Penggunaan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.861Keywords:
Pemahaman Konsep, Diorama , Kelas IV SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan media diorama. Metode penelitian yang digunakan yang penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan data tes tertulis diakhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pada prasilus memperoleh rata-rata 68, 98 dengan kriteria perlu bimbingan. Hasil tes pemahaman konsep pada siklus I memperoleh rata-rata 73, 72 dengan kriteria perlu bimbingan, dan hasil tes pemahaman konsep siklus II memperoleh rata-rata 85, 05 dengan kriteria baik. Simpulan media diorama dapat meningkatakan pemahaman konsep siswa pada materi sumber daya alam.
Downloads
References
Amalia, M. D. dkk. (2017). Pengembangan Media Diorama Dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 185-198.
Ernata, Yusvida (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberi Rewerd dan Punishment di SD Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. E-jurnal IKIP Budi Utomo Malang, 5(2), 781-790.
Hamid, Nurdin., Arvyaty., Ikman. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP KESEHATAN MANDONGA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2).
Handayani, ML. Dri. & Wardani, W.W. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VIII D SMP N I KASIHAN. Jurnal Derivat, 2(1), 68-75.
Hendayani, Santi ( 2018) Penerapan Strategi Reciprocal Teaching untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Ips. Jurnal JPGMI, 4 (2), 102-12.
Ismilasari, Yaashinta. (2013). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 8.
Jannah M., Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Terapung, 1(2).
Nurkamaliah, A. dkk. (2018). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pekalongan. Jurnal Guru Kita, 2(3), 65-73.
Pratiwi, S. dkk ( 2014). Pengaruh Model Brain-Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VII Sukawati Tahun Ajaran 2013/ 2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Pujiati, dkk. (2018) Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 38.
Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Wafa, M. I., & Rizkyana, R. F. (2019). Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di SDN 2 Sudorokan. Jurnal Lensa Pendas, 4(2), 115-120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.