Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar dalam Konteks Pendidikan Di Abad 21

Authors

  • Yadi Hadiansyah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Sofyan Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3364

Keywords:

kepala sekolah, kepemimpinan, pendidikan abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelaahan dan pengkajian terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar dalam proses pendidikan abad 21. Kepala sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar, terlebih dalam konteks pendidikan abad 21 kepemimpinan kepala sekolah menjadi hal yang sangat penting agar sekolah dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder baik itu buku, jurnal, dan sumber ilmiah lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada dasarnya kepala sekolah memiliki peran kunci dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Selain itu, dalam konteks pendidikan abad 21 kepemimpinan dari kepala sekolah akan menjadi penentu bagi berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Dalam hal lain, kepala sekolah juga berperan untuk memotivasi dan mendorong guru agar meningkatkan kualitas, khususnya dalam memahami pendidikan abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, D., & Muthiah, V. (2020). Teacher

Education in Malaysia: Practices,

Challenges and Future Trends for the

Twenty-First Century. In Teacher Education in the Global Era (pp. 133-

. Springer, Singapore.

Assingkily, M. S., & Mesiono, M. (2019).

Karakteristik Kepemimpinan

Transformasional di Madrasah

Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya

dengan Visi Pendidikan Abad

MANAGERIA: Jurnal Manajemen

Pendidikan Islam, 4(1), 147-168.

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature

review of 21st century skills and

competencies in primary

education. International Journal of

Instruction, 11(3), 1-16.

Gelen, I. (2018). Academicians'predictions of

st Century Education and Education

In The 21st Century. European Journal

of Education Studies.

Gulpan, J. O., & Baja, R. M. (2020).

Technological Leadership of 21 st

Century Principals of Private

Secondary Schools. International

Journal of Advances Research and

Publications, 4(4), 66-69.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep

Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan

Dan Pengembangan Sumber Daya

Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media

Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar

dan Keislaman, 10(1).

Helambang, Y.T., Wahid, R. & Solahudin, N.

(2021). Landasan Pendidikan: Sebuah

Tinjauan Multiperspektif Dasar

Esensial Pendidikan Indonesia.

Bandung: Yayasan Lembaga

Pendidikan & Pelatihan Multiliterasi.

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah

Kritis Ilmu Pendidikan Dalam

Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M.,

Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan,

D., & Hendrawan, B. (2021).

Peningkatan Profesionalisme Guru

Melalui Pelatihan Membangun Desain

Pembelajaran Online dengan

Memanfaatkan Multiplatform:

Sebuah Gerakan Literasi

Digital. Massagi: Masyarakat

Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1-8.

Hidajad, A. (2021). Akuntabilitas Kepala

Sekolah dalam Fenomena Manajemen

Sekolah di SD Al Badar Menghadapi

Era Abad 21. In Prosiding Seminar

Nasional Pascasarjana

(PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp.

-045).

Hidayat, R., Ulya, H., Pakuan, D. U. (2019).

Kompetensi kepala sekolah abad 21:

Sebuah tinjauan teoretis. Jurnal

Kepemimpinan dan Pengurusan

Sekolah, 4(1), 61-68.

Hirschman, K., & Wood, B. (2018). 21st century

learners: Changing conceptions of

knowledge, learning and the

child. New Zealand annual review of

education, 23, 20-35.

Holmes, G., & Pratt-Adams, S. (2021). The Role

of the Head Teacher in the Church of

England Primary School: Leadership,

Values and Ethos. Journal of Research

on Christian Education, 30(2), 184-

Khair, F., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2021).

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Meningkatkan Kinerja

Guru. Simposium Nasional Gagasan

Keprofesian bagi Alumni AP, MP, dan

MPI dalam Menghadapi Tantangan di

Era Global Abad 21, 1(1).

Khair, F., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2021).

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Meningkatkan Kinerja

Guru. Simposium Nasional Gagasan

Keprofesian bagi Alumni AP, MP, dan

MPI dalam Menghadapi Tantangan di

Era Global Abad 21, 1(1).

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019).

Improving 21st-century teaching

skills: The key to effective 21st-century

learners. Research in Comparative and

International Education, 14(1), 99-117.

Malik, R. S. (2018). Educational challenges in

st century and sustainable

development. Journal of Sustainable

Development Education and

Research, 2(1), 9-20.

Mann, T. (2015). The Oxford Guide to Library

Research. New York: Oxford

University Press.

Muhassanah, N. A. (2020). Pengaruh

Kepemimpinan Kepala Sekolah

Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar

Di Banyumas. utile: Jurnal

Kependidikan, 6(1), 66-77.

Ndoen, E., & Manurung, A. S. (2021).

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru

Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan

Balaraja. Jurnal Inovasi

Penelitian, 2(3), 1025-1036.

Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J.

(2019). Kepemimpinan situasional

untuk meningkatkan daya saing

luaran pendidikan abad 21. JAMP:

Jurnal Administrasi dan Manajemen

Pendidikan, 2(2), 40-48.

Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala

Sekolah dalam Menghadapi Era

Revolusi Industri 4. 0: Perspektif

Sosiologi Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

Ratnasari, D., Roemintoyo, R., & Winarno, W.

(2018). Implementasi Teknik Supervisi

Akademik Kepala Sekolah Terhadap

Tenaga Pendidik Sekolah Dasar untuk

Menghadapi Era Digital. JMSP (Jurnal

Manajemen dan Supervisi

Pendidikan), 3(1), 12-15.

Salmia, S., Rosleny, R., & Idawati, I. (2020).

Kepemimpinan Kepala Sekolah

Menuju Pembelajaran Abad

Indonesian Journal of Primary

Education, 4(1), 1-10.

Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan

Transformasional dan Pemberdayaan

Guru dalam Tranformasi Pendidikan

0. Jurnal Dinamika

Pendidikan, 13(2), 204-215.

Sudika, I. W. (2020). Kepemimpinan Kepala

Sekolah Dasar Pada Era Revolusi

Industri 4.0 dan Pandemi Covid

Edukasi: Jurnal Pendidikan

Dasar, 1(2), 113-124.

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century

skills: learning for life in our times.

New Jersey: Jossey Bass.

Wagbara, S. O. (2019). Promoting Sustainable

Development in the 21st Century: The

Role of Marketing

Education. International Journal of

Advanced Studies in Business

Strategies and Management, 7(1), 31-

Wongwatkit, C., & Nupap, S. (2018). A

Constructionism-Based Integrated

Learning Framework to Promoting 21

st Century Learners of IT School.

In 2018 Global Wireless Summit

(GWS) (pp. 142-146). IEEE

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Hadiansyah, Y., & Iskandar, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar dalam Konteks Pendidikan Di Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1610–1616. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3364