Problematika Literasi Membaca Pada Generasi Penerus Bangsa Dalam Menghadapi Abad 21

Authors

  • Rizka Putri Ayuning Lestari Fajar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arya Chandra Wiguna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Devyanne Oktari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jessica Angeline de Eloisa Tobing Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2172

Keywords:

abad 21, literasi, membaca

Abstract

Membaca merupakan aktivitas yang memiliki tujuan untuk memahami isi dari apa yang ada pada tulisan sekaligus keterampilan yang wajib dikuasai siswa sekolah dasar karena dengan keterampilan membaca yang baik siswa dapat mempelajari banyak ilmu pengetahuan. Orientasi dari GLN bertujuan meningkatkan minat baca dan menumbuhkan kebiasaan membaca yang berkelanjutan. Penelitian ini memiliki tujuan  untuk mengetahui permasalahan  membaca siswa di sekolah dan menelaah faktor penyebab serta upaya yang dijadikan solusi. metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi literatur yakni  aktivitas yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian menemukan bahwa 1) rendahnya minat dalam membaca, dari temuan yang ada menunjukan bahwa adanya kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan solusi meningkatkan minat baca, 2) buruknya budaya baca, 3) Rendahnya kemampuan membaca pemahaman, 4) rendahnya kesadaran membaca dari berbagai pihak, 5) keterbatasan teknologi. Adapun berbagai faktor dan upaya yang menjadi solusi atas permasalahan tersebut sekaligus sebagai penarikan kesimpulan dimana mempengaruhi kemampuan dan budaya membaca pada anak. Kegiatan berliterasi dapat menimbulkan karakter yang baik pada siswa jika diimplementasikan secara benar sehingga dapat memunculkan karakter positif pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2021). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Aisyi, I. R., Ghufron, S., Rahayu, D. W., & Hidayat, M. T. (2020). Gerakan Literasi Sekolah : Pelaksanaan, Hambatan, dan Solusi (Studi Kasus di SD Ghufron Faqih Surabaya). Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272-279.

Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269-282.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v sd gugus ii kuta utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2) 74-83.

Astuti, P., Mumpuni, A., & Pranoto, B. A. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01),26-32.

Azriansyah, A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 32 Cakrangera. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 262-269.

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453-455.

Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).

Ekawati, N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Pengaruh model project based learning berbasis 4C terhadap kemandirian belajar dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,3(1), 41-51.

Faisal, F., & Lova, S. M. (2019). Guru literasi (teachers of literacy): pengembangan desain pembelajaran membaca berbasis DRTA sebagai upaya membangun generasi literat abad 21 di kelas v sekolah dasar. In Seminar nasional pgsd unimed (Vol. 2, No. 1, pp. 149-163).

Fauzi, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter (Cle). Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 147-161.

Inawati, I., & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat Dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 173-182.

Ismiyasari, FN, Sutama,CW, & Abidin, Z Problematika Pembelajaran Literasi Siswa Sekolah Dasar diEra New Normal. mpd.ums.ac.id.

Jediut, M., Madu, F.J., & Juano, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghitung Siswa Kelas Tinggi di SDI Kenda melalui Tambahan Jam Pelajaran. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 57-61.

Karai, T. (2017).Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Menggunakan Cooperative Learning Kelas V Sd Negeri 11 Tebat Karai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 2.

Khotimah, K., & Sa'dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1488-1498.

Khoiroh, F. (2018). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 MI Ma'arif Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Kurniawan, A. R.,Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. EduStream:Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2),31-37.

Kusumadewi, R. F.,& Irianti, C. D. (2019). Hubungan pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Edukasi:Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1), 33-42.

Maghfiroh, F.,Sholikhah, H. A., & Sofyan, F. A. (2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(1), 95-105.

Maya Kartika Sari, Vivi Rulviana, Suyanti Suyanti, Sri Budiartati, Rodiyatun Rodiyatun. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v sdn kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.

Mudzanatun, M. (2017). Penyiapan pendidik abad 21 melalui budaya literasi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1).

Mushoffa, A. (2020). Manajemen Perencanaan Strategik Dalam Pengembangan Madrasah Literat Di MIN 1 Kota Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Muliastrini, N. K. E. (2019). Penguatan Literasi Baru (Literasi Data, Teknologi, Dan SDM/Humanisme) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-1), 88-102.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.

Noviandari, A., & Gularso, D. (2022). Budaya Membaca siswa di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 276

Nugraha, Dipa dan Dian Octavianah. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7 (1) P-ISSN: 2339-2258, EISSN:2548-821.

Oktaviyanti, I., Nurhasanah, N., Novitasari, S., & Setiawan, H. (2021). Hambatan Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar Kab. Lombok Tengah Selama Masa Pandemi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 11(2).

Permatasari, F. (2019). Problematika Penerapan Gerakan Literasi Sekolah. Artikel Koulutus, 2(1), 138-143.

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166.

Putri, R., Susilawati,W. O., & Sukron, M. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Penanaman Budaya Membaca di SD Negeri 104/II Sungai Pinang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 109-112.

Rahayu., Novi, K., dkk. (2021). Perempuan dan Literasi Digital: Antara Problem, Hambatan, dan Arah Pemberdayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan literasi sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10-19.

Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya Membaca Dan Menulis Serta Kaitannya Dengan Kemajuan Peradaban Bangsa. Jurnal Edukasi, 1(1).

Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74-82.

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197-205.

Satriani, N., Soendari, T., & Warnandi, N. (2019). Pengembangan Program Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca Anak dengan Hambatan Pendengaran. Affirmation of The Identity of Special Education Science to Support The Implementation of Inclusive Education, 124.

Setiawan, D. A. (2018). Penilaian Authentik Assesment Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 94-101.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan penilaian portofolio terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71-81.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.

Susanti, E., & Yunita, R. (2020). Gerakan “Ayo Membaca Buku” guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat Tanah Ombak Purus Padang: Gerakan “Ayo Membaca Buku” guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat Tanah Ombak Purus Padang. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 1(1), 13-18.

Syamsuri, C. K., Hosnan, M., & Jamaludin, U. (2020). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Program LIterasi Sekolah Rakica di SD Negeri Taman Ciruas Permai. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 147-162.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33.

Utami, R. D., Wibowo,D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan dasar perkhasa, 4(1),179-188.

Widiyanti, E (2019). Hambatan Gerakan Literasi Sekolah SD Negeri 1 Karanggintung. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar. MAGISTRA:Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1-21.

Widodo, A., Mafrudin, E., Sutisna, D., Sobri, M., & Erfan, M. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Siswa Lemah Baca di SD Kristen Maranatha Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Riset Kajian Teknologi dan Lingkungan, 2(2), 133-140.

Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11-21.

Witanto, J. (2018). Minat baca yang sangat rendah. Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Yesika, D. H.,Pribowo, F. S. P., & Afiani, K. D. A. (2020). Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 36-46.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fajar, R. P. A. L., Wiguna, A. C., Oktari, D., & Tobing, J. A. de E. (2022). Problematika Literasi Membaca Pada Generasi Penerus Bangsa Dalam Menghadapi Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1478–1489. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2172