Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3019Abstract
Kemandirian belajar siswa sangat penting ketika belajar, serta sikap kemandirian ini juga dapat membimbing diri siswa menuju perilaku yang baik. Untuk mengetahui kemandirian belajar IPS melalui strategi outdoor learning pada siswa kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini, penelitian eksperimen, biasanya memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment sedangkan yang kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apa-apa. Strategi Outdoor learningberpengaruh terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD, Hal ini berdasarkan tableequal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, danjugaterlihatdarirata-ratakemandirian belajar padastrategi outdoor learningadalah60,00.
Downloads
References
Aditiya, dedy, yusuf. (2016). Pengaruh
Penerapan Metode Pembelajaran
Resitasi Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa. Jurnal SAP, Vol 1
No.
Agustina Ririn. (2019). Penerapan Metode
Outdoor Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas
Iv Di Sd Negeri 1 Way Halim Bandar
Lampung. 1–19.
Anderson, L. W. dan D. R. K. (2015).
Kerangka Landasan Untuk
Pembelajaran, Pengajaran, dan
Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan
Bloom (Pustaka belajar (ed.).
Arbayah. (2013). Model Pembelajaran
Humanistik. Vol. 13. No. 2.
Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh
Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor
Learning) Berbentuk Jelajah
Lingkungan Dan Motivasi Terhadap
Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana
Matematika dan Sains, 15(1), 1858–
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.
php/JPM/article/view/31695 (diakses
tanggal 1 Juli 2022)
Audrian, Dkk. (2022). Pengaruh Metode
Outdoor Learning Terhadap HAsil
Belajar IPS siswa Kelas V SD. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 9JPPSD). Universitas Negeri
Makassar
Casriatun. (2019). Strategi Pembelajaran
IPS Berbasis Outdoor Learning Dalam
Menumbuhkan Karakter Peduli Pada
Siswa. Tesis, 1–208.
Djamaluddin & wardana. 2019. Belajar Dan
Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan
Kompetensi Pedagogis. Cv. Kaaffah
Learning Center
Iskandar. (2016). Implementasi Teori
Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow
Terhadap Peningkatan Kinerja
Pustakawan. Vol. 4 no. 1.
Mahdiansyah, dkk. 2017. Penilaian
Kependidikan: Sistem Penilaian,
Hasil Belajar dan Kemampuan Guru
Melaksanakan Penilaian
Berdfasarkan Kurikulum 2013. Jakarta
Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu
Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi
Aksara
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan
implementasi pemikiran kurikulum.
Nana Sudjana. (2011). Dasar-Dasar Proses
Belajar Mengajar.
Nelfi Erlinda. (2017). Peningkatan Aktivitas
Dan Hasil Belajar Siswa Melalui
Strategi Kooperatif Tipe Team Game
Tournament Pada Mata Pelajaran
Fisika Kelas X Di Smk Darma Bakti
Alung. Jurnal Keguruan dan Ilmu
Tarbiah, 2 no.1.
Nurani, D. C., Sarwanto, S., & Rintayati, P.
(2018). The Influence of Guided
Inquiry-Based Outdoor Learning on
the Concept Mastery of Thematic
Learning by Fourth-Grade Students at
Primary School. International Journal
of Multicultural and Multireligious
Understanding, 5(4), 485.
https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.20
Nurani, S. (2018). Pengaruh Penggunaan
Metode Outdoor Learning Terhadap
Kemampuan Berpikir Aplikatif Siswa
Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik
di SDIT Insan Mandiri Jakarta.
Pendidikan, 1–226.
Nurwahidah. (2018). Pengaruh Pendekatan
High Order Thinking Skills (Hots)
terhadap hasil Belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial Murid Kelas Iv Sd
Inpres Bontomanai Kecamatan
Tamalate Kota Makassar.
Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018).
Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas
(Outdoor Learning) dengan
Pendekatan PMRI pada Materi
SPLDV. Jurnal Elektronik
Pembelajaran Matematika, 5(3), 217–
https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/d
ownload/26062/18276
Shomin. (2014). 68 Strategi pembelajaran
inovatif dalam kurikulum 2013.
Sumarmo, (2013) . Kemandirian Belajar:
Apa, Mengapa, dan Bagaiman
Dikembangkan pada Siswa. Makalah
Disajikan pada Seminar Pendidikan
Matematika di Jurusan Pendidikan
Matematika FPMIPA UNY
Taufik, et all. 2018. Pengaruh Kegiatan
Pembelajaran Outdoor Education
Terhadap Sikap Kemandirian Siswa
Dalam Pendidikan Jasmani. Program
Studi PGSD Penjas UPI Kampus
Sumedang Jl. Mayor Abdurrahman
No.211 Sumedang
Theofil, R. H. F. (2019). Pengaruh Efikasi
diri, konsep diri, dan lingkungan
sosial terhadap kemandirian dan
belajar siswa kelas XI Di SMA Santo
Bernardus Pekalongan. Skiipsi.
Yohanis. (2017). Pengaruh Outdoor
learning dan motivasi belajar
terhadap kemampuan kognitif Siswa
Kelas IV Pada Mata pelajaran IPS.
Tesis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.