Resilience in Early Childhood

Authors

  • Maesaroh Lubis
  • Rikha Surtika Dewi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1589

Keywords:

Resiliensi, Anak Usia Dini

Abstract

Berbagai perubahan dalam situasi dan keadaan seorang individu akan disikapi beragam bergantung dengan bagaimana seorang individu tersebut memiliki kemampuan penyesuaian diri dalam berbagai situasi terutama situasi yang dianggap tidak menyenangkan atau penuh tekanan. Kemampuan penyesuaian diri tersebut tidak terbentuk begitu saja, banyak faktor yang mempengaruhi pembentukannya dan berproses sejak anak usia . Sejalan dengan tumbuh dan kembangnya seluruh aspek perkembangan, maka salah satu yang juga turut berkembang adalah kemampuan penyesuaian diri terhadap situasi tidak menyenangkan atau resiliensi, kemampuan kontrol diri, berempati, menghargai dan menghormati orang lain serta mampun menyemangati diri sendiri merupakan bentuk-bentuk resliensi. Membangun resiliensi pada anak usia dini tidak lepas dari peran serta orang tua atau keluarga melalui pengasuhan, lingkungan  atau peran pendidik di sekolah dan karakteristik individu itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brooks, Robert., Goldstein, Sam. 2001. Raising Resilient Children. McGraw-Hill.

Brooks, Robert., Goldstein, Sam. 2005. Handbook of Resilience in Children. Springerlink

Davis, N.J. (1999). Resilience: Status of research and research-based programs. Working paper, Center for Mental Health Services, Substance Abuse and Mental Health Services Administration, U.S. Department of Health and Human Services; Rockville

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to write a literature review. Journal of criminal justice education, 24(2), 218-234.

Hamid Patilima. 2015. Resiliensi Anak Usia Dini. Alfabeta: Jakarta

Grotberg, E. H. (2001). Resilience programs for children in disaster. Ambulatory Child Health. https://doi.org/10.1046/j.1467-0658.2001.00114.x

Masten, A.S & Gewirtz, A.H.2006. Resilience In Development: The Importence Of Early Childhood. Ensyclopedia On Early Childhood Development. Centre of Excellence for Early Childhood Development-University of Minnesota, USA.

Miller-Lewis et al. 2013. Resource factors for mental health resilience in early childhood: An analysis with multiple methodologies. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 7:6 http://www.capmh.com/content/7/1/6

Reivich, K. and Shatté, A. 2002. The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. Broadway Books.

Suyanto, Slamet. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Depdiknas.

VandenBos (2015). APA dictionary of psychology, second edition, USA: American Psychological Assosiation

Wolin, S. J., & Wolin, S. (1993). The Resilient Self How Survivors of Troubled Families Arise above Adversity. New York Villard Books.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Lubis, M., & Surtika Dewi, R. (2021). Resilience in Early Childhood. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1069–1077. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1589