PENGARUH PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI RA AL-IKHLAS

Authors

  • Siti Rahmawati Indonesian Education University
  • Dewi Lara Anjangsari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Wina Herliana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5548

Keywords:

kurikulum; berpusat pada anak; Anak Usia Dini

Abstract

Kurikulum merdeka khususnya di sekolah RA Al-Ikhlas sebenarnya bukan hal yang baru bagi guru, juga banyaknya perubahan secara signifikan yang dirasakan oleh guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini terutama pada proses pembelajaran yang sekarang lebih banyak berpusat pada anak, sehingga kebutuhan anak lebih terprioritaskan. Terlepas dari itu guru mempunyai tantangan tersendiri dalam penerapan kurikulum merdeka salah satunya yaitu bagaimana kita sebagai guru mau belajar dan terus membaca untuk memahami bagaimana karakteristik kurikulum, meskipun demikian kurikulum merdeka mempunyai banyak dampak positif terhadap motivasi anak dalam belajar, karena anak dibebaskan untuk memilih juga pembelajaran yang diminatinya, kurikulum merdeka juga sangat berpotensi untuk mengembangkan inovasi juga motivasi anak kedepannya untuk menjadi lebih baik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kurikulum merdeka di RA Al-Ikhlas dalam pengelolaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang dimana metode penelitian ini berfokus pada pengamatan yang mendalam berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan adanya kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan orang tua, kurikulum merdeka dapat terimplementasi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25