Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru

Authors

  • Yadi Hadiansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365

Keywords:

Pedagogik Futuristik, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pendidikan terus mengalami perkembangan secara dinamis dan ketat terkait dengan aspek filosofis maupun praksisnya, sehingga pendidikan akan terus mengalami penafsiran dan dekontruksi ulang, sesuai dengan kebutuhan dan nilai fundamental yang diperlukan dewasa ini. Artikel ini bertujuan untuk mencoba menelisik berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, dengan nilai filosofis yang dimiliki pedagogik futursitik yang di dalamnya termuat aspek-aspek yang urgensinya tidak bertolak belakang dengan kebutuhan yang harus dimiliki peserta didik di masa depan. Selain itu, kurikulum yang digagas kemendkbud terkait dengan kurikulum merdeka, memiliki nuansa kebebasan terhadap peserta didik dan guru, bagi guru sebagai pemberi materi pembelajaran ataupun bagi peserta didik sebagai penerima pembelajaran. Permasalahan yang terjadi pendidikan dewasa ini, banyak terjadi peserta didik yang masuk dalam jerat ruang pendidikan disoreintasi, sehingga sedikit banyak ditemui peserta didik yang tidak mempunyai dan mengoptimalkan apa yang menjadi keunggulan dan bakat yang dimilikinya, pendidikan yang tidak mengoptimalkan dan mengembangkan aspek fundamental yang dimiliki peserta didik tidak akan mampu membuat peserta didik survive dimasa depan, dengan problematika yang semakin rumit. Oleh sebab itu, kehadiran pedagogik futuristik dapat direalisasikan dalam iklim pendidikan dan tidak menjadi konsep yang bersifat menara gading untuk mendukung kurikulum merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina, F. (2018). Pengaruh Kompetensi

Pedagogik Guru Terhadap Kreativitas

Belajar Peserta Didik Bidang Studi PAI

Di SMKN 1 Pangkalan Kuras

Kabupaten Pelalawan (Doctoral

dissertation, Universitas Islam Riau).

Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi Pendidikan

Karakter (Kajian Filsafat

Pendidikan). Kalangwan Jurnal

Pendidikan Agama, Bahasa dan

Sastra, 11(1), 1-10.

Asdiniah, E. N. A. (2021). Urgensi dan

Implikasi Pedagogik Kritis pada

Pendidikan di Era Revolusi Industri

0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1),

-1712.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus

Merdeka (Fokus: Model MBKM

Program Studi). Jurnal Studi Guru dan

Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Dahlin, B. (2010). Steiner Waldorf education,

Social Three-Folding and civil society:

Education as cultural power. RoSE–

Research on Steiner Education, 1(1).

Diananda, A. (2018). Urgensi Pendidikan

Karakter Dalam Pembentukan

Konsep Diri Anak. ISTIGHNA: Jurnal

Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2),

-21.

Dianita, G., & Abdussalam, A. (2020).

Spiritual Pedagogic Foundation:

Analysis of Western and Islamic

Sociological Theory. Jurnal Kajian

Peradaban Islam, 3(2), 33-39.

Gidley, J. (2010). Holistic education and

visions of rehumanized

futures. RoSE–Research on Steiner

Education, 1(2).

Hendriyani, A., Rohayati, E., Ernalis, E., &

Herlambang, Y. T. (2019). Critical

Multiliteration Model Based on

Project Based Learning Approach in

Developing Basic School of

Metacognition Thinking Skills.

In International Journal of Science and

Applied Science: Conference

Series (Vol. 3, No. 1, pp. 1-7).

Herlambang, Y. (2018). Pedagogik Telaah

Kritis Ilmu Pendidikan dalam

Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah

Kritis Ilmu Pendidikan Dalam

Multiperspektif. Bumi Aksara.

Irianto, D. M., Yunansah, H., Mulyati, T.,

Herlambang, Y. T., & Setiawan, D.

(2020). Multiliteracy: Alternative

Learning Models to Improve

Ecological Literacy of Primary School

Students. PalArch's Journal of

Archaeology of

Egypt/Egyptology, 17(9), 614-632.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala,

A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H.

(2022). Relevansi Kurikulum Merdeka

Belajar dengan Model Pembelajaran

Abad 21 dalam Perkembangan Era

Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Jumaeda, S. (2019). Kreativitas dalam

Pedagogik: Thinking and Creativity of

Teacher. Horizon Pendidikan, 10(2).

