Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i2.3559Keywords:
Analisis Kebijakan, Pendidikan Vokasi, Pelatihan VokasiAbstract
Dalam rangka mempersiapkan generasi penerus bangsa untuk berpartisipasi sebagai agen pertumbuhan dalam membangun bangsa yang kompetitif dan mandiri, pendidikan dan pelatihan kejuruan sangat penting dan strategis. Menyadari pentingnya peran pendidikan dan pelatihan vokasi, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode literature review dan model implementasi Sabatier Mazmanian merupakan pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan, seperti Peraturan Presiden No 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Tujuan utama dari revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi untuk menyiapkan SDM yang kompeten, produktif, dan berdaya saing sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang ingin mengembangkan kemampuan peserta didik dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. 2) Perumusan tujuan dan sasaran telah dirumuskan denagn jelas dan konsisten. 3) Perumusan kebijakan Implementasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi telah didasarkan pada landasan teori yang kuat dan terpercaya diataranya Teori Kecocokan Pekerjaan dan Pendidikan, Teori Human Capital, Teori Pilihan Rasional, Teori Kompetensi, dan teori kejuruan 4) Proses Implementasi sudah didasarkan kepada Dasar Hukum yang jelas 5) Komitmen dan Keahlian dari Para Pelakasana Kebijakan sudah baik tetapi perlu ditinggatkan lagi 6) Implementasi Pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi telah mendapatkan dukungan dari stekkolder yaitu mitra indusrtimencapai skor 3,46 dari skala 4, 7) Implementasi Pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi telah mendapatkan dukungan SMK Pusat Keunggulan sebanyak 373 SMK dari sekitar 1.400 dari SMK Pusat Keunggulan telah mengimplementasikan Skema Pemdanan Dukungan dengan melibatkan 349 industri mitra. 8) Prioritas penggunaan sumber daya yang terbatas, memfasilitasi inovasi teknologi, dan mendukung peningkatan industri dalam bentuk suatu kebijakan.
Downloads
References
Afwan, M. (2013). Leadership on technical and vocational education in community college [Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 4 (21), 21-23.
Afwan, M. (2013). Leadership on technical and vocational education in community college [Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 4 (21), 21-23
American Institutes for Research in Behavioral Science." (1980). In Educational Training Components (ETC), Madison, Wis.: The Vocational Snidy Center.
Anjasari, Pita. Manajemen Lingkungan dan Stakeholder Pendidikan, academia edu, Universitas Muhamadiyyah Ponorogo
Ashmore, M Catherine, and Geannina Guzman. (1988). Entrepreneurship Program Database. Columbus: The Ohio State University, National Center for Research in Vocational Education.
Edmon, A., & Oluiyi, A. (2014). Re-engineering technical vocational education and training toward safety practice skill needs of sawmill workers against workplace hazards in Nigeria [Versi elektronik]. Journal of Education and Practice, 5 (7), 150- 157
Nadyya Nulhusni, A Muri Yusuf dan Afdal Afdal. 2021. Analisis Teori Holland dalam Bimbingan dan Konseling Karir. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. https://jurnal.iicet.org/index.php/schoulid/article/view/930/pdf Peraturan
Pemerintah Nomor 41 Tahun 2021 tentang Pelatihan Kerja
Prosser, C.A., & Allen, C.R. (1952). Vocational Education in a Democracy. New York : Century
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi dan Kabupaten/Kota Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024
Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wardiman Joyonegoro, (1998).
Pengembangan sumberdaya manusia melalui SMK. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offse
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.