Perbedaan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Inquiry Bebas Terhadap Self-Confidence Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3067Keywords:
inquiry terbimbing, inquiry bebas, self-confidenceAbstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi mengarah pada kemajuan dunia, oleh karena itu pendidikan sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui ada perbedaan model pembelajaran inquiry terbimbing dengan inquiry bebas terhadap self-confidance dan pembelajaran IPS SiswaKelas IV Wilayah II Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Metode penelitian ini adalah eksperimen murni (true experiment), dengan menggunakan dua kelompok sebagai sampel penelitian. Alasan penggunaan model eksperimen murni dalam penelitian ini bahwa peneliti tidak dapat mengendalikan sepenuhnya kedua kelompok yang diteliti karena tidak semua variabel luar dapat dikontrol, sehingga perubahan yang terjadi tidak sepenuhnya oleh pengaruh perlakuan. Hasil penelitian Tidak ada perbedaan yang signifikan dengan kata lain tidak ada perbedaan yang berarti antara model pembelajaran inquiry terbimbing dengan model inquiry bebas pada pembelajaran IPS kelas IV
Downloads
References
Anderson, L. W. dan D. R. K. (2015). KerangkaLandasanUntukPembelajaran, Pengajaran, dan AsesmenRevisiTaksonomi Pendidikan Bloom (Pustaka belajar (ed.)
Bachtiar, Alam. Tampil Beda dan Percaya Diri itu Ada Seninya, Yogyakarta: Araska, 2019.
Bhuono, A. N. (2005). Strategi jitu memilih metode statistik Penelitian dengan SPSS (Penerbit Abdi (ed.)
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2017.
Eggen, P. D. K. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran (PT. Indeks (ed.)
Febrianti. (2019). Profil self-confidence (Kepercayaandiri) siswa pada pembelajaranmatematikakelas X SMA N 7 Pekanbaru.
Hannula, M. S., Maijala, H., & P., & E. (2004). Development Of Understanding AndSelf_Confidence In Mathematics.
Khoirul Anam. (2016). pembelajaran Berbasis Inkuiri (Pustaka Belajar (ed.)
Kunandar. (2011). Guru ProfesionalImplementasiKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan SuksesDalamSertifikasi Guru (RajawaliPers (ed.)
Muhammad Sandi Ferdian dan Muhammad Sujarwo. (2015). Kumpulan Materi Bimbingan Konseling (P. MPI (ed.)
Mulyasa. 2015. Menjadi Guru Profersiona lMenciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Mustika. (2021). Hubungan Rasa PercayaDiriSiswaDengan Hasil Belajar Ips Kelas V Min 4 Bandar Lampung.
Nana Sudjana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.
Nofalia. (2018). Pengaruh Metode Inquiry Berbantu Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Min 4 Bandar Lampung.
Riyanto. (2012). Metodologi penelitian pendidikan.
Sanjaya. (2014). Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Kencana (ed.)
Sardiman. (1996). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Singarimbun, masri dan Sofian Effendi. (2013). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES
Siregar, Eviline & Hartini Nara. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta : Ghalia Indonesia
Suhanadji & Roesminingsih. (2018). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya
Ani Nuraeni. 2013. Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Pada Aspek Kognitif Peserta Didik (Penelitian Eksperimen Pada Materi Geografi Di Kelas X Sman 6 Cimahi). Jurnal Gea Volume 13 Nomor 2,
DessyIndrianti. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Volume 6, Nomor 5, Juni 2018, Halaman 305 ISSN: 2338-1183
Romli. (2015). Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV Mi Nu 40 Bangunrejo Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Stankov, L., Lee, J., Luo, W., & Hogan, D., & J. (2012). Confidence : A better predictor of academic achievement than self-efficacy , self-concept and anxiety ? Learning and Individual Differences. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lindif.2012.0 5.013
Tabrani (2022). Perbandingan Model PembelajaranInkuiri Dan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Murid Pada Muatan Pembelajaran Ips Kelas V GugusIi Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo
Winarno surakhmad, Pengantar interaksi mengajar-belajar, (bandung;Tarsito, 1986), hlm. 95. 2 Roestiyah N.K , Strategi belajar mengajar, (Jakarta; Rineka cipta, tth), hlm. 75. 3 Jamal ma’mur asmani, Tips menjadi guru inspiratif, kreatif, dan inovatif, (Jogjakarta; Diva Press, 2009), hlm. 159
Wina sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta; Kencana prenada media group, 2006), hlm. 208. 8 Trianto, Mendesain model pembelajaraninovatif-progresif, (Jakarta; Kencana, 2010), hlm. 114 – 115
.K, C. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: The meta_analysis of Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). International Journal of Instruction,.https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.1224 3a
Nufus, H., Duskri, M., & B. (2018). Mathematical Creative Thinking and Student Self-Confidence in the Challenge-Based Learning Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(2), 57–68.
Raihan, M. D., Anwar, C., Firdos, H., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Terbuka, U. (n.d.). Pengaruh Model PembelajaranInduktif Dan Self- Confidence TerhadapKemampuanPemahamanKonsep. Jurnal Pendidikan Dasar, P-ISSN 208
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.