Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3365Keywords:
Pedagogik Futuristik, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan terus mengalami perkembangan secara dinamis dan ketat terkait dengan aspek filosofis maupun praksisnya, sehingga pendidikan akan terus mengalami penafsiran dan dekontruksi ulang, sesuai dengan kebutuhan dan nilai fundamental yang diperlukan dewasa ini. Artikel ini bertujuan untuk mencoba menelisik berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, dengan nilai filosofis yang dimiliki pedagogik futursitik yang di dalamnya termuat aspek-aspek yang urgensinya tidak bertolak belakang dengan kebutuhan yang harus dimiliki peserta didik di masa depan. Selain itu, kurikulum yang digagas kemendkbud terkait dengan kurikulum merdeka, memiliki nuansa kebebasan terhadap peserta didik dan guru, bagi guru sebagai pemberi materi pembelajaran ataupun bagi peserta didik sebagai penerima pembelajaran. Permasalahan yang terjadi pendidikan dewasa ini, banyak terjadi peserta didik yang masuk dalam jerat ruang pendidikan disoreintasi, sehingga sedikit banyak ditemui peserta didik yang tidak mempunyai dan mengoptimalkan apa yang menjadi keunggulan dan bakat yang dimilikinya, pendidikan yang tidak mengoptimalkan dan mengembangkan aspek fundamental yang dimiliki peserta didik tidak akan mampu membuat peserta didik survive dimasa depan, dengan problematika yang semakin rumit. Oleh sebab itu, kehadiran pedagogik futuristik dapat direalisasikan dalam iklim pendidikan dan tidak menjadi konsep yang bersifat menara gading untuk mendukung kurikulum merdeka
Downloads
References
Ardina, F. (2018). Pengaruh Kompetensi
Pedagogik Guru Terhadap Kreativitas
Belajar Peserta Didik Bidang Studi PAI
Di SMKN 1 Pangkalan Kuras
Kabupaten Pelalawan (Doctoral
dissertation, Universitas Islam Riau).
Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi Pendidikan
Karakter (Kajian Filsafat
Pendidikan). Kalangwan Jurnal
Pendidikan Agama, Bahasa dan
Sastra, 11(1), 1-10.
Asdiniah, E. N. A. (2021). Urgensi dan
Implikasi Pedagogik Kritis pada
Pendidikan di Era Revolusi Industri
0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1),
-1712.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi
Kurikulum Merdeka Belajar Kampus
Merdeka (Fokus: Model MBKM
Program Studi). Jurnal Studi Guru dan
Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Dahlin, B. (2010). Steiner Waldorf education,
Social Three-Folding and civil society:
Education as cultural power. RoSE–
Research on Steiner Education, 1(1).
Diananda, A. (2018). Urgensi Pendidikan
Karakter Dalam Pembentukan
Konsep Diri Anak. ISTIGHNA: Jurnal
Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2),
-21.
Dianita, G., & Abdussalam, A. (2020).
Spiritual Pedagogic Foundation:
Analysis of Western and Islamic
Sociological Theory. Jurnal Kajian
Peradaban Islam, 3(2), 33-39.
Gidley, J. (2010). Holistic education and
visions of rehumanized
futures. RoSE–Research on Steiner
Education, 1(2).
Hendriyani, A., Rohayati, E., Ernalis, E., &
Herlambang, Y. T. (2019). Critical
Multiliteration Model Based on
Project Based Learning Approach in
Developing Basic School of
Metacognition Thinking Skills.
In International Journal of Science and
Applied Science: Conference
Series (Vol. 3, No. 1, pp. 1-7).
Herlambang, Y. (2018). Pedagogik Telaah
Kritis Ilmu Pendidikan dalam
Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah
Kritis Ilmu Pendidikan Dalam
Multiperspektif. Bumi Aksara.
Irianto, D. M., Yunansah, H., Mulyati, T.,
Herlambang, Y. T., & Setiawan, D.
(2020). Multiliteracy: Alternative
Learning Models to Improve
Ecological Literacy of Primary School
Students. PalArch's Journal of
Archaeology of
Egypt/Egyptology, 17(9), 614-632.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala,
A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H.
(2022). Relevansi Kurikulum Merdeka
Belajar dengan Model Pembelajaran
Abad 21 dalam Perkembangan Era
Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(2), 3011-3024.
