PENGARUH PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI RA AL-IKHLAS
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5548Keywords:
kurikulum; berpusat pada anak; Anak Usia DiniAbstract
Kurikulum merdeka khususnya di sekolah RA Al-Ikhlas sebenarnya bukan hal yang baru bagi guru, juga banyaknya perubahan secara signifikan yang dirasakan oleh guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini terutama pada proses pembelajaran yang sekarang lebih banyak berpusat pada anak, sehingga kebutuhan anak lebih terprioritaskan. Terlepas dari itu guru mempunyai tantangan tersendiri dalam penerapan kurikulum merdeka salah satunya yaitu bagaimana kita sebagai guru mau belajar dan terus membaca untuk memahami bagaimana karakteristik kurikulum, meskipun demikian kurikulum merdeka mempunyai banyak dampak positif terhadap motivasi anak dalam belajar, karena anak dibebaskan untuk memilih juga pembelajaran yang diminatinya, kurikulum merdeka juga sangat berpotensi untuk mengembangkan inovasi juga motivasi anak kedepannya untuk menjadi lebih baik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan kurikulum merdeka di RA Al-Ikhlas dalam pengelolaan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang dimana metode penelitian ini berfokus pada pengamatan yang mendalam berdasarkan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan adanya kolaborasi antara kepala sekolah, guru dan orang tua, kurikulum merdeka dapat terimplementasi dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.