Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.832Keywords:
Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan media dan keefektifan dalam penggunaan media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SD. Jenis penelitian yang pilih pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dari Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Kelayakan dihasilkan dari hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil kelayakan media mendapatkan prosesntase 86% sedangkan kelayakan materi mendapatkan prosentase 85% Media peta puzzle berbasis adobe flash memperoleh kelayakan yang cukup tinggi dan efektiv dibuktikan dengan hasil belajar yang dihitung menggunakan uji t menunjukkan bahwa ttable (4,28) lebih besar dari thitung(2,093). Penerapan media media peta puzzle berbasis adobe flash juga memperoleh tanggapan yang sangat baik dari guru kelas yaitu sebesar 90% dan peserta didik sebesar 89%. Dapat disimpulkan bahwa media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar.
Downloads
References
Andang, Ismail. 2009. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media
Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jamil, Sya'ban. 2012. Games untuk Keluarga, Jakarta: Republika Penerbit
Pranowo, G. 2011. Kreasi Animasi Interaktifdengan Action Script 3.0 pada Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Knalitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suprijono, agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikast Pakem. Yogyakarta Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.