Problematika Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar” dan Peranan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Jessica Angeline De Eloisa Tobing Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devyanne Oktari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amala Sundari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2221

Keywords:

Merdeka belajar, problematika, guru

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kebijakan terbaru pada dunia pendidikan. Secara khusus akan  dipaparkan berbagai problematika dalam penerapan kebijakan Merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research) dimana pengumpulan data diperoleh dari berbagai literatur yang sesuai, baik dalam bentuk teks tertulis maupun soft copy. Melalui studi literatur yang telah dilakukan penulis dapat mengetahui mengenai konsep merdeka belajar dan juga problematika yang hadir dalam pengimplementasian merdeka belajar disekolah. Oleh karena itu sebagai guru Sekolah Dasar harus mampu menerapkan merdeka belajar dalam merumuskan inovasi dan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afista, Y., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis kesiapan guru pai dalam menyongsong kebijakan merdeka belajar. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(6), 53-60.

Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development: Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095725.pdf.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Ariyana, Ramdhani, I. S., & Sumiyani. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356– 370.

Asfiati, & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59.

Bahar, H., & Herli, Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Daga, Agustinus Tanggu. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, Volume 7, No.3,

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Adminstrasi Pendidikan, 9(1), 45–50.

Fardinal, AN (2021). Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Pemenuhan Pendidikan Berkualitas Pada Daerah 3T (Terdepan, Terluar Dan Tertinggal) Di Kabupaten, scholar.unand.ac.id, <http://scholar.unand.ac.id/70986/>

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19.

Haq, S (2019). Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T)., repository.unp.ac.id, <http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25993>

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15

Magayang, D (2019). Pengelolaan Pendidikan Dasar Di Daerah Khusus 3t Provinsi Papua: Studi Tentang Tata kelola Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Yahukimo., repository.upi.edu, <http://repository.upi.edu/id/eprint/40647>

Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UIN Sumatera Utara Medan AL ARABIYAH, 6, 1.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article /view/8.

Samho, B., & Yasunari, O. (2009). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan tantangan-tantangan implementasinya di Indonesia dewasa ini. Research Report-Humanities and Social Science, 1.

Sutisno, A. N., & Nurdiyanti, D. (2020). Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh sebagai Realisasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 265–273.

Sabriadi, & Nurul Wakia. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tingg. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 111, No.2.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I.

Suntoro, R., & Widoro, H. (2020). Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19. Mudarrisuna, 10(2).

Tohir, M. (2019). Merdeka Belajar.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Vania Sasikirana, & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech, 8(2).

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.

Putera, MTF, & Rhussary, ML (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Mahakam Hulu. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, journals.umkt.ac.id, <https://journals.umkt.ac.id/index.php/JEM/article/view/119>

Khanifah, S (2020). Story Telling Sebagai Media Pendidikan Karakter Kebangsaan Di Daerah 3T. Jurnal Ilmiah WUNY, journal.uny.ac.id, <https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/30946>

Riyadi, R, & Ghuzini, D (2022). Ketimpangan pendidikan dan pendapatan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Jurnal Kependudukan, ejurnal.kependudukan.lipi.go.id, <http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id /index.php/jki/article/view/593>

Alfonso, A (2021). Motivasi belajar peserta didik jenjang pendidikan dasar daerah 3T kabupaten bengkayang di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains,

Masing, M, & Astuti, K (2021). Putus sekolah sebagai Tantangan Pendidikan Daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan). Seminar Nasional Psikologi UM, conference.um.ac.id, <http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1234>

Pratiwi, D., Probowo, F. S. P., & Setiawan, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 83–103.

Rahmawati, AP Sistem Pemerataan Guru Nasional (SPGN) Sebagai Sistem Penyebaran Guru Untuk Mengatasi Ketimpangan Pendidikan di Daerah 3T. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs), jurnal.uns.ac.id, <https://jurnal.uns.ac.id /SHES/article/view/59337>

Hasan, M, Thamrin, MI, & ... (2021). Implementasi Pembelajaran pada Berbagai Jenjang Pendidikan di Daerah 3T Pada Masa Pandemi Covid-19. … Jurnal Pendidikan …, jurnal.ideaspublishing.co.id,<https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/413>

Halim, PR, Sa'ban, FA, & Syifa, FM (2018). Relevansi Manajerial Pendidikan Indonesia Mengajar Dengan Kualitas Pendidikan Daerah 3t: Studi Kasus Rote Ndao. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurnal.ugj.ac.id, <http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Edunomic/article /view/1470.

Ulfiaturrohmah, N, & Diantoro, F (2021). PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI DAERAH 3T. … Pendidikan dan , e-journal.stit-islamic-village.ac.id, <https://e-journal.stit-islamic-village. ac.id/istighna/article/view/111>

Wibowo, I. S., &Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Tobing, J. A. D. E., Devyanne Oktari, & Amala Sundari. (2023). Problematika Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar” dan Peranan Guru Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 97–105. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.2221