Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Field Trip Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Telkom Makassar

Authors

  • Nurul Hidayah U Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • Abdul Aziz Muslimin Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • Hidayah Quraisy Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3165

Keywords:

Model Problem Based Learning dengan Metode Field Trip, Pembelajaran IPS SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan   untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Field Trip terhadap motivasi dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD Telkom Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan true eksperimen yang yang menggunakan rancangan pretest posttest only control. Penelitian ini dilibatkan oleh 2 kelas yaitu kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa dan guru, dan lembar aktivitas siswa serta guru. Hasil data posttest diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas control 61,66 % dengan kategori yakni sangat rendah yaitu 28,16%, rendah 31,25%, sedang 0%, tinggi 0% dan sangat tinggi berada pada presentase 0%. Nila rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,41. Hasil belajar IPS menggunakan model pemebelajaran Problem Based Learning mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amprasto, Rahmatika, R. A., & Solihat, R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Ekosistem Mangrove. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya,15(2). https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8723

Anggrayni, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Mengikuti Pelajaran Pengawetan Di Smk Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta (Studi Kasus Smk Negeri 1 Pandak Kelas X Teknologi Hasil Pertanian 1). Sereal Untuk, 51(1), 51.

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203.

Astuti, A. A. I. Y., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning Toward Students ’ Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 573–580.

Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Baruque, M. 2014. Learning Theory and Instructional Design Using Learning Objects. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(4): 343- 370.

Firdaus, A. (2020). Implementasi PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Video Motion Graphic Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.

Firdaus, C., Mauludyana, B., & Purwanti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Ilmu pendidikan dan ilmu sosial, 2(1), 43–52. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Halimah, S. (2019). Desain Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 680–685.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Peserta didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Sosial UNNES, 3(2).

Irwansyah, M. F. dan E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahapeserta didik. Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 8(April 2019), 16–20.

Jalaluddin, Waruwu, W. A. K., & Sari, S. M. (2019). Pemanfaatan Metode Field Trip Dalam Membangun Kolaborasi dan HOTS Mahapeserta didik. Prosiding Seminat Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 828–831.

Kipkoech, L. A. (2021). East African Journal of Education Studies Use of Field Trip Method in History and Government Instruction in Secondary Schools. East African Journal of Education Studies, 3(1), 70–76. https://doi.org/10.37284/eajes.3.1.

Kurniawan, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Field Trip Terhadap Keterampilan Pengamatan Pada Pembelajaran Tematik Tema 8 Kelas IV SDN 3 Sentolo Tahun 2018/2019. Jurnal FAI UNALAY, 3(2), 1–13.

Latif, R. A., Bahtiar, & Taslim D. Nur. (2021). Problem Based Learning Dengan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta didik Mi Cemara Jaya. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 171–179.

Lukita, D., & Subidjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Peserta didik di Era Pandemi COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Marisa, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta didik Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 01. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(9), 1689–1699.

Meneses, F. da C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 199–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003871

Oktaviani, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika (Studi Komparatif Pada Peserta didik Kelas X Di SMA Negeri 3 Palopo). Jurnal Tarbiyah IAIN Palopo, 2(1), 65–78.

Pada, P. C.-, Kelas, S., & Poso, V. S. D. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajat Di Masa Pandemi COVID 19 Pada Peserta didik Kelas V SDN 1 Poso. Jurnal Edutech, 8(1), 39–43.

Ramli, H., Syamsiah, D., & Umriah. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 222–227.

Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3710

Suparno. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta didik Pada Masa Pandemi COVID -19 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII C di SMP Negeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pekan, 7(1), 63–77.

Yasmini, I. G. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22.

Yetti, H., Jamilah, & Fitriya, N. (2021). Metode Pembelajaran Guru & Dosen Kreatif.

Zannah, Q. (2020). Penerapan Metode Field Trip Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecerdasan Naturalistik Peserta didik Pada Materi Tumbuhan Berbiji. Jurnal Biologi UNPIB, 68(1), 1–12.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nurul Hidayah U, Muslimin, A. A., & Quraisy, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Field Trip Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Telkom Makassar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3165