Menjadi Ponoragan: Sikap Bahasa Mahasiswa Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v9i1.4161Keywords:
bahasa, sikap bahasa, ponorogo, mahasiswa, bahasa jawaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya input bahasa yang masuk di kalangan mahasiswa yang menyebabkan terkikisnya kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi sehari-hari. Sikap lebih memilih bahasa lain dibanding dengan bahasa ibunya merupakan salah satu sikap negatif seorang penutur bahasa terhadap bahasa yang ditunggalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa Jawa dialek Ponoragan mahasiswa Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 7 prodram studi PGMI di dua perguruan tinggi di Ponorogo, yaitu Insuri Ponorogo dan IAIN Ponorogo, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah sikap bahasa mahasiswa yang terdiri dari kesetiaan bahasa, kebanggaan bahasa, dan kesadaran bahasa.. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik survei dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan jika dari analisis sikap berbahasa secara keseluruhan, dari loyalitas berbahasa diketahui hanya 1 responden yang mempunyai sikap kurang baik, 15 responden mempunyai sikap baik, dan 4 responden mempunyai sikap sangat baik. Dari kebanggaan bahasa diketahui terdapat 12 leksikon bahasa Jawa dialek Ponoragan yang digunakan responden selain dialek Jawa Baku. Dari kesadaran berbahasa diketahui bahwa dari 120 kalimat tanggapan yang diberikan responden, terdapat 101 pernyataan yang dijawab dengan kalimat yang sesuai dengan kaidah dan konteks situasi penggunaan bahasa. Dapat disimpulkan bahwa sikap Jawa siswa Ponorogo adalah positif.
Downloads
References
Adawiyah, R., & Syahfitri, D. (2022). SIKAP BAHASA SISWA TERHADAP BAHASA INDONESIA: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU. Jurnal ESTUPRO, 7(2), 62–74.
Afifah, I. H., Kusmana, A., & Izar, J. (2022). Kesantunan Berbahasa Jawa Ditinjau dari Tingkat Tutur Masyarakat Kecamatan Rimbo Bujang, Ulu dan Ilir di Kabupaten Tebo. Kalistra: Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(1), 9–22.
Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 36. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.237
Bahasa, S., Dan, M., Terhadap, I., Bahasa, P., Di, I., Tinggi, P., & Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. GERAM, Gerakan Aktif Menulis: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7, 71–77. https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4026
Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran penggunaan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam komunikasi keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2).
Indrayani, N., Muspiha, M., & Susiati, S. (2022). Language Attitude of State High School Students 3 Waeapo, Buru Regency Towards The Use of Indonesian Language in The Millenial Era. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(1), 43–55.
Kartini, Y. (2015). Sikap Bahasa Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Terhadap Bahasa Madura. Jurnal Bebasan, 2(2).
Mardianto, H. (1993). Bahasa dan Sastra Jawa: Antara Kenyataan dan Harapan. A. Triyono, Pusaran Bahasa Dan Sastra Jawa, 4.
Marzulina, L., Kasinyo Harto, K. H., & Dian Erlina, D. (n.d.). UNDERGRADUATE STUDENTS’ATTITUDES TOWARD INDONESIAN LANGUAGE IN HIGHER EDUCATION. ORBIS LINGUARUM, 20.
Mulyanie, J., Rahmawati, R., Merisha, R., & Yulianeta, Y. (2022). Language Attitudes of Millennials towards Indonesian. Proceedings of the 1st Konferensi Internasional Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, KIBAR 2020, 28 October 2020, Jakarta, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2020.2315315
Nurulanningsih, N. (2022). MENGUKUR SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG TERHADAP BAHASA INDONESIA. Jurnal Bindo Sastra, 6(1), 27–35.
Setyawan, I. (2019). Sikap Generasi “Z” terhadap bahasa Jawa: Studi kasus pada anak-anak usia Sekolah Dasar di kota Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 7(2), 30–36.
Sholihah, R. A. (2019). Pemilihan Kode Bahasa pada Masyarakat Ponorogo Brang Kidul. In Sajarwa & Suhandano (Eds.), Seminar Nasional Forum Linguistik III “Berbagai Pendekatan dalam Studi Bahasa” (Issue Oktober, pp. 439–451). FAKULTAS ILMU BUDAYA UGM BEKERJASAMA DENGAN DEPARTEMENBAHASA DAN SASTRA FIB UGM.
Sholihah, R. A. (2020). MAHASISWA PGMI INSURI PONOROGO Guru Madrasah Ibtidaiyah di Institut Agama Islam. 4(32), 615–620.
Sholihah, R. A., & Suharti, S. (2015). Sikap Dan Pemertahanan Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. LingTera, 2(2), 169. https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7375
Sugianto, A. (2015). KAJIAN ETNOLINGUISTIK TERHADAP PERIBAHASA ETNIK JAWA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.