PENGARUH PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI RA AL-IKHLAS TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5548Kata Kunci:
kurikulum; berpusat pada anak; Anak Usia DiniAbstrak
Kurikulum merdeka khususnya di sekolah RA Al-Ikhlas sebenarnya bukan hal yang baru bagi guru, juga banyaknya perubahan secara signifikan yang dirasakan oleh guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini terutama pada proses pembelajaran yang sekarang lebih banyak berpusat pada anak, sehingga kebutuhan anak lebih terprioritaskan, cara belajar anak juga yang lebih kooperatif banyak membuat anak tidak cepat bosan dalam pembelajaran, akan tetapi perubahan yang dirasakan guru untuk gurunya sendiri yaitu guru harus lebih banyak belajar lagi tentang teknologi ditengah keterbatasan kemampuan guru dalam penguasaannya, juga bagaimana harus lebih meningkatkan kekompakan guru dalam menjalankan kurikulum merdeka ini, sehingga harus banyak berkolaborasi dengan guru lain supaya bisa mencapai keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kurikulum merdeka di RA Al-Ikhlas dalam pengelolaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kalitatif yang dimana metode ini penelitian yang fokus pada pengamatan yang mendalam berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.