Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Agustianamas Ciputra Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Suhanadji Suhanadji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.832

Keywords:

Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan media dan keefektifan dalam penggunaan media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SD. Jenis penelitian yang pilih pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dari Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Kelayakan dihasilkan dari hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil kelayakan media mendapatkan prosesntase 86% sedangkan kelayakan materi mendapatkan prosentase 85% Media peta puzzle berbasis adobe flash memperoleh kelayakan yang cukup tinggi dan efektiv dibuktikan dengan hasil belajar yang dihitung menggunakan uji t menunjukkan bahwa ttable (4,28) lebih besar dari thitung(2,093). Penerapan media media peta puzzle berbasis adobe flash juga memperoleh tanggapan yang sangat baik dari guru kelas yaitu sebesar 90% dan peserta didik sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andang, Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Jamil, Sya'ban. 2012. Games untuk Keluarga, Jakarta: Republika Penerbit

Pranowo, G. 2011. Kreasi Animasi Interaktifdengan Action Script 3.0 pada Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Knalitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Suprijono, agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikast Pakem. Yogyakarta Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Ciputra, A., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2020). Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 730–739. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.832