PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DESA IWUL, PARUNG

Authors

  • R Andi AG Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria Zulfitria Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Happy Indira Dewi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.794

Keywords:

Pengolahan, bahan pustaka, perpustakaan

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengolahan bahan pustaka perpustakaan tingkat sekolah dasar. Perpustakaan merupakan prioritas sumber belajar utama yang harus diperhatikan dan keberadaannya harus dimiliki setiap institusi yang bidang kegiatannya berkaitan dengan masalah pendidikan. Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dikelola dengan baik dan memiliki manajemen pengolahan perpustakaan yang baik pula. Pengolahan bahan pustaka perpustakaan terdiri dari: 1. Pengadaan koleksi; 2. Koleksi perpustakaan; 3. Prasarana dan sarana perpustakaan; 4. Pengolahan koleksi buku.  Metode penelitian deskriptif kualitatif; tempat penelitian: sekolah dasar gugus SD 02 desa Iwul, Kecamatan Parung; informan penelitian: guru penanggung jawab perpustakaan sekolah, waktu penelitian: Agustus-September 2019. Hasil penelitian: pengolahan bahan pustaka perpustakaan tingkat pendidikan dasar ada pada katagori sedang dengan jumlah total skor 35. Setiap sekolah belum melaksanakan pengolahan bahan pustaka perpustakaan secara maksimal karena belum ada tenaga khusus yang menangani dan bertanggung jawab langsung pada bidang perpustakaan.  Kesimpulan: pengolahan bahan pustaka perpustakaan harus ditangani oleh petugas yang langsung menangani dan bertanggung jawab pada bidang perpustakaan. Ruangan yang digunakan untuk kegiatan perpustakaan masih ruangan yang sama dengan ruang kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30 — Updated on 2020-07-06

Versions

How to Cite

AG, R. A., Zulfitria, Z., & Dewi, H. I. (2020). PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DESA IWUL, PARUNG. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), 553–561. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.794 (Original work published April 30, 2020)