TINGKAT TUTUR BAHASA JAWA MAHASISWA PGMI INSURI PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.771Keywords:
Bahasa Jawa, Ngoko, Krama, Tingkat Tutur, MahasiswaAbstract
Bahasa Jawa merupakan bahasa pertama mayoritas masyarakat Ponorogo, Jawa Timur. Namun sebagai bahasa pertama yang dikuasai, banyak di antara penuturnya yang tidak menguasai dengan baik dan tepat dalam penggunaannya terutama dalam tingkat tuturnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa di lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo yang dikasifikasikan dalam dua tingkat tutur yaitu ngoko dan krama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PGMI di Insuri Ponorogo yang dibagi menjadi 3 kelompok. Dipilihnya mahasiswa prodi PGMI sebagai subjek penelitian ini adalah dikarenakan adanya mata kuliah bahasa Jawa selama 3 semester. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner yang berisi latar belakang pengguna bahasa dan isian kosakata bahasa Jawa Ngoko dan Krama. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berbahasa Jawa ngoko dari kelompok 1 (19 responden) memperoleh skor tertinggi 88 dan skor terendah adalah 75 sebanyak 2 responden. Di kelompok 2, terdapat 13 responden dengan skor tertinggi 84 dan skor terendah adalah 48. Untuk kelompok 3 terdapat 19 responden dengan hasil skor tertinggi adalah 92 dan terendah 80. Hasil kemampuan bahasa krama di kelompok 1 yaitu skor tertinggi 40 dan skor terendah adalah 11, kelompok 2 dengan skor tertinggi 44 dan skor terendah 0, dan kelompok 3 dengan skor tertinggi 35 dengan skor 0. Dari hasil tersebut dapat diketahui jika penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa ngoko memiliki skor lebih baik dari pada bahasa jawa krama sehingga dapat dikatakan bahwa mahasiswa prodi PGMI Insuri Ponorogo lebih menguasai tingkat tutur bahasa Jawa ngoko.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-06 (2)
- 2020-04-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.