Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar dalam Konteks Pendidikan Di Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3364Keywords:
kepala sekolah, kepemimpinan, pendidikan abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelaahan dan pengkajian terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar dalam proses pendidikan abad 21. Kepala sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar, terlebih dalam konteks pendidikan abad 21 kepemimpinan kepala sekolah menjadi hal yang sangat penting agar sekolah dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder baik itu buku, jurnal, dan sumber ilmiah lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada dasarnya kepala sekolah memiliki peran kunci dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Selain itu, dalam konteks pendidikan abad 21 kepemimpinan dari kepala sekolah akan menjadi penentu bagi berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Dalam hal lain, kepala sekolah juga berperan untuk memotivasi dan mendorong guru agar meningkatkan kualitas, khususnya dalam memahami pendidikan abad 21
Downloads
References
Adams, D., & Muthiah, V. (2020). Teacher
Education in Malaysia: Practices,
Challenges and Future Trends for the
Twenty-First Century. In Teacher Education in the Global Era (pp. 133-
. Springer, Singapore.
Assingkily, M. S., & Mesiono, M. (2019).
Karakteristik Kepemimpinan
Transformasional di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya
dengan Visi Pendidikan Abad
MANAGERIA: Jurnal Manajemen
Pendidikan Islam, 4(1), 147-168.
Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature
review of 21st century skills and
competencies in primary
education. International Journal of
Instruction, 11(3), 1-16.
Gelen, I. (2018). Academicians'predictions of
st Century Education and Education
In The 21st Century. European Journal
of Education Studies.
Gulpan, J. O., & Baja, R. M. (2020).
Technological Leadership of 21 st
Century Principals of Private
Secondary Schools. International
Journal of Advances Research and
Publications, 4(4), 66-69.
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep
Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan
Dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media
Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar
dan Keislaman, 10(1).
Helambang, Y.T., Wahid, R. & Solahudin, N.
(2021). Landasan Pendidikan: Sebuah
Tinjauan Multiperspektif Dasar
Esensial Pendidikan Indonesia.
Bandung: Yayasan Lembaga
Pendidikan & Pelatihan Multiliterasi.
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah
Kritis Ilmu Pendidikan Dalam
Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M.,
Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan,
D., & Hendrawan, B. (2021).
Peningkatan Profesionalisme Guru
Melalui Pelatihan Membangun Desain
Pembelajaran Online dengan
Memanfaatkan Multiplatform:
Sebuah Gerakan Literasi
Digital. Massagi: Masyarakat
Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1-8.
Hidajad, A. (2021). Akuntabilitas Kepala
Sekolah dalam Fenomena Manajemen
Sekolah di SD Al Badar Menghadapi
Era Abad 21. In Prosiding Seminar
Nasional Pascasarjana
(PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp.
-045).
Hidayat, R., Ulya, H., Pakuan, D. U. (2019).
Kompetensi kepala sekolah abad 21:
Sebuah tinjauan teoretis. Jurnal
Kepemimpinan dan Pengurusan
Sekolah, 4(1), 61-68.
Hirschman, K., & Wood, B. (2018). 21st century
learners: Changing conceptions of
knowledge, learning and the
child. New Zealand annual review of
education, 23, 20-35.
Holmes, G., & Pratt-Adams, S. (2021). The Role
of the Head Teacher in the Church of
England Primary School: Leadership,
Values and Ethos. Journal of Research
on Christian Education, 30(2), 184-
Khair, F., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2021).
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kinerja
Guru. Simposium Nasional Gagasan
Keprofesian bagi Alumni AP, MP, dan
MPI dalam Menghadapi Tantangan di
Era Global Abad 21, 1(1).
Khair, F., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2021).
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kinerja
Guru. Simposium Nasional Gagasan
Keprofesian bagi Alumni AP, MP, dan
MPI dalam Menghadapi Tantangan di
Era Global Abad 21, 1(1).
Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019).
Improving 21st-century teaching
skills: The key to effective 21st-century
learners. Research in Comparative and
International Education, 14(1), 99-117.
Malik, R. S. (2018). Educational challenges in
st century and sustainable
development. Journal of Sustainable
Development Education and
Research, 2(1), 9-20.
Mann, T. (2015). The Oxford Guide to Library
Research. New York: Oxford
University Press.
Muhassanah, N. A. (2020). Pengaruh
Kepemimpinan Kepala Sekolah
Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar
Di Banyumas. utile: Jurnal
Kependidikan, 6(1), 66-77.
Ndoen, E., & Manurung, A. S. (2021).
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru
Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan
Balaraja. Jurnal Inovasi
Penelitian, 2(3), 1025-1036.
Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J.
(2019). Kepemimpinan situasional
untuk meningkatkan daya saing
luaran pendidikan abad 21. JAMP:
Jurnal Administrasi dan Manajemen
Pendidikan, 2(2), 40-48.
Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala
Sekolah dalam Menghadapi Era
Revolusi Industri 4. 0: Perspektif
Sosiologi Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).
Ratnasari, D., Roemintoyo, R., & Winarno, W.
(2018). Implementasi Teknik Supervisi
Akademik Kepala Sekolah Terhadap
Tenaga Pendidik Sekolah Dasar untuk
Menghadapi Era Digital. JMSP (Jurnal
Manajemen dan Supervisi
Pendidikan), 3(1), 12-15.
Salmia, S., Rosleny, R., & Idawati, I. (2020).
Kepemimpinan Kepala Sekolah
Menuju Pembelajaran Abad
Indonesian Journal of Primary
Education, 4(1), 1-10.
Sihotang, H. (2020). Kepemimpinan
Transformasional dan Pemberdayaan
Guru dalam Tranformasi Pendidikan
0. Jurnal Dinamika
Pendidikan, 13(2), 204-215.
Sudika, I. W. (2020). Kepemimpinan Kepala
Sekolah Dasar Pada Era Revolusi
Industri 4.0 dan Pandemi Covid
Edukasi: Jurnal Pendidikan
Dasar, 1(2), 113-124.
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century
skills: learning for life in our times.
New Jersey: Jossey Bass.
Wagbara, S. O. (2019). Promoting Sustainable
Development in the 21st Century: The
Role of Marketing
Education. International Journal of
Advanced Studies in Business
Strategies and Management, 7(1), 31-
Wongwatkit, C., & Nupap, S. (2018). A
Constructionism-Based Integrated
Learning Framework to Promoting 21
st Century Learners of IT School.
In 2018 Global Wireless Summit
(GWS) (pp. 142-146). IEEE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.