Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD

Authors

  • Yunus Abidin Universitas Pendidikan Indonesia
  • S. Nailul Muna Aljamaliah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fully Rakhmayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789

Keywords:

strategi, media pembelajaran, aplikasi, dan Educandy

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa sekarang turut berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran. Agar pembelajaran berpusat pada siswa, para guru perlu meningkatkan kapasitasnya dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi dan dapat digunakan, yakni aplikasi Educandy. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjabarkan bagaimana penggunaan Educandy dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan dengan berfokus pada penggunaan media pembelajaran, berupa aplikasi Educandy dalam pembelajaran tematik di kelas V SD, pada submata pelajaran Bahasa Indonesia. Observasi, wawancara, dan kuisioner dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian diarahkan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menggunakan Educandy serta untuk melihat tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan aplikasi Educandy. Temuan dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas V telah menggunakan aplikasi Educandy sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Kendati penggunaan masih terbatas pada bentuk pengevaluasian pemahaman siswa, media ini tetap dapat menarik perhatian dan meningkatkan jiwa kompetitif siswa sehingga pebelajaran menjadi lebih aktif dan interaktif. Penguasaan aplikasi Educandy oleh guru, kreativitas, serta gaya atau cara mengajar guru juga memengaruhi bentuk penyajian media ini dalam pembelajaran. Bagi siswa, penggunaan Educandy membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena ada poin-poin/nilai yang akan mereka dapatkan ketika berhasil menyelesaikan misi di dalam aplikasi Educandy ini. Selain itu, siswa menjadi bertambah pengalaman dan keterampilannya dalam literasi teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

NCREL's. (2005). Learning Point Magazine Vol. 7, No. 1, from http://www.ncrel.org/info/nlp/lp05.pdf.

Nurhabibah, P., Fikriyah, dan Dewi, K. (2021). Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia utuk Siswa Kelas V. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 17, No.2, 255—264. DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4652.

Pamungkas, Sigit. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar 32(2), (57– 68). DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306.

Squire, Kurt. (2005). Game Based Learning: Present and future state of the field; An x-Learn Perspective Paper. Madison: The Masie Center E-Learning Consortium. URL: https://www.academia.edu/1317099/Game_based_learning_Present_and_future_state_ of_the_field?bulkDownload=thisPaper-topRelated-sameAuthor-citingThis- citedByThis-secondOrderCitations&from=cover_page .

Ulya, Maziyatul. 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10(1). (55– 63). URL: 103.131.16.137/index.php/lgrm/article/view/4089/2306.

Widiastuti, Ratna; Sayekti, Ika Candra; dan Eryani, Rita. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU. Vol. 5, No. 4. (2082 – 2089). DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1161.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Abidin, Y., Aljamaliah, S. N. M. ., Rakhmayanti, F. ., & Anggraeni, D. . (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Educandy di Kelas V SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1230–1242. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1789