Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros

Authors

  • Wahrani Sudirman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3019

Abstract

Kemandirian belajar siswa sangat penting ketika belajar, serta sikap kemandirian ini juga dapat membimbing diri siswa menuju perilaku yang baik. Untuk mengetahui kemandirian belajar IPS melalui strategi outdoor learning pada siswa kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam desain ini, penelitian eksperimen, biasanya memiliki dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment sedangkan yang kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apa-apa. Strategi Outdoor learningberpengaruh terhadap kemandirian belajar pada pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD, Hal ini berdasarkan tableequal variences assumed diperoleh nilai Sig. 0,005< 0,05, danjugaterlihatdarirata-ratakemandirian belajar padastrategi outdoor learningadalah60,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, dedy, yusuf. (2016). Pengaruh

Penerapan Metode Pembelajaran

Resitasi Terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa. Jurnal SAP, Vol 1

No.

Agustina Ririn. (2019). Penerapan Metode

Outdoor Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas

Iv Di Sd Negeri 1 Way Halim Bandar

Lampung. 1–19.

Anderson, L. W. dan D. R. K. (2015).

Kerangka Landasan Untuk

Pembelajaran, Pengajaran, dan

Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan

Bloom (Pustaka belajar (ed.).

Arbayah. (2013). Model Pembelajaran

Humanistik. Vol. 13. No. 2.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh

Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor

Learning) Berbentuk Jelajah

Lingkungan Dan Motivasi Terhadap

Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana

Matematika dan Sains, 15(1), 1858–

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.

php/JPM/article/view/31695 (diakses

tanggal 1 Juli 2022)

Audrian, Dkk. (2022). Pengaruh Metode

Outdoor Learning Terhadap HAsil

Belajar IPS siswa Kelas V SD. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 9JPPSD). Universitas Negeri

Makassar

Casriatun. (2019). Strategi Pembelajaran

IPS Berbasis Outdoor Learning Dalam

Menumbuhkan Karakter Peduli Pada

Siswa. Tesis, 1–208.

Djamaluddin & wardana. 2019. Belajar Dan

Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan

Kompetensi Pedagogis. Cv. Kaaffah

Learning Center

Iskandar. (2016). Implementasi Teori

Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow

Terhadap Peningkatan Kinerja

Pustakawan. Vol. 4 no. 1.

Mahdiansyah, dkk. 2017. Penilaian

Kependidikan: Sistem Penilaian,

Hasil Belajar dan Kemampuan Guru

Melaksanakan Penilaian

Berdfasarkan Kurikulum 2013. Jakarta

Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu

Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi

Aksara

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan

implementasi pemikiran kurikulum.

Nana Sudjana. (2011). Dasar-Dasar Proses

Belajar Mengajar.

Nelfi Erlinda. (2017). Peningkatan Aktivitas

Dan Hasil Belajar Siswa Melalui

Strategi Kooperatif Tipe Team Game

Tournament Pada Mata Pelajaran

Fisika Kelas X Di Smk Darma Bakti

Alung. Jurnal Keguruan dan Ilmu

Tarbiah, 2 no.1.

Nurani, D. C., Sarwanto, S., & Rintayati, P.

(2018). The Influence of Guided

Inquiry-Based Outdoor Learning on

the Concept Mastery of Thematic

Learning by Fourth-Grade Students at

Primary School. International Journal

of Multicultural and Multireligious

Understanding, 5(4), 485.

https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.20

Nurani, S. (2018). Pengaruh Penggunaan

Metode Outdoor Learning Terhadap

Kemampuan Berpikir Aplikatif Siswa

Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik

di SDIT Insan Mandiri Jakarta.

Pendidikan, 1–226.

Nurwahidah. (2018). Pengaruh Pendekatan

High Order Thinking Skills (Hots)

terhadap hasil Belajar Ilmu

Pengetahuan Sosial Murid Kelas Iv Sd

Inpres Bontomanai Kecamatan

Tamalate Kota Makassar.

Rohim, A., & Asmana, A. T. (2018).

Efektivitas Pembelajaran di Luar Kelas

(Outdoor Learning) dengan

Pendekatan PMRI pada Materi

SPLDV. Jurnal Elektronik

Pembelajaran Matematika, 5(3), 217–

https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/d

ownload/26062/18276

Shomin. (2014). 68 Strategi pembelajaran

inovatif dalam kurikulum 2013.

Sumarmo, (2013) . Kemandirian Belajar:

Apa, Mengapa, dan Bagaiman

Dikembangkan pada Siswa. Makalah

Disajikan pada Seminar Pendidikan

Matematika di Jurusan Pendidikan

Matematika FPMIPA UNY

Taufik, et all. 2018. Pengaruh Kegiatan

Pembelajaran Outdoor Education

Terhadap Sikap Kemandirian Siswa

Dalam Pendidikan Jasmani. Program

Studi PGSD Penjas UPI Kampus

Sumedang Jl. Mayor Abdurrahman

No.211 Sumedang

Theofil, R. H. F. (2019). Pengaruh Efikasi

diri, konsep diri, dan lingkungan

sosial terhadap kemandirian dan

belajar siswa kelas XI Di SMA Santo

Bernardus Pekalongan. Skiipsi.

Yohanis. (2017). Pengaruh Outdoor

learning dan motivasi belajar

terhadap kemampuan kognitif Siswa

Kelas IV Pada Mata pelajaran IPS.

Tesis

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sudirman, W., Idawati, I., & Muhajir, M. (2023). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Simbang Kab. Maros. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1542–1557. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3019