Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wuring Kabupaten Sikka

Authors

  • Halimatun Sadia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhlis Madani Universitas Muhammadiyah Makassar, Jl. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1878

Keywords:

Pancasila values, Character Development, Citizenship Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila pada program kegiatan pengembangan karakter siswa yang dilakukan oleh guru melalui proses pembelajaran pada matapelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan memperlihatkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter siswa yaitu factor pendukung dan factor penghambat program madrasah baik secara eksternal maupun internal. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik analisis data, yang terdiri atas tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan karakter siswa melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dilakukan melalui kegiatan rutin yaitu pada proses kegiatan belajar mengajar di dalam dan diluar kelas, keteladanan, pencontohan, pembiasaan, ekstrakurikuler. Adapun factor pendukung dan penghambat yaitu ketercapaian pemetaan budaya mutu system penjaminan mutu internal (SPMI), letak sekolah yang strategis, dukungan dari kepala sekolah, pendidik, stake holder,  sarana prasarana, pemerintah daerah dan masyarakat serta dukungan orang tua siswa, sedangkan factor penghambatnya adalah pendanaan atau keuangan yang dialami oleh pihak madrasah sehingga pelaksanaan pemetaan mutu internal belum maksimal. Selain itu karakteristik dan latar belakang keluarga yang berbeda dari peserta didik. Ketersediaan Sarana Prasarana dan vasilitas yang dianggap kurang maksimal dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mempengaruhi pengembangan karakter siswa. Program pelaksanaan pengembangan karakter siswa juga tidak terlepas dari peran lingkungan masyarakat sebagai penyemai nilai-nilai dan norma aturan yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak juga dalam proses pengembangan karakter siswa sebagai generasi emas yang akan melanjutkan masa depan bangsa dan negara Indonesia dan menjadikan Pancasila sebagai jati diri bangsa dan negara Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jabbar, Al-Qadhi ‘Abd. 1970. Al-Ma’na fi Abwab al-Tawhid. Muassasah al-Miiriyah al-Ammah li al-Nasyr: Kairo

Al-Gazali. 1975. Ihya ‘Ulum al-Din. Al-Bab al-Isa al-Halabi: Kairo

Antari, Swandewi. Luh Putu., De Liska, luh. 2020. Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa.Jurnal Widyadari. 21. 2.676-687

Ansar, Zainuddin. 2018. Sistem Nilai Ilmu Pengetahuan, (Online), (http://.ansarbinbarani.blogspot.com diakses 19 desember 2018)

Asmaroini, Puji. Ambiro., 2016. Implementasi Nilai-nilai Pancasila bagi Siswa di Era Globalisasi.Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.4: 2.442-443.

Charda, S. Ujang. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.PT Raja Grafindo Persada: depok

Gischa, Serafica, 2021. Penerapan Nilai Ketuhanan Dalam Kehidupan Sehari-hari, (Online), (http://.amp.kompas.com diakses 27 januari 2021)

Gulo, W. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo Indonesia

Indra, Machful.Kurniawan.2013. Integrasi Pendidikan Karakter Kedalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 1: 1. 37-45

Joko, Wiyoko. 2013. Desain Integrasi Pendidikan Karakter ke Dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Kehidupan Kelas VIII MTs Negeri Barambai.Tesis tidak publikasikan. Banjarmasin: Program Pascasarjana Universitas Lambung. Mangkurat

Kalidjernih, K. Freddy., 2019. Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila.Jurnal Civics. 16: 1. 103-110

Mariatul, Kiftiyah. 2015. Penulisan Laporan Penelitian untuk Jurnal. Makalah disajikan dalam Pembelajaran PPKn pada SDN Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Amuntai Jarlit Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan 2015

Masnur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara: Jakarta

Moleong, J. Leksi., 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung

Moleong, L. J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mustinda, Lusiana. 2020. Keutamaan Ilmu dalam Islam dan Dalilnya dalam Al-Qur’an, (Online), (http://.news.detik.com diakses 15 februari 2020)

Normoatmojo, Winarno. 2017. Penulisan Laporan Penelitian untuk Jurnal. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah AP3Knl di Surakarta, Jateng 25 Nopember 2017

Nur, Silay. 2014. Another Type of Character Education, Citizhensip Education. International Journal of Education.6: 2. 1

Octavian, Anugerah., Wendi. 2018. Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa.Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. 5: 2. 123

Rofiah, Nafisatur. 2012. Implementasi Nilai-nilai Demokrasi Pada Proses Pembelajaran PKn di MAN Kota Blitar.Skripsi di terbitkan. Malang: Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang

Sari, Permata.Intan., Arsip, Perangin-angin. and Nurul, Hasanah. 2019. Hubungan Nilai-nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Yayasan Pendidikan Esa Prakarsa Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan. 8: 2

Sa’odah. Adilah, afifah., Dalila, Turhusna., Putri, Oktavia., Saomi, Solatun. 2020. Teori Belajar dan Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.Jurnal Edukasi dan Sains. 5:2. 316-318

Silalahi, Uber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Sri, Judiani., 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16:9. 282-284

Sulianti, Ani., Yusuf, Efendi., and Halimatus, Sa’diyah. 2020. Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.5: 1. 62-64

Sugiono, 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedi

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group

Syahroni, Sariwandi. 2017. Peranan Orang Tua dan Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Jurnal Intelektualita. 1:6. 25-26. (Online), (http://jurnal.radenfatah.ac.id./index.php/inteletualita diakses 28 februari 2017)

Syamsul, Yuliani., Rohmad, Widodo., and Agus, Tinus. 2017. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Moral Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum.2: 1. 36-37

Yakob,Godlif., Malatuny. 2017. Civic Education: Teori dan Model Pembelajaran PKn, (Online), (http://godliefmalatuny. Blogspot.com, diakses 16 januari 2017)

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Sadia, H., Madani, M., & Muhajir, M. (2022). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Pengembangan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wuring Kabupaten Sikka. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1349–1361. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.1878