Implikasi Ekstrakurikuler Karate Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perguruan Dojo Cakrawala Institut Karate-Do Indonesia)

Authors

  • Panca Kumala Dewi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang
  • Nur Hadi Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang
  • Joan Hesti Gita Purwasih Prodi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1134

Keywords:

Ekstrakurikuler; karate; pembelajaran daring.

Abstract

Pembelajaran dan ekstrakurikuler disekolah belum dapat berjalan secara maksimal, sebab adanya peraturan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kasus disfungsinya sistem kebijakan pembelajaran daring dimasa pandemi yang berdampak pada orang tua dan siswa serta efektifitasnya  ekstrakurikuler diluar sekolah secara tatap muka untuk menjadikan anak eksis dan sehat secara fisik dan mental. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di perguruan Dojo Cakrawala INKAI Kota Malang. Dalam penelitian ini responden ada satu sensei atau guru dalam perguruan, tiga orang tua siswa dan tiga siswa yang latihan di dojo cakrawala. Unit analisisnya menggunakan teori fungsionalis AGIL Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya disfungsi antara kebijakan pemerintah mengenai pembelajaran daring yang membuat siswa sekolah dasar mengalami hambatan dalam melakukan aktivitas fisik dalam pembelajaran disekolah. Kegiatan tambahan seperti ekstrakurikuler diluar sekolah dapat sebagai solusi untuk anak belajar memanfaatkan waktu dengan baik sehingga dapat mengoptimalisasikan perkembangan motorik dan dapat mengurangi tingkat kejenuhan anak dalam menghadapi pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Furkan, Rusdin, and Shutan Arie Shandi. “Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19.” Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19 5, no. 1 (2021): 424–30. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1748.

Hollweck, Trista. “Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. 282 Pages.” The Canadian Journal of Program Evaluation, 2016. https://doi.org/10.3138/cjpe.30.1.108.

Kemendikbud. “SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.

“Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan?» Republik Indonesia.” Accessed March 1, 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus.

Kota, Wali. “Peraturan Wali Kota Malang Nomor 30 Tahun 2020,” 2020. https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/09/peraturan_wali_kota_malang_nomor_30_tahun_2020.pdf.

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Megawanti, Priarti, Erna Megawati, and Siti Nurkhafifah. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 7, no. 2 (2020): 75–82.

Miles, Matthew B, and Michael A. Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia_UI Press, 2012.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” In PT. Remaja Rosda Karya, 2017.

Murti, Tri. “Perkembangan Fisik Motorik Dan Perseptual Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 26, no. 1 (2018): 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021.

Pendidikan Dasar, Jurnal, Jurnal Tunas Nusantara, and Queen Elvina Sevtivia Asrivi. “Queen Elvina Sevtivia Asrivi?: Implementasi Pramuka Sebagai Ekstrakulikuler Wajib Kurikulum 2013 Sekolah Dasar 255 IMPLEMENTASI PRAMUKA SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR” 2 (2019): 255–68.

“Pengumuman Mendadak Jokowi Yang Kejutkan Pasien Positif Corona... Halaman All - Kompas.Com.” Accessed March 1, 2021. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/04/08051361/pengumuman-mendadak-jokowi-yang-kejutkan-pasien-positif-corona?page=all.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintahh Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019/COVID-19” 2019, no. 022868 (2020): 8.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Chi Hyun Choi, and Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2, no. 1 (2020): 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Ritzer, George. “Teori Sosiologi Modern,” 2004.

Ritzer, George, and Douglas J Goodman. “Teori Sosiologi, Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Post Modern, Terj.” Nurhadi, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2009.

Sepriadi, Sepriadi. “Kontribusi Status Gizi Dan Kemampuan Motorik Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Keolahragaan 5, no. 2 (2017): 194. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147.

Stainback, Kevin, Brittany N. Hearne, and Monica M. Trieu. “COVID-19 and the 24/7 News Cycle: Does COVID-19 News Exposure Affect Mental Health?” Socius 6 (2020). https://doi.org/10.1177/2378023120969339.

Sutisna, Oteng. “Landasan Teori Kegiatan Ekstrakulikuler.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Trianingsih, Rima. “Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3, no. 2 (2016): 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880.

Woods, Jeffrey A., Noah T. Hutchinson, Scott K. Powers, William O. Roberts, Mari Carmen Gomez-Cabrera, Zsolt Radak, Istvan Berkes, et al. “The COVID-19 Pandemic and Physical Activity.” Sports Medicine and Health Science 2, no. 2 (June 2020): 55–64. https://doi.org/10.1016/j.smhs.2020.05.006.

Yunus, Nur Rohim, and Annissa Rezki. “Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 3 (2020): 227–38. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.

Internet

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R. I. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). 1–3.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. 1–2.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19 .https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian- keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi- covid19. 15 juni 2020

Wawancara

U, (siswa), wawancara oleh Panca Kumala Dewi Universitas Negeri Malang 27 Februari 2021.

I, (siswa), wawancara oleh Panca Kumala Dewi Universitas Negeri Malang 27 Februari 2021.

Bu Y (Orang Tua wali murid), wawancara oleh Panca Kumala Dewi Universitas Negeri Malang 27 Februari 2021.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Dewi, P. K. ., Hadi, N., & Gita Purwasih, J. H. . (2021). Implikasi Ekstrakurikuler Karate Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perguruan Dojo Cakrawala Institut Karate-Do Indonesia). Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 833–845. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1134