Jumaeda, S. (2019). Kreativitas dalam
Pedagogik: Thinking and Creativity of
Teacher. Horizon Pendidikan, 10(2).
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022).
Impelementasi Kurikulum Merdeka
Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal
Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.
Kwee, S. M., & Gandha, M. V. (2020). Ruang
Belajar Masa Depan: Sebuah Tipologi
Baru Bangunan Pendidikan. Jurnal
Sains, Teknologi, Urban, Perancangan,
Arsitektur (Stupa), 1(2), 1339-1348.
Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022).
Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar Kampus Merdeka Dalam
Menghadapi Era Disrupsi Dan Era
Society 5.0.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H.
(2022). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Belajar. Prosiding Pendidikan
Dasar, 1(1), 80-86.
Mariati, M. (2021, August). Tantangan
pengembangan kurikulum merdeka
belajar kampus merdeka di perguruan
tinggi. In Seminar Nasional Teknologi
Edukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1,
No. 1, pp. 749-761)
Marwah, S. S., & Abdussalam, A. (2020).
Tinjauan Psikologis Humanistik
dalam Pedagogik Spiritual. AlMusannif, 2(1), 15-28.
Mustofa, I. (2017). Pendidikan Islam Sebagai
Institusi Politik Demokrasi Tertinggi
di Indonesia. Halaqa: Islamic
Education Journal, 1(1), 27-42.
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar (Metode
Belajar). Prosiding Pendidikan
Dasar, 1(1), 166-177.
Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., &
Saudah, S. (2022). Inovasi
Pembelajaran dimasa Pendemi:
Implementasi Pembelajaran berbasis
Proyek Pendekatan Destinasi
Imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-
Nurcholis, A. (2021). Gagasan Filsafat
Pendidikan Holistik dalam Waldorf
Education menurut Rudolf
Steiner. BAHTSUNA, 3(2), 219-244.
Rawson, M. (2021). Subjectification and
Resonance in Late Modern Bildung:
The Global Model of Waldorf
Education. Tsinghua Journal of
Education, 37(4).
Salamah, U., Abdussalam, A., SyafeI, M., &
Firdaus, E. (2022). Pembelajaran
Pedagogik Spiritual. Syntax Idea, 4(1),
-227.
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020).
Urgensi Merdeka Belajar Di Era
Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan
Society 5.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah
Teknologi Pendidikan, 8(2).
Sayfullah, H. (2018). Paradigma Holistic
Education. Edukais: Jurnal Pemikiran
Keislaman, 2(2), 79-91.
Selian, S., & Irwansyah, D. (2018).
Pengembangan Kurikulum Pencak
Silat Berbasis Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia. Journal of
Education, Humaniora and Social
Sciences (JEHSS), 1(1), 32-39.
Sobarningsih, I., & Muhtar, T. (2022).
Kompetensi Pedagogik Guru Abad
Ke-21: Sebuah Tinjauan Peran Guru
pada Generasi Z. Syntax Literate;
Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5), 5143-
Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya
Kompetensi Pedagogik
Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian
Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-
Sugiarto, W. (2019). Pendidikan Nilai Dan
Masa Depan Bangsa. Akademika:
Jurnal Keagamaan dan
Pendidikan, 15(2), 43-51.
Supriatna, N. (2019). Pengembangan
Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21
dalam Pembelajaran
Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan
Peneliti Sejarah, 2(2), 73-82.
Surip, M. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif
dan Inovatif di Masa Depan .
In Prosiding Seminar Nasional PBSIIV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis
Digital Guna Mendukung
Implementasi Merdeka Belajar (pp.
-102). FBS Unimed Press.
Suryaman, M. (2020). Orientasi
Pengembangan Kurikulum Merdeka
Belajar. In Seminar Nasional
Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1,
No. 1, pp. 13-28).
Sukardi (2017). Metodologi Penelitian
Pendidikan; Kompetensi dan
Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan
Kampus Merdeka Dalam Pandangan
Filsafat Pendidikan
Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal
Kajian Pendidikan dan
Pembelajaran, 2(3), 203-219.
Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T.,
Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022).
Rancang Bangun Media Bahan Ajar
Digital Berbasis Multimodalality
Dalam Pendekatan Pedagogik
Futuristik. NATURALISTIC: Jurnal
Kajian Penelitian Pendidikan dan
Pembelajaran, 6(2), 1136-1149.
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan
karakter yang sesuai dengan falsafah
bangsa indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.