Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu

Authors

  • Saraswati Arsani Universitas Negeri Malang
  • Nur Hadi Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang
  • Joan Hesti Purwasih Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1135

Keywords:

Pembelajaran daring, Anak berkebutuhan khusus, Peran orang tua, Covid-19

Abstract

Belajar dari rumah merupakan cara memutus penularan Covid-19, untuk semua siswa tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Peran orang tua dalam mendampingi siswa dalam pembelajaran daring sangat diperlukan untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran daring dan peran orang tua dalam membantu siswa terutama bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara di rumah. Peran orang tua dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus dapat digantikan dengan guru privat yang dipercaya mampu mendampingi anak berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasih, A. C. 2002. Pokoknya kualitatif : dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Pustaka Jaya

Amin, Barkatullah, 2015. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Inklusif (Peran Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogjakarta.

Bluth, K., & Wahler, R. G. (2011). Does Effort Matter in Mindful Parenting? Mindfulness, 2(3), 175–178. https://doi.org/10.1007/s12671-011-0056-3

Covid19.go.id. (2020). Data Sebaran. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/

Cahyani, Adinda, 2020. Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Darmono, Al, 2015. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Institut Agama Islam Ngawi.

Hawett dan Frenk D, 1968. The Emotionally Child in The Classroom Disorder. Ellyn and Bacon. Inc. USA

Ilahi, Mohammad Takdir, 2013. Pendidikan Inklusi Konssep dan Aplikasi. Ar-Ruzz. Yogyakarta

Kurniawati, Euis, 2020. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kementerian Pendidikan Surat Edaran nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring.

Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 2020. Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar

Murtiningsih, D, 2013. Perang Orang Tua dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (

Pertiwi, Jamilah Candra 2015. Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan terhadap Kedepannya. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah Di Tk Khalifa Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Tarmansyah, 2009. Perspektif Pendidikan Inklusi : Pendidikan untuk Semua. Universitas Negeri Padang Press.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Inklusi.

Undang-Undang Dasar 1945 BAB VI Pasal 2, 3 dan 4. Tentang Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus.

WAWANCARA

Bu Rini, Guru Pembimbing Khusus anak berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu wawancara oleh Saraswati Arsani 13 Januari 2021

Bu Fanisa, Orang tua Alif wawancara oleh Saraswati Arsani 14 Januari 2021

Bu Leona, Orang tua Zian wawancara oleh Saraswati Arsani 15 Januari 2021

Bu Sangadah, Orang tua Radit wawancara oleh Saraswati Arsani 18 Januari 2021

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Arsani, S., Hadi, N., & Purwasih, J. H. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi SDN Mojorejo I Kota Batu. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 846–855. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1135