Perbedaan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Model Project Based Learning (PBL) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1707Keywords:
PBL, PJBL, saintifik, kemampuan pemecahan masalah.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan setelah diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) dengan pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 358 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih kelas Va SDI Pabangiang dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas Vb SDI Pabangiang dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelompok eksperimen 2.Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum diajar menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik berkategori sangat rendah dan setelah diajar menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik berkategori tinggi, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum diajar menggunakan model PJBL dengan pendekatan saintifik berkategori sangat rendah dan setelah diajar menggunakan model PJBL dengan pendekatan saintifik berkategori tinggi, dan (3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajar menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik dengan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diajar menggunakan model PJBL dengan pendekatan saintifik di kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Asrori, M. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Daryanto &Rahardjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134-142.
Fathurrohman, M. 2016. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Fauzi, M. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Semarang: Walisongo Press.
Gunantara, Gd. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Hasan. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indarwati, Desi,dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1).
Irawati, A. 2013. Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Tipe TAI pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palopo. Tesis Tidak di Terbitkan. Makassar: PPs UNM.
Isriani & Puspitasari, D. 2015. Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.
Juniawan, R. P., & Zainil, M. 2019. Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SD Kecamatan Padang Utara. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(9).
Karmila. 2015. Evektivitas Pembelajaran INQUIRY SETTING Kooperatif dengan pendakatan pemecahan masalah pada materi segiempat peserta didik SMP NEGERI 4 PALOPO. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Mawaddah, S. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pembelajaran Genaratif (Generative Learning ) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Mulyasa, E. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar,Jakarta:Rineka Cipta.
Nasrullah. 2005. Kaitan Antara Pembelajaran Kontekstual (CTL) Dengan Kemampuan pemecahan masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 5, No. 2.
Nata, A. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Paeba, D. S. 2014.Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think Grup Share (TGS) Dalam Pembelajaran Matematika Pada siswa Kelas VII SMP Se-Kecamatan Ujung loe Kabupaten bulukumba: Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Rahmawati. 2011. Perbandingan Keefektifan Model pembelajaran Berbasis masalah dan pendekatan Auditory Intelecktually Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Matematika berdasarkan Perbedaan Gender pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Saefudin, A & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. Q. 1996. Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan Pustaka.
. 2013. Al-Qur’an dan Maknanya. Tangerang: Lentera Hati.
Sitiatava, P. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung:JICA.
Syafaruddin. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kooparatif Student Team Achievement Division and Tournament (STADAT) dalam pembelajaran matematika. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Trihasari, S., Haji, S. T. S., & Nirwana, N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 94-102.
Wardhani,Sri,dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SMP PPPPTK Matematika. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Widiasworo, E. 2016. Strategi dan Metode Mengajar Siswa diluar Kelas (Outdoor Leaning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.