Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar
IMPROVEMENT OF STUDENTS 'SPEECH SKILLS THROUGH THE ASSISTED ROLE PLAYING MODEL VISUAL MEDIA IN BASIC SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884Keywords:
Keterampilan berbicara siswa, model role playing , media visualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Role Playing berbantuan media visual siswa Sekolah Dasar pada semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan Role Playing sebagai metode pembelajaran dan media visual sebagai media pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik non tes (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Data dari hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil kategori skor pengamatan keterampilan berbicara siswa pada tahap prasiklus terdiri dari skor kurang (79,41%) dan cukup (20,58%). Hasil kategori skor pengamatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I terdiri dari kurang (8,82%), cukup (52,94%), baik (29,41%), dan sangat baik (8,82%), dengan siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar (91,17%). Hasil kategori siklus II terdiri dari skor baik (85,29%), dan skor sangat baik (14,70%) dengan siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar (100%). Dengan demikian model Role Playing berbantuan media visual terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Downloads
References
Buku
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Tukiran, T., Miftah, F & Sri, H. (2011). Model-Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Anggara, W. P. (206). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Kredo, 2 (2).
Elwi, N. M., Nyoman, S. D & Fattah, H. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 4 (11).
Farid, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Visual Berbasis Android. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 3 (2), 93.
Firosalia, K. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2).
Irene, F. W., Prana, D. I & Cucun, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Menceritakan Peristiwa Yang Dialami Menggunakan Metode Talking Stick Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1).
Ismawati, A. N., Atep, S & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1).
Maharani, S. D., Wendra, I. W & Gunatama, G. (2015). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas VIII B MTs AL-KHAIRIYAH TEGALLINGGAH. e-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1).
Muklas, S. P & Abdul, R. S. T. (2017). Pemanfaatan Media Visual Tehadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5 (2).
Sidiq, S., Maskun & Suparman, A. (2017). Pengaruh Model Role Playing Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 5 (3).
Talizaro, T. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 106.
Teni, N. (2018).Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3 (1), 174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.