PENGEMBANGAN BUKU ANAK MULTI-INOVATIF SEBAGAI MEDIA STIMULAI LITERASI KRITIS ANAK USIA DINI

Penulis

  • Winti Ananthia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mirawati Mirawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maya Purnama Sari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endah Silawati Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

buku anak, literasi kritis, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku multi-inovatif sebagai media stimulasi literasi kritis anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan design-based research (DBR) dengan mengaplikasikan participatory action research (PAR) untuk mengembangkan, mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan proses penyusunan buku anak. Penelitian ini juga akan membahas aspek pedagogi dan implementasinya dalam pengembangan aspek kemampuan bahasa di dalam konteks pendidikan anak usia dini, terutama dalam menstimulasi karakter dan kemampuan literasi kritis anak. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga PAUD di Kabupaten dan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data akan menggunakan observasi, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan 14 seri buku anak dengan berbagai bentuk buku yang inovatif yang dikembangkan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, penentuan materi cerita, pembuatan desain dan finalisasi produk buku cerita anak. Setelah melalui proses pengembangan, buku ini telah diuji oleh ahli materi dan media, dengan perolehan nilai uji materi dengan rata-rata skor 86, dan uji ahli media dengan rata-rata skor 94, dengan kategori sangat layak. Produk buku juga telah diujicobakan di lembaga PAUD dengan perolehan ketercapaian aspek literasi kritis dengan kategori baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-11-30