POLA PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH :LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.35568/healthcare.v3i2.1333Keywords:
Perkembangan anak usia pra sekolah, pola pengasuhan orangtua, Pre school age development, parenting patternAbstract
Perkembangan anak yang optimal akan menghasilkan generasi yang berkualitas tinggi dimasa yang akan datang. Diperlukan bimbingan dan arahan dari orangtua melalui pengasuhan terhadap anak sedini mungkin. Orangtua dituntut untuk berperan aktif dalam proses pengasuhan anak untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola pengasuhan orangtua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan literature review dengan penelusuran artkel/jurnal melalui Cambridge, Elsevier, EBSCO, Garuda, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Google scholar, Proquest, dan Taylor and Prancis didapatkan 6 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi. Tahapan yang dilakukan identifikasi masalah, screening, penilaian kualitas, analisis data dengan IMRad, dan menulis hasil analisis. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pola pengasuhan orangtua terhadap perkembangan anak usia pra sekolah. Secara umum pola pengasuhan orangua yang tanggap terhadap kemauan atau kemampuan anak serta tetap menerapkan sistem kontrol cenderung menghasilkan anak dengan perkembangan personal sosial, emosional, sosialisasi, dan kemandirian yang sesuai sedangkan orangtua yang menerapkan pola pengasuhan dengan sistem kontrol tinggi dan tuntutan tinggi cenderung menghasilkan anak perkembangan personal sosial, emosional, sosialisasi, dan kemandirian yang kurang sesuai. Disarankan agar orangtua harus lebih memperhatikan pola pengasuhan yang diterapkan serta dampak buruk dan baiknya bagi perkembangan anak usia pra sekolah.