Agar pembelajaran berpusat pada siswa, para guru perlu meningkatkan kapasitasnya dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi dan dapat digunakan, yakni aplikasi Educandy. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjabarkan bagaimana penggunaan Educandy dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan dengan berfokus pada penggunaan media pembelajaran, berupa aplikasi Educandy dalam pembelajaran tematik di kelas V SD, pada submata pelajaran Bahasa Indonesia. Observasi, wawancara, dan kuisioner dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian diarahkan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menggunakan Educandy serta untuk melihat tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan aplikasi Educandy. Temuan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V telah menggunakan aplikasi Educandy sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Kendati penggunaan masih terbatas pada bentuk pengevaluasian pemahaman siswa, media ini tetap dapat menarik perhatian dan meningkatkan jiwa kompetitif siswa sehingga pebelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif. Penguasaan aplikasi Educandy oleh guru, kreativitas, serta gaya atau cara mengajar guru juga memengaruhi bentuk penyajian media ini dalam pembelajaran. Bagi siswa, penggunaan Educandy membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena ada poin-poin/nilai yang akan mereka dapatkan ketika berhasil menyelesaikan misi di dalam aplikasi Educandy ini. Selain itu, siswa menjadi bertambah pengalaman dan keterampilannya dalam literasi teknologi.
Downloads
References
NCREL's. (2005). Learning Point Magazine Vol. 7, No. 1, from http://www.ncrel.org/info/nlp/lp05.pdf.
Nurhabibah, P., Fikriyah, dan Dewi, K. (2021). Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia utuk Siswa Kelas V. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 17, No.2, 255—264. DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4652.
Pamungkas, Sigit. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar 32(2), (57– 68). DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306.
Squire, Kurt. (2005). Game Based Learning: Present and future state of the field; An x-Learn Perspective Paper. Madison: The Masie Center E-Learning Consortium. URL: https://www.academia.edu/1317099/Game_based_learning_Present_and_future_state_ of_the_field?bulkDownload=thisPaper-topRelated-sameAuthor-citingThis- citedByThis-secondOrderCitations&from=cover_page .
Ulya, Maziyatul. 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10(1). (55– 63). URL: 103.131.16.137/index.php/lgrm/article/view/4089/2306.
Widiastuti, Ratna; Sayekti, Ika Candra; dan Eryani, Rita. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. Vol. 5, No. 4. (2082 – 2089). DOI:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.