Dampak Belajar Dari Rumah

Authors

  • Ervi Revilda Universitas Negeri Malang
  • Nur Hadi Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang
  • Joan Hesti Gita Purwasih Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1133

Keywords:

pandemi, anak, belajar dari rumah

Abstract

Work From Home diterapkan untuk mencegah dan mengurangi rantai penularan Covid-19. Kebijakan WFH ini berlaku juga pada dunia pendidikan, kegiatan belajar mengajar menjadi pembelajaran dari rumah secara daring (Belajar dari rumah / BDR). Belajar yang dilakukan secara mandiri dirumah masig masing.  Selama pelaksanaan pembelajaran secara daring, ternyata ditemukan ada beberapa peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang bekerja untuk membantu orang tuanya mencari nafkah. Dengan demikian, artikel ini membahas mengenai bagaimana peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang berkerja dan juga membahas pelaksanaan pembelajaran mandiri yang dilakukan peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara pada 2 peserta didik tingkat Sekolah Dasar (1 peserta didik kelas 3 dan 1 peserta didik kelas 5) yang bekerja sebagai Joki Pemancing di Kolam Pancing X, 2 walipeserta didik, serta 1 guru dari pihak sekolah. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penilitian menunjukkan peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang bekerja untuk membantu mencari nafkah orang tuanya, mereka bekerja atas inisiatif sendiri dan menyalurkan bakat mereka. Meskipun bekerja, mereka tetap mengikuti pembelajaran daring secara mandiri yang didampingi orang tua mereka. Terkadang dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini, pengerjaan peserta didik dikerjakan orang tua mereka, hal ini dikarenakan orang tuanya tidak sabar untuk mendampingi.  Subjek Penilitian ini yaitu peserta didik yang bekerja di Kolam Pancing X, Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 - Sri Gusty, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andriasan Sudarso, Natasya Virginia Leuwol, Apriza Apriza, Andi Arfan Sahabuddin, Puji Hastuti, Akbar Yuli Setianto, Tia Metanfanuan, Lulu Jola Uktolseja, Jamaludin Jamaludin, Sherly Gaspersz, Karwanto Karwanto, Erni Rante Bungin, Samuel Y. Warella - Google Buku.” Accessed March 1, 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HSz7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA85&dq=kendala+pembelajaran+daring&ots=QndJElBiNi&sig=8NxfY1JzDChgHvcYGBLjotPQVU8&redir_esc=y#v=onepage&q=kendala pembelajaran daring&f=false.

Bell, Debora J., Mariella M. Self, Claytie Davis, Francine Conway, Jason J. Washburn, and Franci Crepeau-Hobson. “Health Service Psychology Education and Training in the Time of COVID-19: Challenges and Opportunities.” American Psychologist, 2020. https://doi.org/10.1037/amp0000673.

Daniel, Sir John. “Education and the COVID-19 Pandemic.” Prospects, 2020. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3.

Hollweck, Trista. “Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. 282 Pages.” The Canadian Journal of Program Evaluation, 2016. https://doi.org/10.3138/cjpe.30.1.108.

Ilmu, Jurnal, Agama Islam, Manajemen Kurikulum, Pendidikan Agama, Islam Jenjang, Pendidikan Dasar, : Kontekstualisasi, Strategi Pembelajaran, Semasa Pandemi, and Ayu Wilatikta. “J I A I.” Ta’lim 2, no. 2 (October 30, 2020): 1–12. http://journal.uml.ac.id/TL/article/view/206.

CNN Indonesia. “Jokowi Imbau Masyarakat Bekerja Dan Beribadah Di Rumah,” 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315141316-32-483586/jokowi-imbau-masyarakat-bekerja-dan-beribadah-di-rumah.

Kemendikbud. “SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.

“Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan?» Republik Indonesia.” Accessed March 1, 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus.

Margaret, Poloma. “Sosiologi Kontemporer.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Mutaqinah, Rina, and Taufik Hidayatullah. “Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 Di Provinsi Jawa Barat.” JURNAL PETIK, 2020. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869.

Nasution, Inom, and Suharian Suharian. “PERAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19.” Visipena, 2020. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1154.

Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurnal, Oktafia Ika Handarini, and Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 8, July 17, 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap.

Pratiwi, Indah, and Bakti Utama. “KESENJANGAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA DARURAT COVID-19: TELAAH DEMOGRAFI ATAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BELAJAR DARI RUMAH.” Jurnal Kependudukan Indonesia, 2020. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.539.

Rigianti, Henry Aditia. “KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7, no. 2 (July 1, 2020): 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Satgas Covid-19. “Kilas Balik Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” CNN Indonesia, November 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201110123516-25-568018/kilas-balik-pandemi-covid-19-di-indonesia.

Siahaan, Matdio. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Kajian Ilmiah, 2020. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265.

Sulaiman, Aimie. “MEMAHAMI TEORI KONSTRUKSI SOSIAL PETER L. BERGER.” Society, 2016. https://doi.org/10.33019/society.v4i1.32.

Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wawancara

Pak M, (Kepala sekolah MI) wawancara oleh Ervi Revilda 17 April 2021

Pak SH (Waka Kurikulum) wawancra oleh Ervi Revilda 21 April 2021

Bu S, (salah satu guru di MI) wawancara oleh Ervi Revilda 26 Februari 2021

Bu S M, (orang tua T) wawancara oleh Ervi Revilda 20 Februari 2021

Bu S W, (orang tua A) wawancra oleh Ervi Revilda 20 Februari 2021

T, (peserta didik kelas 5 dan joki) wawancara oleh Ervi Revilda 20 februari 2021

A, (peserta didik kelas 3 dan joki) wawancara oleh Ervi Revilda 20 februari 2021

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Revilda, E., Hadi, N., & Purwasih, J. H. G. . (2021). Dampak Belajar Dari Rumah. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 822–832. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1133