Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Firmansah Koesyono Efendi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rosleny B Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Agustan S Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1654

Keywords:

PembelajaranTerpadu, Webbed, Media Teknologi.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Campagaloe 1 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan media teknologi. Metode penelitian menggunakan, tes tertulis (essay), observasi, dokumentasi. Subyek penelitian berada di sekolah gugus 29 campagaloe siswa kelas V, sebagai sampel Sekolah Dasar Inpres Campagaloe 1 dan Sekolah Dasar 29 Campagaloe dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran terpadu efektif dan dapat meningkatkan kualitas siswa berdasarkan numerik tabel dengan signifikan 5% = 2,000 <thitungsebesar = 6, 629 untuk thitung peningkatan kualitas pembelajaran siswa.  Tabulasi frekuensi kategori pembelajaran Posttest pada kelas kontrol tanpa berbantuan media teknologi tidak terdapat sejumlah siswa memperoleh nilai 90 pada model pembelajaran terpadu tipe webbed hanya berada pada nilai tertinggi 80, ketimbang kelas eksperimen pada pembelajaran model terpadu tipe webbed berbantuan media teknologiterdapat sejumlah siswa memperoleh nilai 90.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo. Persada.

Aswan Zain dan Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi. 2005. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi. Angkasa

Daryanto. 2014. Pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Grava Media.

David W. Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Jakarta: Nusamedia.

Departemen Agama Republik indonesia. 2009. Al- Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta : ustaka Alfatih.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Naskah Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Enco Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fuad, Ihsan. 2005. Dasar-dasar Kependidikan. PT Rineka Cipta, Jakarta. Ginting.

Furchan, Arief. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gafur Abdul. 2001. Desain Instruksional Suatu Langkah Sistematis. Penyusun Pola Kegiatan Belajar dan Mengajar. Solo: Tiga.

Gronlund, N. E. And Linn, R. L. 1990. Mesurement and Evaluation In Teaching Edition. New York: Mack Millan Publishing Company.

Hamalik, Oemar. 2005 . Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara.

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Hermawan, Novi Resmini, dan Andayani. 2009. Pembelajaran Terpadu Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

(http://prayudi. wordpress. com/2007/05/15/proses-pembelajaran)

Ibrahim, dkk. 2003. Perencanaan Pengajaran. Bandung: PT . Remaja.

Irianto Agus. 2015. Statistik Konsep Dasar, aplikasi dan pengembangan. Jakarta: Kencana.

J. Supranto. 2009. StatistikTeoridanAplikasi, Jakarta: Erlangga.

Karli, H. Dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT RajagrafindoPersada.

Miarso, Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.

Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanang Agus Isnantoro. 2009. Keterlaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta.

Pusat Pendidikan Nasional. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Departemen Penelitian dan Pengembangan.

Pidarta, Made. 2000. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Sarana Press.

Purwanto dan Kasinu. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara, Jakarta.

Prabawati Ari. 2010. Panduan Alikatif & Solusi (PAS): Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS 17. Yogyakarta: Wahana Komputer.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta, Bandung.

Rukmana, Ade. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: UPI PRESS.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme, Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sapriya. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja. Rosdakarya.

Sudjana, N. , Achmada Rivai, 2001, Teknologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka dan FKIP UMS.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, cet kedua.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Syarif, Moh. 2015. Teori Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Syofian Siregar. 2014. Statitstik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soegeng Ysh. , A. Y. 2012, Pengembangan Sistem Pembelajaran, Semarang, IKIP PGRI Semarang Press.

Somantri, N. 2009. Mengagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tisna. 2003. Aktivitas Guru. http://tisna-dj. blogspot. com

Tirtino, Feri. 2018. Pembelajaran Terpadu Disekoah Dasar. Sidoarjo : Umsida Press.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Tulus Winarsunu. 2006. Statistik Inferen Teori Dasar dan Apliaksinya, Menggunakan SPSS: Universitas Muhammadiyah Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Amiss Dute Jaya.

Zohra Yasin. 2010. Efektivitas Pengembangan Ranah Afektif. Rineka Cipta

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Efendi, F. K., B, R., & S, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kabupaten Bantaeng. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1290–1297. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i2.1654