Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kancilan
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1073Keywords:
Peran orang tua, Kepribadian anakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak Di Desa Kancilan dan menganalisis kendala yang dihadapi orang tua dalam pembentukan kepribadian di Desa Kancilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawawncara, perekaman, pencatatan, dan pemotretan. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam pembentukan kepribadian anak yakni orang tua dalam memberi keteladanan, orang tua dalam mengajarkan agama, orang tua dalam mengajarkan sopan santun, dan orang tua dalam menanamkan kejujuran. Adapun kendala yang dihadapi orang tua dalam pembentukan kepribadian anak yakni rendahnya pendidikan orang tua, kesibukan orang tua dalam bekerja, faktor dari anak itu sendiri, faktor lingkungan, dan media sosial. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak dapat dikatakan sudah cukup baik. hal tersebut dapat dilihat dari wawancara dan observasi bahwa peran orang tua yang ada di desa kancilan sudah telaksana dengan baik.
Downloads
References
Dewantara, Agustinus Wisnu. 2015. “Pancasila Sebagai Pondasi Pendidikan Agama di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Civis., 5 (1), 640-653.
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hendri. 2019. “Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap pembentukan Konsep Diri Anak”. Jurnal at-Taujaih: Bimbingan dan Konseling Islam., 2 (2), 56-71.
Hermanto, Joko Dwi. 2019. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Hikmah dan Teguh, Fahmi. 2020. “Keteladanan Orang Tua dalam Islam”. Jurnal Pendidikan Agama Islam., 7 (2), 165-187.
Isman, Muh. Suyono. 2019. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Binti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Uin Alaudin Makasar.
Iwan. 2020. “Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan”. Jurnal Agama Islam., 4 (1), 98-121.
Masrofah, Tria et.al. 2020. “Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam., 2 (2), 39-58.
Ramadani, Restu. 2020. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negei 33 Pekanbaru. Skripsi. UIN Suska Riau.
Rofingah, Nangimatur dan Mahpur Mohammad. 2018. “Efektivitas Komunikasi Berkualitas untuk Meningkatkan Kehangatan dalam Pengasuhan pada Orang Tua Sibuk Bekerja di Kb-Tk IT Al-Hikmah”. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam., 15 (2). 12-20.
Sa’diyah, Rika. 2o17. “Pentingnya Melatih kemandirian Anak”. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Agama Islam., 16 (1), 31-46.
Safitri, Enelia. 2019. Peran Orang Tua dalam Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Talang Tinggi Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.