Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membuat Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Mia Nurkanti FKIP, Universitas Pasundan, Bandung, Jl.Tamansari No. 4-8 Bandung
  • Maesaroh Lubis Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3238

Keywords:

Keterampilan, Menulis, Karya Ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menulis ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan Bandung dan mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa dari masing-masing program studi yaitu kelas A dan B Program studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan yang terdiri dari 62 siswa laki-laki dan perempuan yang dipilih secara sengaja. Kelas A dan B Program Studi PGSD yang berjumlah 71 mahasiswa. Setelah mahasiswa ditugaskan untuk menulis makalah secara berkelompok, setiap bagian tulisan mahasiswa tersebut dianalisis dan diberi skor. Hasil kegiatan menulis mahasiswa dipajang dan dipresentasikan dalam bentuk power point sebelum dikumpulkan sebagai tugas kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa masih rendah yang dibuktikan dengan rerata skor sebagai berikut ; Pendahuluan, 3,54; Masalah Penelitian, 3.05; Tinjauan Pustaka, 3.40, Presentasi Powerpoint, 3.4 dan Referensi (4.00).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amonson, S. (1977). Gaya penulisan

ilmiah. Esai Ilmuwan Informasi , 3 , 1977-78.

Cahyani, Isah. 2010. “Peningkatan

Kemampuan Menulis Makalah Melalui

Model Pembelajaran Berbasis

Penelitian Pada Mata Kuliah Umum

Bahasa Indonesia.” Sosiohumanika:

Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan

Kemanusiaan 3(2):175–92.

Duplikat, Yaron. 2003. “Implementasi dan

Penilaian Pembelajaran Berbasis

Proyek dalam Lingkungan yang

Fleksibel.” Jurnal Internasional

Pendidikan Teknologi dan Desain

(3):255–72. doi:

1023/A:1026125427344.

Hartono, Deni Puji, dan Siti Asiyah. 2019.

“PENERAPAN MODEL PROJECT

BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP

PENINGKATAN KREATIVITAS

MAHASISWA GEOGRAFI DI

UNIVERSITAS PGRI Suvarnabhumi

PALEMBANG.” JURNAL

SWARNABHUMI : Jurnal Geografi

Dan Pembelajaran Geografi 4(1). DOI:

31851/Suvarnabhumi.v4i1.2659.

Henk, moed F., dan judit bar Ilan. 2016.

“Metodologi Baru untuk

Membandingkan Google Scholar dan

Scopus Henk F . Moed*, Judit BarIlan** dan Gali Halevi**** Penasihat

Ilmiah Senior, Amsterdam, Belanda.

Email : [email protected] **

Jurusan Ilmu Informasi , Universitas

Bar-Ilan.” 1–36.

Machi, Lawrence A., Brenda T. Mcevoy,

Tinjauan Pustaka: Enam Langkah

Menuju Sukses Unduh Populer ,

Tinjauan Pustaka: Enam Langkah

Menuju Sukses Baca Unduh , Tinjauan

Pustaka : Enam Langkah Menuju

Sukses Unduh PDF Gratis, KLIK.”

Mumpuni, A., & Nurbaeti, RU (2019).

Analisa faktor yang mempengaruhi

minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA

CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik , 3

(2), 123-132.

Nasution, MK (2016). Riset fenomenal.

Harian Analisa .

Nanuru, RF (2018, 3 Mei). MENYIKAPI

LEMAHNYA GELIAT PUBLIKASI

ILMIAH DI KOPERTIS WILAYAH XII,

MALUKU DAN MALUKU UTARA.

https://doi.org/10.31227/osf.io/fkmru

Peralta-Pizza, Fernando, David C. Pinzón,

Hernando G. Gaitán, Javier EslavaSchmalbach, and Nelcy RodriguezMalagon. 2019. “Google Cendekia

untuk Mengidentifikasi Studi

Penelitian.” Cochrane Database of

Systematic Review 2019(1). doi: 10.1002/14651858.MR000049.

Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I.,

Asbari, M., Santoso, P., Saifuddin, M.,

Hyun, C., Wijayanti, L., Ong, freddy, &

kusumaningsih, W. ( 2020). Minat dan

Hambatan Publikasi Artikel pada

Jurnal Internasional Bereputasi: Studi

Eksploratori pada Mahasiswa

Doktoral di Sebuah Perguruan Tinggi

Swasta di Jakarta. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 4(1), 219-228.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v

i1.348

Soviyah, Siti. 2019. “Perpustakaan IAIN

Pekalongan Perpustakaan IAIN

Pekalongan.” Jurnal Ekonomi Islam

(Bauran Pemasaran).

Sulaiman, Ahmad. 1967. “KONTRIBUSI

MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN

KERJA TERHADAP KINERJA GURU

DI MADRASAH TSANAWIYAH

SEKECAMATAN PERCUT SEI TUAN.”

Edisi Internasional Angewandte

Chemie, 6(11), 951–952. 5–24.

Suriani, ade irma, dan Syamsul Hadi. 2019.

“Kebijakan Literasi Digital Bagi

Pengembangan Karakter Peserta

Didik.” JKPD) Jurnal Kajian

Pendidikan Dasar 7:54–64.

Wasmana. 2011. “Penulisan Karya Ilmiah.”

Stkip Siliwangi Bandung 1–47.

Zubaidah, Siti. 2019. “Pendidikan Biologi

Dalam Perkembangan Revolusi

Industri.” Seminar Nasional

Pendidikan Biologi Dengan Tema

“Biologi Di Era Revolusi Industri 4.0:

Riset Dan Pembelajaran” Di FKIP

Univesitas Negeri Jakarta

(Desember):1–22

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Nurkanti, M., & Lubis, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membuat Karya Tulis Ilmiah . Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1586–1592. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3238