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022).

Impelementasi Kurikulum Merdeka

Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal

Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.

Kwee, S. M., & Gandha, M. V. (2020). Ruang

Belajar Masa Depan: Sebuah Tipologi

Baru Bangunan Pendidikan. Jurnal

Sains, Teknologi, Urban, Perancangan,

Arsitektur (Stupa), 1(2), 1339-1348.

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022).

Implementasi Kurikulum Merdeka

Belajar Kampus Merdeka Dalam

Menghadapi Era Disrupsi Dan Era

Society 5.0.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H.

(2022). Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Belajar. Prosiding Pendidikan

Dasar, 1(1), 80-86.

Mariati, M. (2021, August). Tantangan

pengembangan kurikulum merdeka

belajar kampus merdeka di perguruan

tinggi. In Seminar Nasional Teknologi

Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1,

No. 1, pp. 749-761)

Marwah, S. S., & Abdussalam, A. (2020).

Tinjauan Psikologis Humanistik

dalam Pedagogik Spiritual. AlMusannif, 2(1), 15-28.

Mustofa, I. (2017). Pendidikan Islam Sebagai

Institusi Politik Demokrasi Tertinggi

di Indonesia. Halaqa: Islamic

Education Journal, 1(1), 27-42.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Kurikulum

Merdeka Belajar (Metode

Belajar). Prosiding Pendidikan

Dasar, 1(1), 166-177.

Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., &

Saudah, S. (2022). Inovasi

Pembelajaran dimasa Pendemi:

Implementasi Pembelajaran berbasis

Proyek Pendekatan Destinasi

Imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-

Nurcholis, A. (2021). Gagasan Filsafat

Pendidikan Holistik dalam Waldorf

Education menurut Rudolf

Steiner. BAHTSUNA, 3(2), 219-244.

Rawson, M. (2021). Subjectification and

Resonance in Late Modern Bildung:

The Global Model of Waldorf

Education. Tsinghua Journal of

Education, 37(4).

Salamah, U., Abdussalam, A., SyafeI, M., &

Firdaus, E. (2022). Pembelajaran

Pedagogik Spiritual. Syntax Idea, 4(1),

-227.

Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020).

Urgensi Merdeka Belajar Di Era

Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan

Society 5.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah

Teknologi Pendidikan, 8(2).

Sayfullah, H. (2018). Paradigma Holistic

Education. Edukais: Jurnal Pemikiran

Keislaman, 2(2), 79-91.

Selian, S., & Irwansyah, D. (2018).

Pengembangan Kurikulum Pencak

Silat Berbasis Kerangka Kualifikasi

Nasional Indonesia. Journal of

Education, Humaniora and Social

Sciences (JEHSS), 1(1), 32-39.

Sobarningsih, I., & Muhtar, T. (2022).

Kompetensi Pedagogik Guru Abad

Ke-21: Sebuah Tinjauan Peran Guru

pada Generasi Z. Syntax Literate;

Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 5143-

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya

Kompetensi Pedagogik

Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian

Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-

Sugiarto, W. (2019). Pendidikan Nilai Dan

Masa Depan Bangsa. Akademika:

Jurnal Keagamaan dan

Pendidikan, 15(2), 43-51.

Supriatna, N. (2019). Pengembangan

Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21

dalam Pembelajaran

Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan

Peneliti Sejarah, 2(2), 73-82.

Surip, M. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif

dan Inovatif di Masa Depan .

In Prosiding Seminar Nasional PBSIIV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran

Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis

Digital Guna Mendukung

Implementasi Merdeka Belajar (pp.

-102). FBS Unimed Press.

Suryaman, M. (2020). Orientasi

Pengembangan Kurikulum Merdeka

Belajar. In Seminar Nasional

Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1,

No. 1, pp. 13-28).

Sukardi (2017). Metodologi Penelitian

Pendidikan; Kompetensi dan

Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan

Kampus Merdeka Dalam Pandangan

Filsafat Pendidikan

Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal

Kajian Pendidikan dan

Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T.,

Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022).

Rancang Bangun Media Bahan Ajar

Digital Berbasis Multimodalality

Dalam Pendekatan Pedagogik

Futuristik. NATURALISTIC: Jurnal

Kajian Penelitian Pendidikan dan

Pembelajaran, 6(2), 1136-1149.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan

karakter yang sesuai dengan falsafah

bangsa indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16-

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1739–1748. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365