Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dalam Menghadapi Krisis Peradaban

Authors

  • Dewi Siti Solihah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.3433

Keywords:

Kurikulum merdeka, karakter, kriris peradaban.

Abstract

Dalam penelitian ini dideskripsikan mengenai rangkaian tindakan yang berkaitan dengan implikasi pendidikan karakter dalam mengahadapi krisis peradaban. Pendekatan studi kepustakaan digunakan pada penelitian ini. Untuk memperkuat karakter anak khususnya di sekolah dasar dapat dilakukan dengan mengimplementasikan sebuah program penguatan pendidikan karakter yang sudah tertuang di dalam kurikulum yang sekarang mulai digunakan yaitu kurikulum merdeka. Dalam kurikulum ini terdapat penguatan pendidikan karakter yaitu melalui penerapan profil pelajar Pancasila. Sasarannya yaitu pelajar yang memiliki rasa keimanan dan ketakwaan serta akhlak yang mulia; memiliki rasa kebhinekaan yang global; selalu mengutamakan gotong royong; bersikap mandiri; memiliki kreativitas serta bernalar kritis. Dari penelitian ini dihasilkan penarikan kesimpulan bahwa penguatan pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam menghadapi krisis peradaban pada peserta didik. Penanaman nilai karakter ini diterapkan berdasarkan kurikulum di Indonesia yaitu kurikulum merdeka. Di dalam Kurikulum ini terdapat program mengenai penguatan pendidikan karakter yang harus diterapkan terhadap anak. Semua itu terangkum dalam sebuah proyek yaitu menyangkut penguatan karakter dalam profil pelajar Pancasila. Dengan begitu, maka anak dapat memiliki karakter yang kuat yang tertanam sejak dini sesuai dengan yang ada dalam sila Pancasila.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Y. (2022). Program Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Aningsih, Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371–380. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029

Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230614535.pdf

Chang, H. (2022). Machine Translated by Google Acta Psychologica Transisi longitudinal profil laten karakter moral siswa sekolah dasar dan verifikasi faktor prediktif di Korea. 230(September).

Febriyanti, N., Guru, P., Dasa, S., Indonesia, U. P., Madya, I., Karsa, M., & Dewantara, K. H. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. 5, 1631–1638.

Hendriani, A. Herlambang, Y, T, Rohayati, E & Setiawan, D (2020). Critical Multiliteration: An Alternative Learning Model for Developing Metacognition Skills in Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series 1764 (1)

Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif (Y. A. dan R. A. Kusumaningtyas (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Herlambang, Y, T, Abidin, Y. Hernawan, A H, & Setiawan, D (2020). The Impact Of Science Learning Multiliteration Model Based On Futuristic Pedagogic Approach To Metacognition Ability Of Basic School Students. International Conference on Elementary Education. Vol 2 (1). 1620-1627.

Hukum, F., & Brawijaya, U. (n.d.). Pen d id ik an k arakter adala h s eb uah k eh ar u san. 1(1), 113– 128.

Irianto, D, M. Yunansah, H. Mulyati, T, Herlambang, Y, T. Setiawan, D. (2021). The Effectiveness of Multiliteration Learning Models in Increasing Ecological Literacy of Primary School Students. Journal of Physics: Conference Series 1764 (1),

Izzati, U. A., Bachri, B. S., Sahid, M., Eka, D., & Berbakat, I. M. (2019). Artikel Penelitian Pendidikan Karakter : Perbedaan Gender dalam Pengetahuan Moral , Moral Feeling , dan Moral Action di Sekolah Dasar di Indonesia Karakter : Perbedaan Gender dalam Pengetahuan Moral , Perasaan Moral , dan Tindakan Moral di Sekolah Dasar d. 7(September), 547–556.

Jeynes, W. H. (2019). A Meta-Analysis on the Relationship Between Character Education and Student Achievement and Behavioral Outcomes. Education and Urban Society, 51(1), 33–71. https://doi.org/10.1177/0013124517747681

Margo Irianto, D., Yunansah, H., Mulyati, T., Tri Herlambang, Y., Setiawan, D., Setiawan Multılıteracy, D., & Learnıng Models, A. (2020). Multiliteracy: Alternative Learning Models To Improve Ecological Literacy of Primary School Students. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(9), 614–632. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/3489

Ma’rifatullah, M., Ampa, A. T., & Azis, A. (2019). Teachers’ Pedagogic Competence in Teaching English At Sman 1 Sanggar in Bima. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 8(1), 90–100. https://doi.org/10.26618/exposure.v8i1.2087

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Nasucha, Y., Huda, M., & Ratih, K. (2022). Machine Translated by Google Heliyon Nilai-nilai pendidikan profetik dalam buku ajar bahasa Indonesia : pilar kesantunan positif dan pendidikan karakter Harun Joko Prayitno. 8(September 2021).

Nur TRi Atika, Husni Wakhuyudin, K. F. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.

Nuryani, P. Abidin, Y, & Herlambang, Y, T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. Vol 11 (2). 117-126.

Purnama, S., Ulfah, M., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Machine Translated by Google Apakah literasi digital memengaruhi risiko online siswa ? Bukti dari. 7(April).

Putri, G. R., & Pandin, M. G. R. (2019). The urgency of Pancasila values as a form of millennial generation character education. Preprints, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.20944/preprints202106.0301.v1

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Rusmiati M N, Ashifa R, Herlambang, Y T (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 7 (2).

Sabon, Y. O. S., Istiyono, E., & Widihastuti, W. (2022). Developing “Pancasila Student Profile” instrument for self-assessment. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 37–46. https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.45144

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sawitri, S., Rahayu, N. T., Fatmawati, E., Zaelani, M., Elihami, E., & Arif, M. (2021). Implementation of Java cultural education in elementary school in Yogyakarta. Linguistics and Culture Review, 5(S3), 1285–1298. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1905

Sosial, I., Terbuka, H., Sosial, I., Terbuka, H., Birhan, W., B, G. S., C, A. A., & B, M. T. (2021). Menggali konteks pengajaran pendidikan karakter pada anak di sekolah dasar dan sekolah dasar. 4(2001).

Tohri, A., Rasyad, A., Sururuddin, M., & Istiqlal, L. M. (2022). The urgency of Sasak local wisdom- based character education for elementary school in East Lombok, Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 333–344. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21869

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuni, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Wahid, R., Tri Herlambang, Y., Hendrayani, A., & Susilo, V. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1632. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2397

Watimena, R. . (2022). Merancang Revolusi Pendidikan Indonesia Abad 21. Rumah Filsafat, February, 1–211.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Solihah, D. S., & Muhtar, T. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dalam Menghadapi Krisis Peradaban. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 412–425. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.3433