PENGARUH PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI RA AL-IKHLAS TASIKMALAYA

Penulis

  • Siti Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Dewi Lara Anjangsari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Wina Herliana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5548

Kata Kunci:

kurikulum; berpusat pada anak; Anak Usia Dini

Abstrak

Kurikulum merdeka khususnya di sekolah RA Al-Ikhlas sebenarnya bukan hal yang baru bagi guru,  juga banyaknya perubahan secara signifikan yang dirasakan oleh guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini terutama pada proses pembelajaran yang sekarang lebih banyak berpusat pada anak, sehingga kebutuhan anak lebih terprioritaskan, cara belajar anak juga yang lebih kooperatif banyak membuat anak tidak cepat bosan dalam pembelajaran, akan tetapi perubahan yang dirasakan guru untuk gurunya sendiri yaitu guru harus lebih banyak belajar lagi tentang teknologi ditengah keterbatasan kemampuan guru dalam penguasaannya, juga bagaimana harus lebih meningkatkan kekompakan guru dalam menjalankan kurikulum merdeka ini, sehingga harus banyak berkolaborasi dengan guru lain supaya bisa mencapai keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka.  Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kurikulum merdeka di RA Al-Ikhlas dalam pengelolaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kalitatif yang dimana metode ini penelitian yang fokus pada pengamatan yang mendalam berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-25