Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membuat Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3238Keywords:
Keterampilan, Menulis, Karya IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menulis ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan Bandung dan mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa dari masing-masing program studi yaitu kelas A dan B Program studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan yang terdiri dari 62 siswa laki-laki dan perempuan yang dipilih secara sengaja. Kelas A dan B Program Studi PGSD yang berjumlah 71 mahasiswa. Setelah mahasiswa ditugaskan untuk menulis makalah secara berkelompok, setiap bagian tulisan mahasiswa tersebut dianalisis dan diberi skor. Hasil kegiatan menulis mahasiswa dipajang dan dipresentasikan dalam bentuk power point sebelum dikumpulkan sebagai tugas kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa masih rendah yang dibuktikan dengan rerata skor sebagai berikut ; Pendahuluan, 3,54; Masalah Penelitian, 3.05; Tinjauan Pustaka, 3.40, Presentasi Powerpoint, 3.4 dan Referensi (4.00).
Downloads
References
Amonson, S. (1977). Gaya penulisan
ilmiah. Esai Ilmuwan Informasi , 3 , 1977-78.
Cahyani, Isah. 2010. “Peningkatan
Kemampuan Menulis Makalah Melalui
Model Pembelajaran Berbasis
Penelitian Pada Mata Kuliah Umum
Bahasa Indonesia.” Sosiohumanika:
Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan
Kemanusiaan 3(2):175–92.
Duplikat, Yaron. 2003. “Implementasi dan
Penilaian Pembelajaran Berbasis
Proyek dalam Lingkungan yang
Fleksibel.” Jurnal Internasional
Pendidikan Teknologi dan Desain
(3):255–72. doi:
1023/A:1026125427344.
Hartono, Deni Puji, dan Siti Asiyah. 2019.
“PENERAPAN MODEL PROJECT
BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP
PENINGKATAN KREATIVITAS
MAHASISWA GEOGRAFI DI
UNIVERSITAS PGRI Suvarnabhumi
PALEMBANG.” JURNAL
SWARNABHUMI : Jurnal Geografi
Dan Pembelajaran Geografi 4(1). DOI:
31851/Suvarnabhumi.v4i1.2659.
Henk, moed F., dan judit bar Ilan. 2016.
“Metodologi Baru untuk
Membandingkan Google Scholar dan
Scopus Henk F . Moed*, Judit BarIlan** dan Gali Halevi**** Penasihat
Ilmiah Senior, Amsterdam, Belanda.
Email : [email protected] **
Jurusan Ilmu Informasi , Universitas
Bar-Ilan.” 1–36.
Machi, Lawrence A., Brenda T. Mcevoy,
Tinjauan Pustaka: Enam Langkah
Menuju Sukses Unduh Populer ,
Tinjauan Pustaka: Enam Langkah
Menuju Sukses Baca Unduh , Tinjauan
Pustaka : Enam Langkah Menuju
Sukses Unduh PDF Gratis, KLIK.”
Mumpuni, A., & Nurbaeti, RU (2019).
Analisa faktor yang mempengaruhi
minat baca mahasiswa PGSD. DWIJA
CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik , 3
(2), 123-132.
Nasution, MK (2016). Riset fenomenal.
Harian Analisa .
Nanuru, RF (2018, 3 Mei). MENYIKAPI
LEMAHNYA GELIAT PUBLIKASI
ILMIAH DI KOPERTIS WILAYAH XII,
MALUKU DAN MALUKU UTARA.
https://doi.org/10.31227/osf.io/fkmru
Peralta-Pizza, Fernando, David C. Pinzón,
Hernando G. Gaitán, Javier EslavaSchmalbach, and Nelcy RodriguezMalagon. 2019. “Google Cendekia
untuk Mengidentifikasi Studi
Penelitian.” Cochrane Database of
Systematic Review 2019(1). doi: 10.1002/14651858.MR000049.
Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I.,
Asbari, M., Santoso, P., Saifuddin, M.,
Hyun, C., Wijayanti, L., Ong, freddy, &
kusumaningsih, W. ( 2020). Minat dan
Hambatan Publikasi Artikel pada
Jurnal Internasional Bereputasi: Studi
Eksploratori pada Mahasiswa
Doktoral di Sebuah Perguruan Tinggi
Swasta di Jakarta. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 4(1), 219-228.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v
i1.348
Soviyah, Siti. 2019. “Perpustakaan IAIN
Pekalongan Perpustakaan IAIN
Pekalongan.” Jurnal Ekonomi Islam
(Bauran Pemasaran).
Sulaiman, Ahmad. 1967. “KONTRIBUSI
MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN
KERJA TERHADAP KINERJA GURU
DI MADRASAH TSANAWIYAH
SEKECAMATAN PERCUT SEI TUAN.”
Edisi Internasional Angewandte
Chemie, 6(11), 951–952. 5–24.
Suriani, ade irma, dan Syamsul Hadi. 2019.
“Kebijakan Literasi Digital Bagi
Pengembangan Karakter Peserta
Didik.” JKPD) Jurnal Kajian
Pendidikan Dasar 7:54–64.
Wasmana. 2011. “Penulisan Karya Ilmiah.”
Stkip Siliwangi Bandung 1–47.
Zubaidah, Siti. 2019. “Pendidikan Biologi
Dalam Perkembangan Revolusi
Industri.” Seminar Nasional
Pendidikan Biologi Dengan Tema
“Biologi Di Era Revolusi Industri 4.0:
Riset Dan Pembelajaran” Di FKIP
Univesitas Negeri Jakarta
(Desember):1–22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.