Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wuring Kabupaten Sikka
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1878Keywords:
Pancasila values, Character Development, Citizenship EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila pada program kegiatan pengembangan karakter siswa yang dilakukan oleh guru melalui proses pembelajaran pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan memperlihatkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter siswa yaitu factor pendukung dan factor penghambat program madrasah baik secara eksternal maupun internal. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data, yang terdiri atas tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dilakukan melalui kegiatan rutin yaitu pada proses kegiatan belajar mengajar di dalam dan diluar kelas, keteladanan, pencontohan, pembiasaan, ekstrakurikuler. Adapun factor pendukung dan penghambat yaitu ketercapaian pemetaan budaya mutu system penjaminan mutu internal (SPMI), letak sekolah yang strategis, dukungan dari kepala sekolah, pendidik, stake holder, sarana prasarana, pemerintah daerah dan masyarakat serta dukungan orang tua siswa, sedangkan factor penghambatnya adalah pendanaan atau keuangan yang dialami oleh pihak madrasah sehingga pelaksanaan pemetaan mutu internal belum maksimal. Selain itu karakteristik dan latar belakang keluarga yang berbeda dari peserta didik. Ketersediaan Sarana Prasarana dan vasilitas yang dianggap kurang maksimal dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mempengaruhi pengembangan karakter siswa. Program pelaksanaan pengembangan karakter siswa juga tidak terlepas dari peran lingkungan masyarakat sebagai penyemai nilai-nilai dan norma aturan yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak juga dalam proses pengembangan karakter siswa sebagai generasi emas yang akan melanjutkan masa depan bangsa dan negara Indonesia dan menjadikan Pancasila sebagai jati diri bangsa dan negara Indonesia.
Downloads
References
Al-Jabbar, Al-Qadhi ‘Abd. 1970. Al-Ma’na fi Abwab al-Tawhid. Muassasah al-Miiriyah al-Ammah li al-Nasyr: Kairo
Al-Gazali. 1975. Ihya ‘Ulum al-Din. Al-Bab al-Isa al-Halabi: Kairo
Antari, Swandewi. Luh Putu., De Liska, luh. 2020. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa.Jurnal Widyadari. 21. 2.676-687
Ansar, Zainuddin. 2018. Sistem Nilai Ilmu Pengetahuan, (Online), (http://.ansarbinbarani.blogspot.com diakses 19 desember 2018)
Asmaroini, Puji. Ambiro., 2016. Implementasi Nilai-nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi.Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.4: 2.442-443.
Charda, S. Ujang. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.PT Raja Grafindo Persada: depok
Gischa, Serafica, 2021. Penerapan Nilai Ketuhanan Dalam Kehidupan Sehari-hari, (Online), (http://.amp.kompas.com diakses 27 januari 2021)
Gulo, W. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo Indonesia
Indra, Machful.Kurniawan.2013. Integrasi Pendidikan Karakter Kedalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 1: 1. 37-45
Joko, Wiyoko. 2013. Desain Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Kehidupan Kelas VIII MTs Negeri Barambai.Tesis tidak publikasikan. Banjarmasin: Program Pascasarjana Universitas Lambung. Mangkurat
Kalidjernih, K. Freddy., 2019. Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila.Jurnal Civics. 16: 1. 103-110
Mariatul, Kiftiyah. 2015. Penulisan Laporan Penelitian untuk Jurnal. Makalah disajikan dalam Pembelajaran PPKn pada SDN Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Amuntai Jarlit Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan 2015
Masnur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara: Jakarta
Moleong, J. Leksi., 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung
Moleong, L. J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustinda, Lusiana. 2020. Keutamaan Ilmu dalam Islam dan Dalilnya dalam Al-Qur’an, (Online), (http://.news.detik.com diakses 15 februari 2020)
Normoatmojo, Winarno. 2017. Penulisan Laporan Penelitian untuk Jurnal. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah AP3Knl di Surakarta, Jateng 25 Nopember 2017
Nur, Silay. 2014. Another Type of Character Education, Citizhensip Education. International Journal of Education.6: 2. 1
Octavian, Anugerah., Wendi. 2018. Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa.Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 5: 2. 123
Rofiah, Nafisatur. 2012. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi Pada Proses Pembelajaran PKn di MAN Kota Blitar.Skripsi di terbitkan. Malang: Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang
Sari, Permata.Intan., Arsip, Perangin-angin. and Nurul, Hasanah. 2019. Hubungan Nilai-nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Yayasan Pendidikan Esa Prakarsa Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. 8: 2
Sa’odah. Adilah, afifah., Dalila, Turhusna., Putri, Oktavia., Saomi, Solatun. 2020. Teori Belajar dan Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.Jurnal Edukasi dan Sains. 5:2. 316-318
Silalahi, Uber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama
Sri, Judiani., 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16:9. 282-284
Sulianti, Ani., Yusuf, Efendi., and Halimatus, Sa’diyah. 2020. Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.5: 1. 62-64
Sugiono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedi
Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Syahroni, Sariwandi. 2017. Peranan Orang Tua dan Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Jurnal Intelektualita. 1:6. 25-26. (Online), (http://jurnal.radenfatah.ac.id./index.php/inteletualita diakses 28 februari 2017)
Syamsul, Yuliani., Rohmad, Widodo., and Agus, Tinus. 2017. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Moral Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum.2: 1. 36-37
Yakob,Godlif., Malatuny. 2017. Civic Education: Teori dan Model Pembelajaran PKn, (Online), (http://godliefmalatuny. Blogspot.com, diakses 16 januari 2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.